Logo BeritaSatu

SMRC: PAN dan PPP Terancam Gagal ke Senayan pada Pemilu 2024

Kamis, 1 September 2022 | 16:34 WIB
Oleh : Lenny Tristia Tambun / AB

Jakarta, Beritasatu.com – Pendiri Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) Saiful Mujani mengatakan Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) terancam tidak lolos ke Senayan jika tidak bekerja keras menahan pemilih setianya yang kemungkinan mengalihkan suaranya ke partai politik lain pada Pemilu 2024.

Hal tersebut disampaikan Saiful Mujani dalam program Bedah Politik bertajuk ”Pergeseran Pemilih Partai Menjelang Pemilu 2024” yang tayang di kanal YouTube SMRC TV, Kamis (1/9/2022).

Berdasarkan hasil survei nasional SMRC pada Mei 2022, sebanyak 31,2% pemilih PAN pada 2019 belum menentukan pilihannya ke parpol tersebut pada pemilu 2024. Sampai saat ini, mereka masih menunggu dan melihat kiprah PAN.

Dari survei tersebut diketahui sebanyak 54,2% pemilih pada Pemilu 2019 tetap akan mencoblos PAN pada Pemilu 2024.

"Mereka adalah pendukung setia PAN yang tetap akan memilih partai ini pada Pemilu 2024," ujar Saiful Mujani.

Lebih jauh, Saiful Mujani menyebutkan dengan perolehan 6,8% suara pemilih pada Pemilu 2019 dan jika hanya separuh yang kembali memilih partai ini, maka kemungkinan parpol yang kini dipimpin Zulkifli Hasan tak bakal lolos ke Senayan.

Besarnya pemilih PAN yang belum menentukan sikap, lanjut Saiful, kemungkinan ditarik oleh partai baru yang didirikan Amien Rais yang mendirikan Partai Ummat.

"Mungkin mereka mendukung PAN selama ini karena ada tokoh seperti Amien Rais. Begitu Pak Amien Rais tidak ada di situ, dan karena loyal, mereka akan hijrah juga,” ujar Saiful Mujani.

Guru besar ilmu politik Universitas Islam Negeri Jakarta ini menerangkan jika "kelompok ini" tidak menambah atau menarik pemilih partai lain, maka baik PAN pimpinan Zulkifli Hasan maupun Partai Ummat bentukan Amien Rais akan mengalami kerugian karena terancam tidak lolos parliamentary threshold 4%.

“Keduanya bisa sama-sama tidak lolos kalau mereka tidak menambah kekuatan dari partai lain,” ungkap Saiful Mujani.

Demikian juga dengan PPP, sebagian pemilihnya bakal mengalihkan suara ke parpol lain. Sebanyak 22,5% pemilih pada Pemilu 2019 mengalihkan suaranya ke Partai Demokrat pada Pemilu 2024 dan 8,3% ke PDIP. Sebanyak 56,7% pemilih menyatakan tetap setia kepada PPP pada Pemilu 2024.

"Hal yang mengkhawatirkan bagi PPP adalah pemilih yang belum menentukan pilihan atau wait and see masih cukup besar, yaitu sebanyak 11%. Ini berbahaya. Kalau tidak ada upaya ekstra, mungkin partai yang akan mengikuti Hanura yang tidak lolos ke Senayan pada Pemilu 2019 adalah PPP,” terang Saiful Mujani.

Ia mengingatkan bahwa perolehan suara PPP pada Pemilu 2019 sebesar 4,5%. Jika setengahnya hilang, maka partai ini tidak akan lolos ke Senayan.

"Yang paling mengkhawatirkan tidak masuk ke Senayan pada 2024, jika tidak ada kerja ekstrakeras adalah PAN dan PPP. PAN karena ada konflik kepemimpinan internal, sedangkan PPP karena tidak cukup kompetitif menarik pemilih partai lain. Bahkan sebaliknya, pemilih yang sudah ada pun tidak mampu dijaga,” ujar Saiful Mujani.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Sepeda Lipat hingga Gitar, KPK Lelang Barang-barang Gratifikasi

Hakordia 2022, KPK bersama Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) mengadakan lelang barang eks gratifikasi, Jumat (9/12/2022).

NEWS | 10 Desember 2022

HUT ke-73 Polda Metro Jaya,Semua Pimpinan Blusukan

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Latif Usman melakukan safari bertemu langsung dengan warga Kelurahan Grogol Utara, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

NEWS | 10 Desember 2022

Puncak Hakordia 2022, Ratusan Peserta Hadiri Temu Aksi KPK

Ratusan penyuluh antikorupsi dan ahli pembangun integritas hadiri acara puncak Peringatan Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) 2022.

NEWS | 10 Desember 2022

2 Jam Sebelum Akad Nikah Kaesang-Erina, Tamu Mulai Berdatangan

Para tamu dan undangan akad nikah Kaesang-Erina sudah mulai berdatangan di Pendopo Agung Kedaton Ambarrukmo, Royal Ambarrukmo.

NEWS | 10 Desember 2022

Kapolda Kaltim Resmikan Pos Pengamanan Proyek IKN Nusantara

Menurut Imam, kehadiran pos pengamanan bertujuan untuk mendukung dan mengawal proses pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

NEWS | 10 Desember 2022

Ratusan Becak dan Andong Dilibatkan dalam Pernikahan Kaesang-Erina

Ratusan penarik becak dan andong di Solo akan dilibatkan dalam rangkaian pernikahan Kaesang-Erina. Mereka akan mengantarkan tamu. 

NEWS | 10 Desember 2022

Janur Pernikahan Kaesang Hiasi Jalanan Menuju Pura Mangkunegaran

Janur kuning menghiasi jalanan menuju Pura Mangkunegaran menjelang pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono, Minggu (11/12/2022) besok. 

NEWS | 10 Desember 2022

Warga Solo Berbondong-bondong Melihat Persiapan Pernikahan Kaesang

Sejumlah warga di Kota Solo, Jawa Tengah penasaran ingin melihat sejumlah persiapan jelang resepsi pernikahan Kaesang-Erina di Pura Mangkunegaran, Solo.

NEWS | 10 Desember 2022

Pernikahan Kaesang, Perajin Karangan Bunga di Solo Kebanjiran Order

Pernikahan Kaesang Pangarep dengan Erina Gundono menjadi berkah bagi pengusaha karangan bunga di Kota Solo. Para perajin karangan bungan kebanjiran order. 

NEWS | 10 Desember 2022

Tiga Miliarder Kripto Meninggal dalam Sebulan, Kebetulan atau Terencana?

Dalam kurun waktu sebulan, tiga miliarder kripto meninggal dunia. Ketiga kematian itu terjadi secara tidak terduga di tengah anjloknya aset-aset kripto.

NEWS | 10 Desember 2022


TAG POPULER

# Muhammad Fadli


# Pernikahan Kaesang


# Kuat Ma'ruf


# Bom Bandung


# Gempa Terkini


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Ekonomi Indonesia 2023 Diyakini Kebal Resesi, Ini Buktinya

Ekonomi Indonesia 2023 Diyakini Kebal Resesi, Ini Buktinya

EKONOMI | 34 detik yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE