Logo BeritaSatu

AS Setujui Vaksin Booster Pfizer untuk Omicron

Jumat, 2 September 2022 | 07:30 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Washington, Beritasatu.com- Amerika Serikat (AS) menyetujui vaksin booster Pfizer yang diperbarui yang menargetkan varian Omicron. Seperti dilaporkan Al Jazeera, Rabu (31/8/2022), produsen obat Pfizer menyatakan pihaknya memiliki dosis yang siap dikirim dan dapat mengirimkan hingga 15 juta dosis pada akhir minggu depan.

Langkah oleh Food and Drug Administration (FDA) pada hari Rabu mengubah resep dosis yang dibuat oleh Pfizer dan Moderna. Para pejabat berharap booster yang dimodifikasi akan menumpulkan gelombang musim dingin lainnya.

"Anda akan melihat saya di garis depan," kata kepala vaksin FDA, Peter Marks kepada The Associated Press sesaat sebelum agensinya menghapus dosis baru.

Hingga saat ini, vaksin Covid-19 telah menargetkan jenis virus corona asli, bahkan ketika mutan yang sangat berbeda muncul. Booster AS yang baru adalah tembakan kombinasi, atau "bivalen". Mereka mengandung setengah dari resep vaksin asli dan setengah perlindungan terhadap versi Omicron terbaru, yang disebut BA.4 dan BA.5, yang dianggap paling menular.

Kombinasi ini bertujuan untuk meningkatkan perlindungan silang terhadap beberapa varian.

“Ini benar-benar memberikan kesempatan seluas-luasnya untuk perlindungan,” kata kepala vaksin Pfizer Annaliesa Anderson kepada AP.

Sebagai dosis tunggal, vaksin Moderna diizinkan untuk mereka yang berusia 18 tahun ke atas, sedangkan bakal bivalen Pfizer adalah untuk mereka yang berusia 12 tahun ke atas.

Pemerintah AS telah membeli 175 juta dosis vaksin booster dari kedua perusahaan. Pembelian merupakan upaya untuk mencegah efek terburuk dari potensi lonjakan infeksi baru ketika sekolah-sekolah kembali berkumpul dan orang-orang menghabiskan lebih banyak waktu di dalam ruangan saat cuaca semakin dingin. Pfizer menyatakan dapat mengirimkan hingga 15 juta dosis tersebut pada 9 September.

Pada Juni, FDA eminta pembuat vaksin untuk menyesuaikan dosis ke dua subvarian yang bertanggung jawab atas lonjakan infeksi terbaru di seluruh dunia. Subvarian BA.5 saat ini menyumbang lebih dari 88 persen infeksi AS.

Vaksin booster yang diperbarui hanya untuk orang-orang yang telah mendapatkan vaksinasi utama mereka, menggunakan vaksin asli, dan tidak digunakan untuk vaksinasi awal.

Ada satu langkah lagi sebelum kampanye booster berikutnya dimulai: Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) harus merekomendasikan siapa yang harus mendapatkan suntikan tambahan.

Panel penasihat CDC yang berpengaruh akan memperdebatkan bukti pada Kamis – termasuk apakah orang yang berisiko tinggi untuk Covid-19 harus menjadi yang pertama.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Soal Motif Bom Bunuh Diri Bandung, Pengamat Singgung ISIS dan KUHP

Pengamat terorisme, Stanislaus Riyanta menyinggung soal ISIS dan KUHP terkait motif Agus Sujatno melakukan bom bunuh diri di Polsek Astana Anyar Bandung.

NEWS | 9 Desember 2022

Patahan Cugenang, Pemicu Gempa Cianjur Belum Pernah Teridentifikasi

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan, selama ini patahan Cugenang, pemicu gempa Cianjur, Jawa Barat, belum teridentifikasi.

NEWS | 9 Desember 2022

Aksi Bom Bunuh Diri Bukan Bagian dari Amalan Jihad

Aksi bom bunuh diri seperti bom Bandung itu, menurut Sekum DDI KH Suaib Tahir, bukan bagian amalan jihad.

NEWS | 9 Desember 2022

Hendra Kurniawan Bantah Menemui Ferdy Sambo pada 13 Juli

Hendra Kurniawan membantah keterangan mantan staf pribadi Ferdy Sambo yang menyebutnya menemui Ferdy Sambo di ruang Kadiv Propam Polri pada 13 Juli 2022.

NEWS | 8 Desember 2022

Eks Napiter Tegaskan Ekonomi Bukan Motif Bom Bunuh Diri

Pujianto alias Raider Bakiyah, mantan narapidana terorisme (napiter) mengatakan ekonomi bukan motif teroris melakukan bom bunuh diri.

NEWS | 8 Desember 2022

Masyarakat Harus Dibekali Kemampuan Deteksi Dini Ancaman Terorisme

Masyarakat harus bersatu memerangi terorisme. Pemerintah harus mulai membekali masyarakat dengan kemampuan mendeteksi dan pencegahan dini.

NEWS | 8 Desember 2022

Pernikahan Kaesang, Erick Thohir: Jokowi Ingin Festival Budaya

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan Presiden Joko Widodo ingin konsep Festival Budaya sehingga dekat dengan rakyat saat menggelar pernikahan Kaesang Pangarep

NEWS | 8 Desember 2022

Ganjar Sebut 97 Perusahaan Relokasi Pabrik ke Jateng

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyebut, puluhan perusahaan melakukan relokasi pabrik ke berbagai daerah di Jateng.

NEWS | 8 Desember 2022

Pertukaran Tahanan, Bintang Bola Basket Wanita AS Dibebaskan Rusia

Bintang bola basket wanita AS Brittney Griner dibebaskan dari penjara Rusia, dalam sebuah pertukaran tahanan.

NEWS | 8 Desember 2022

Dapat Suntikan Rp 551 M, Jakpro Segera Bangun ITF Sunter

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menyuntikkan modal Rp 551 miliar kepada PT Jakpro untuk pembangunan ITF Sunter.

NEWS | 8 Desember 2022


TAG POPULER

# Bom Bandung


# UU KUHP


# Ferdy Sambo


# Piala Dunia 2022


# Gempa Sukabumi


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Patahan Cugenang, Pemicu Gempa Cianjur Belum Pernah Teridentifikasi

Patahan Cugenang, Pemicu Gempa Cianjur Belum Pernah Teridentifikasi

NEWS | 34 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE