Logo BeritaSatu

Cegah Informasi Palsu, Google Gelar Kampanye Edukasi

Minggu, 4 September 2022 | 22:50 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

California, Beritasatu.com- Google Alphabet menggelar kampaye edukasi lewat iklan untuk mencegah penyebaran informasi palsu soal pengungsi Ukraina. Seperti dilaporkan Reuters, Sabtu (3/9/2022), penyebaran informasi yang salah telah menjadi masalah politik utama di Uni Eropa.

“Google menayangkan serangkaian video berdurasi 90 detik di Polandia, Slovakia, dan Republik Ceko yang akan mendidik pemirsa tentang cara menghindari manipulasi,” kata Beth Goldberg, kepala penelitian di unit anti-propaganda Jigsaw.

Pengawas memperingatkan bahwa situs yang berafiliasi dengan Rusia dan akun media sosial mempromosikan narasi palsu pro-Kremlin enam bulan setelah perang.

Respons yang efektif tetap sulit dipahami, meskipun Uni Eropa melarang media pemerintah Rusia seperti RT dan aturan baru yang memerintahkan raksasa Internet seperti Google dan Meta Platform induk Facebook untuk mengawasi platform mereka lebih ketat untuk ujaran kebencian dan berita palsu.

Lebih dari 5,6 juta pengungsi dari Ukraina telah membanjiri Eropa sejak perang dimulai, menurut Komisaris Tinggi PBB untuk Pengungsi. Banyak yang disambut di negara tuan rumah mereka, tetapi kebencian terhadap mereka tumbuh, didorong oleh lonjakan inflasi dan kekhawatiran ekonomi karena Rusia memotong pasokan energi.

"Kami telah melihat dari gelombang migrasi masa lalu bahwa ada taktik tertentu yang digunakan, seperti mengkambinghitamkan dan menyebarkan ketakutan," kata Goldberg dalam satu wawancara.

Menurut Goldberg, program Google akan membantu para peneliti memahami seberapa efektif film pendek itu dalam "menyentil" pemirsa terhadap propaganda.

Rusia bergantung pada media yang dikelola pemerintah, situs web anonim, dan akun di platform digital seperti YouTube dan TikTok untuk mengeluarkan teori konspirasi yang terus-menerus, mulai dari plot NATO untuk mendirikan pangkalan di Ukraina hingga penjualan lahan pertanian Ukraina yang luas hingga perusahaan pertanian AS, menurut NewsGuard, satu startup yang melacak kredibilitas berita.

Kritikus mengatakan Kremlin ingin menghancurkan persatuan Eropa melawan invasi, yang telah menyebabkan sanksi Uni Eropa yang belum pernah terjadi sebelumnya. Sanksi Eropa telah membuat pincang ekonomi Rusia dan membuat lebih sulit bagi Rusia untuk melakukan perjalanan ke blok tersebut.

“Upaya Rusia dirancang untuk merusak posisi global UE, mengurangi dukungan publik Eropa untuk Ukraina, dan menyebabkan gangguan politik di dalam UE,” kata Joseph Bodnar, seorang analis yang berfokus pada disinformasi Rusia di Aliansi untuk Mengamankan Demokrasi.

Jigsaw akan menggunakan apa yang disebutnya "pra-bunking", atau upaya untuk membangun perlawanan terhadap propaganda dengan menjelaskan cara kerjanya, di negara-negara di mana narasi yang menjelekkan pengungsi Ukraina sudah menyebar, menurut Goldberg.

Strategi ini dikembangkan oleh Jigsaw dalam kemitraan dengan para peneliti di Universitas Cambridge dan Universitas Bristol yang menerbitkan sebuah laporan minggu lalu yang menunjukkan bahwa lebih sulit untuk menghilangkan prasangka informasi yang salah setelah mendapatkan pijakan.

Penelitian, yang melibatkan 30.000 peserta, menyimpulkan bahwa orang-orang dari berbagai latar belakang ideologis lebih mampu mengidentifikasi kepalsuan setelah menonton video pendek, terkadang lucu yang menjelaskan alat propaganda umum seperti menggambar dikotomi palsu.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Update: Pengungsi Korban Gempa Cianjur Capai 100.300 Orang

Bupati Cianjur, Herman Suherman mengatakan total pengungsi akibat gempa Cianjur, Jawa Barat per Senin 28 November 2022 sebanyak 100.300 orang. 

NEWS | 28 November 2022

RSUD Sayang: Korban Gempa Cianjur Terserang ISPA di Pengungsian

Wakil Direktur RSUD Sayang, Neneng Efa Fatimah korban gempa Cianjur terserang infeksi saluran pernafasan akut (ISPA) di posko pengungsian. 

NEWS | 28 November 2022

Update Korban Gempa Cianjur: 323 Meninggal Dunia dan 9 Orang Hilang

BNPB mencatat 323 korban meninggal dunia akibat gempa Cianjur, per Senin 28 November 2022. Sementara itu sebanyak 9 orang masih dinyatakan hilang.

NEWS | 28 November 2022

Cegah Politik Uang, Bawaslu Kerja Sama dengan Gopay dan OVO

Bawaslu akan lakukan kerja sama dengan platform digital seperti Gopay dan OVO untuk mencegah terjadinya politik uang.

NEWS | 28 November 2022

Calon Panglima TNI Yudo Margono Punya Harta Rp 17,9 Miliar

Kasal Laksamana Yudo Margono yang diusulkan oleh Presiden Jokowi sebagai calon Panglima TNI memiliki harta Rp 17,9 miliar.  

NEWS | 28 November 2022

DPR Bakal Gali 5 Hal Ini kepada Yudo Margono Saat Fit and Proper Test

DPR akan menggali lima hal utama kepada Kasal Laksamana Yudo Margono saat fit and proper test calon Panglima TNI nanti. 

NEWS | 28 November 2022

Puan Ungkap Alasan Kasal Yudo Margono Dipilih Jadi Calon Panglima TNI

Ketua DPR, Puan Maharani mengungkapkan alasan Kasal Laksamana Yudo Margono menjadi calon panglima TNI menggantikan Jenderal Andika Perkasa. 

NEWS | 28 November 2022

Solidaritas Guru, Alumni UPI Himpun Bantuan untuk Korban Gempa Cianjur

56 guru tewas akibat gempa Cianjur, Alumni UPI serentak bergerak menggalang bantuan untuk para korban.

NEWS | 28 November 2022

Tilang Manual Masih Diberlakukan terhadap Sejumlah Pelanggaran

Polda Metro Jaya masih melakukan tilang manual terhadap sejumlah pelanggaran di jalan raya, seperti kendaraan tanpa pelat nomor.

NEWS | 28 November 2022

Menangis, Ferdy Sambo Sebut Sia-sia Pangkat Jenderal jika Tak Bisa Jaga Istri

Ferdy Sambo menangis karena menilai sia-sia bagi dirinya sudah berpangkat jenderal jika tidak mampu menjaga istrinya, Putri Candrawathi.

NEWS | 28 November 2022


TAG POPULER

# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


# Vaksinasi Booster


# Pushbike


# Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
<em>Update</em>: Pengungsi Korban Gempa Cianjur Capai 100.300 Orang

Update: Pengungsi Korban Gempa Cianjur Capai 100.300 Orang

NEWS | kurang dari 1 detik yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE