Logo BeritaSatu

Pemimpin Junta Myanmar Berkunjung Lagi ke Rusia

Senin, 5 September 2022 | 17:59 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Naypyidaw, Beritasatu.com- Pemimpin junta Myanmar Jenderal Senior Min Aung Hlaing melakukan kunjungan lagi ke Rusia pada Senin (5/9/2022). Seperti dilaporkan Reuters, perjalanan kedua Hlaing hanya berselang kurang dari dua bulan dari kunjungan sebelumnya.

Militer Myanmar yang berkuasa mencoba untuk menopang salah satu dari sedikit aliansi diplomatiknya dengan Rusia karena mendapat tekanan internasional yang meningkat.

Min Aung Hlaing telah dilarang mewakili Myanmar di sebagian besar pertemuan internasional sejak memimpin kudeta awal tahun lalu terhadap pemerintah terpilih yang dipimpin oleh Peraih Nobel Aung San Suu Kyi.

Hlaing pertama kali mengunjungi Moskwa sebagai pemimpin pada Juni tahun 2021, ketika kedua belah pihak berkomitmen untuk memperkuat kerja sama militer. Dia juga mengunjungi pada bulan Juli pada apa yang dikatakan Rusia sebagai kunjungan pribadi.

Rusia, sumber utama perangkat keras militer untuk Myanmar, adalah salah satu negara pertama yang menyuarakan dukungan untuk junta setelah kudeta. Pada saat itu, Myanmar menerima kecaman internasional atas penggunaan kekuatan mematikan terhadap lawan.

Media pemerintah Myanmar menyatakan Min Aung Hlaing akan menghadiri pertemuan puncak ekonomi, mengunjungi landmark, universitas dan pabrik dan para menteri serta pejabat senior militernya akan bertemu rekan-rekan dan mempererat kerja sama.

Rusia telah memberi Myanmar vaksin Covid-19 dan Myanmar berencana mengimpor bensin dan bahan bakar minyak Rusia untuk meredakan kekhawatiran pasokan, karena Rusia mencari sumber bisnis baru di tengah sanksi Barat atas invasinya ke Ukraina.

Junta Myanmar telah terkena serangkaian sanksi yang menargetkan para jenderal dan jaringan bisnis luas yang dioperasikan militer.

PBB dan para aktivis menuduh militer Myanmar melakukan kekejaman dan kejahatan terhadap kemanusiaan dan telah mendesak masyarakat internasional untuk menghentikan penjualan senjata. Rusia dipilih Myanmar untuk memasok drone, jet dan sistem pertahanan udara sejak kudeta.

Militer Myanmar menyatakan sedang memerangi "teroris" dan berusaha memulihkan perdamaian dan menegakkan kembali pemerintahan demokratis setelah pemilu 2020 yang dikatakan dirusak oleh kecurangan.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

HUT ke-73 Polda Metro Jaya,Semua Pimpinan Blusukan

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Latif Usman melakukan safari bertemu langsung dengan warga Kelurahan Grogol Utara, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

NEWS | 10 Desember 2022

Puncak Hakordia 2022, Ratusan Peserta Hadiri Temu Aksi KPK

Ratusan penyuluh antikorupsi dan ahli pembangun integritas hadiri acara puncak Peringatan Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) 2022.

NEWS | 10 Desember 2022

2 Jam Sebelum Akad Nikah Kaesang-Erina, Tamu Mulai Berdatangan

Para tamu dan undangan akad nikah Kaesang-Erina sudah mulai berdatangan di Pendopo Agung Kedaton Ambarrukmo, Royal Ambarrukmo.

NEWS | 10 Desember 2022

Kapolda Kaltim Resmikan Pos Pengamanan Proyek IKN Nusantara

Menurut Imam, kehadiran pos pengamanan bertujuan untuk mendukung dan mengawal proses pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

NEWS | 10 Desember 2022

Ratusan Becak dan Andong Dilibatkan dalam Pernikahan Kaesang-Erina

Ratusan penarik becak dan andong di Solo akan dilibatkan dalam rangkaian pernikahan Kaesang-Erina. Mereka akan mengantarkan tamu. 

NEWS | 10 Desember 2022

Janur Pernikahan Kaesang Hiasi Jalanan Menuju Pura Mangkunegaran

Janur kuning menghiasi jalanan menuju Pura Mangkunegaran menjelang pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono, Minggu (11/12/2022) besok. 

NEWS | 10 Desember 2022

Warga Solo Berbondong-bondong Melihat Persiapan Pernikahan Kaesang

Sejumlah warga di Kota Solo, Jawa Tengah penasaran ingin melihat sejumlah persiapan jelang resepsi pernikahan Kaesang-Erina di Pura Mangkunegaran, Solo.

NEWS | 10 Desember 2022

Pernikahan Kaesang, Perajin Karangan Bunga di Solo Kebanjiran Order

Pernikahan Kaesang Pangarep dengan Erina Gundono menjadi berkah bagi pengusaha karangan bunga di Kota Solo. Para perajin karangan bungan kebanjiran order. 

NEWS | 10 Desember 2022

Tiga Miliarder Kripto Meninggal dalam Sebulan, Kebetulan atau Terencana?

Dalam kurun waktu sebulan, tiga miliarder kripto meninggal dunia. Ketiga kematian itu terjadi secara tidak terduga di tengah anjloknya aset-aset kripto.

NEWS | 10 Desember 2022

2 Menteri Jokowi Jadi Saksi Akad Nikah Kaesang dan Erina

Saksi akad nikah Kaesang Pangarep adalah Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan saksi akad Nikah Erina Gudono adalah Mensesneg Pratikno. 

NEWS | 10 Desember 2022


TAG POPULER

# Muhammad Fadli


# Pernikahan Kaesang


# Kuat Ma'ruf


# Bom Bandung


# Gempa Terkini


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
65 Startup Ikuti Program BEI Inkubasi Road to IPO

65 Startup Ikuti Program BEI Inkubasi Road to IPO

EKONOMI | 2 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE