Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih Raih Rekor Dunia Muri

Senin, 5 September 2022 | 17:02 WIB
Oleh : Lenny Tristia Tambun / FFS
Pendiri Muri, Jaya Suprana memberikan penghargaan rekor dunia atas Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih kepada Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri) John Wempi Wetipo, didampingi Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian di Gedung Sasana Bhakti Praja Kantor Pusat Kemendagri, Senin, 5 September 2022.

Jakarta, Beritasatu.com - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) berhasil meraih rekor dunia dari Museum Rekor Indonesia (Muri) karena sukses melaksanakan gerakan pembagian 10 Juta bendera merah putih di seluruh Indonesia.

Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh pendiri Muri, Jaya Suprana kepada Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri) John Wempi Wetipo mewakili Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian di Gedung Sasana Bhakti Praja Kantor Pusat Kemendagri, Senin (5/9/2022).

Gerakan tersebut merupakan inisiatif Kemendagri melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Politik dan Pemerintahan Umum untuk menyemarakkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Gerakan ini berlangsung dari 1 Agustus hingga 31 Agustus 2022 dan diikuti oleh hampir seluruh provinsi, kabupaten, dan kota di Indonesia. Selain pemerintah daerah (pemda), seluruh unsur masyarakat juga turut bergabung dan membagikan bendera merah putih di lingkungan sekitarnya.

Penyerahan rekor Muri ini dilakukan bersamaan dengan pemberian penghargaan dari Mendagri kepada sejumlah kepala daerah karena telah mendukung gerakan tersebut.

Dalam sambutannya, Mendagri Tito mengaku terharu atas penghargaan dari Muri tersebut. Dikatakan, gerakan pembagian 10 juta bendera merah putih bukanlah sebuah program yang direncanakan secara spesifik sejak awal tahun.

“Namun karena tugas Kemendagri salah satunya menjaga dan mengembangkan wawasan kebangsaan, serta menjaga persatuan dan kesatuan Indonesia, maka kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik,” kata Tito Karnavian dalam acara tersebut.

Dijelaskan Tito, gerakan pembagian 10 juta bendera merah putih merupakan bagian dari upaya untuk menjaga persatuan dan kesatuan serta memperkuat wawasan kebangsaan yang perlu terus dirawat di tengah keberagaman. Ia pun mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah menyukseskan gerakan tersebut.

“Bendera merah putih sebagai bendera, tapi dia adalah sebetulnya simbol dari kebangsaan kita,” ujar Tito Karnavian.

Sementara itu, Jaya Suprana mengatakan gerakan pembagian 10 juta bendera merah putih merupakan program besar, tetapi mampu dijalankan dengan baik dalam waktu singkat. Hal ini tentunya berkat dukungan dari berbagai pihak termasuk kepala daerah.

“Apa yang Anda (Mendagri) lakukan itu masuk ke mission impossible sebenarnya, tetapi Anda bisa lakukan,” ungkap Jaya Suprana.

Jaya Suprana menerangkan, semula gerakan tersebut dicalonkan sebagai kegiatan yang masuk dalam rekor tingkat nasional. Namun setelah melihat capaian dari gerakan itu, pihaknya menilai kegiatan tersebut layak diganjar rekor dunia dari MURI. Ia juga mengapresiasi sikap negarawan yang dimiliki Mendagri Tito karena meminta agar piagam penghargaan tersebut diberikan kepada Wamendagri.

Dalam laporannya, Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri Bahtiar mengatakan, berdasarkan data per 31 Agustus 2022 yang dilaporkan kepala daerah seluruh Indonesia, tercatat sebanyak 12.070.595 bendera telah dibagikan. Capaian ini membuktikan besarnya animo seluruh pihak dalam mendukung gerakan tersebut.

“Ini tandanya bahwa negeri ini negeri yang memang bersatu, dan masih memiliki nasionalisme yang kuat. Insyaallah kegiatan kita seperti ini akan terus kita rawat dan kita bangkitkan,” jelas Bahtiar.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI