Logo BeritaSatu

AS Setujui Vaksin Booster Pfizer untuk Omicron

Jumat, 2 September 2022 | 07:30 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Washington, Beritasatu.com- Amerika Serikat (AS) menyetujui vaksin booster Pfizer yang diperbarui yang menargetkan varian Omicron. Seperti dilaporkan Al Jazeera, Rabu (31/8/2022), produsen obat Pfizer menyatakan pihaknya memiliki dosis yang siap dikirim dan dapat mengirimkan hingga 15 juta dosis pada akhir minggu depan.

Langkah oleh Food and Drug Administration (FDA) pada hari Rabu mengubah resep dosis yang dibuat oleh Pfizer dan Moderna. Para pejabat berharap booster yang dimodifikasi akan menumpulkan gelombang musim dingin lainnya.

"Anda akan melihat saya di garis depan," kata kepala vaksin FDA, Peter Marks kepada The Associated Press sesaat sebelum agensinya menghapus dosis baru.

Hingga saat ini, vaksin Covid-19 telah menargetkan jenis virus corona asli, bahkan ketika mutan yang sangat berbeda muncul. Booster AS yang baru adalah tembakan kombinasi, atau "bivalen". Mereka mengandung setengah dari resep vaksin asli dan setengah perlindungan terhadap versi Omicron terbaru, yang disebut BA.4 dan BA.5, yang dianggap paling menular.

Kombinasi ini bertujuan untuk meningkatkan perlindungan silang terhadap beberapa varian.

“Ini benar-benar memberikan kesempatan seluas-luasnya untuk perlindungan,” kata kepala vaksin Pfizer Annaliesa Anderson kepada AP.

Sebagai dosis tunggal, vaksin Moderna diizinkan untuk mereka yang berusia 18 tahun ke atas, sedangkan bakal bivalen Pfizer adalah untuk mereka yang berusia 12 tahun ke atas.

Pemerintah AS telah membeli 175 juta dosis vaksin booster dari kedua perusahaan. Pembelian merupakan upaya untuk mencegah efek terburuk dari potensi lonjakan infeksi baru ketika sekolah-sekolah kembali berkumpul dan orang-orang menghabiskan lebih banyak waktu di dalam ruangan saat cuaca semakin dingin. Pfizer menyatakan dapat mengirimkan hingga 15 juta dosis tersebut pada 9 September.

Pada Juni, FDA eminta pembuat vaksin untuk menyesuaikan dosis ke dua subvarian yang bertanggung jawab atas lonjakan infeksi terbaru di seluruh dunia. Subvarian BA.5 saat ini menyumbang lebih dari 88 persen infeksi AS.

Vaksin booster yang diperbarui hanya untuk orang-orang yang telah mendapatkan vaksinasi utama mereka, menggunakan vaksin asli, dan tidak digunakan untuk vaksinasi awal.

Ada satu langkah lagi sebelum kampanye booster berikutnya dimulai: Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) harus merekomendasikan siapa yang harus mendapatkan suntikan tambahan.

Panel penasihat CDC yang berpengaruh akan memperdebatkan bukti pada Kamis – termasuk apakah orang yang berisiko tinggi untuk Covid-19 harus menjadi yang pertama.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Top 5 News: Bom Bandung hingga Meninggalnya Lord Rangga

Kabar soal pelaku peledakan Mapolsek Astana Anyar Rabu (7/12/2022) pagi, terekam kamera CCTV membawa dua bungkusan menjadi berita terpopuler.

NEWS | 8 Desember 2022

Ini Rekonstruksi Detik-detik Rudolf Bunuh Icha di Apartemen

Polisi menggelar rekonstruksi detik-detik Christian Rudolf Tobing (36) membunuh temannya sendiri Ade Yunia Rizabian (36) alias Icha di apartemen. 

NEWS | 8 Desember 2022

Pemkot San Francisco Selidiki Kamar Tidur Darurat di Markas Twitter

Pemkot San Francisco baru-baru ini mengatakan, pihaknya sedang menyelidiki keluhan bahwa Twitter telah membuat kamar tidur darurat di markas pusatnya.

NEWS | 8 Desember 2022

Buwas: Tak Mudah Impor Beras di Tengah Krisis Pangan

Direktur Utama Perum Bulog, Budi Waseso atau yang akrab disapa Buwas mengatakan, tidak mudah untuk impor beras saat krisis pangan melanda banyak negara. 

NEWS | 8 Desember 2022

Majalah Time Nobatkan Zelensky Person of the Year 2022

Majalah Time menobatkan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky sebagai "Person of the Year" tahun 2022 pada Rabu (7/12/2022).

NEWS | 8 Desember 2022

Ganjar Minta Pemerintah Desa di Pati Buat Program Antikorupsi

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta semua pemerintah desa di Kabupaten Pati membuat program antikorupsi dengan pendampingan dari inspektorat.

NEWS | 8 Desember 2022

Tiba di Gedung KPK, Bupati Bangkalan Ra Latif Jalani Pemeriksaan

Bupati Bangkalan Abdul Latif Amin Imron atau Ra Latif, tersangka kasus dugaan suap lelang jabatan tiba di Gedung KPK untuk pemeriksaan lebih lanjut.

NEWS | 8 Desember 2022

Begini Rute Bus Tamu Undangan Pernikahan Kaesang di Solo

Polda Jateng melakukan rekayasa lalu lintas untuk mengantisipasi kemacetan saat pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono di Solo, Minggu (7/12/2022).

NEWS | 8 Desember 2022

Bocah 3 Tahun Tewas Terjepit Ban Truk Kontainer di Bekasi

Seorang bocah 3 tahun berinisial AWK tewas terjepit ban truk kontainer di Jalan Kampung Legon, Kelurahan Jatimulya, Kecamatan Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi.

NEWS | 7 Desember 2022

Jenazah Pelaku Bom Astana Anyar Diautopsi di RS Bhayangkara Sartika Asih

Jenazah Agus Sujatno, pelaku bom bunuh diri di Polsek Astana Anyar atau bom Astana Anyar diautopsi di RS Bhayangka Sartika Asih, Bandung.

NEWS | 7 Desember 2022


TAG POPULER

# Bom Bandung


# Ferdy Sambo


# Gempa Cianjur


# Pernikahan Kaesang


# KKB Tembak Mati


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Korban Meninggal Gempa Cianjur Tetap 334 Orang

Korban Meninggal Gempa Cianjur Tetap 334 Orang

NEWS | kurang dari 1 detik yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE