Logo BeritaSatu

Utusan PBB Tak Mau Lagi ke Myanmar jika Tak Bertemu Suu Kyi

Selasa, 6 September 2022 | 13:38 WIB
Oleh : Surya Lesmana / LES

Singapura, beritasatu.com - Utusan PBB untuk Myanmar pada Senin (5/9/2022) menegaskan, tidak akan mengunjungi negara itu lagi kecuali jika dia diizinkan untuk bertemu dengan pemimpin terguling Aung San Suu Kyi.

Ia sempat mendapat kecaman keras, setelah perjalanan pertamanya ke negara itu dan hanya bertemu pihak junta militer.

Upaya diplomatik untuk menyelesaikan kebuntuan berdarah Myanmar yang dipimpin oleh PBB dan blok regional Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) hanya membuat sedikit kemajuan, karena para jenderal pemimpin junta militer menolak untuk terlibat dengan oposisi mereka.

Utusan PBB Noeleen Heyzer hanya bertemu dengan para pemimpin senior junta militer di ibu kota Myanmar bulan lalu selama kunjungan pertamanya, 10 bulan setelah pengangkatannya.

Perjalanan itu menuai kritik baik dari junta militer maupun pihk oposisi.

Dia tidak diberi akses untuk menemui tokoh demokrasi Aung San Suu Kyi, yang telah dijatuhi hukuman total dua dekade penjara.

Utusan PBB itu kemudian membuat kesal para pejabat junta militer yang menuduhnya mengeluarkan "pernyataan sepihak" tentang apa yang telah dibahas. Heyzer telah menyerukan segera diakhirinya kekerasan dan pembebasan semua tahanan politik, kata kantornya saat itu.

Lebih dari 2.200 orang telah tewas dan lebih dari 15.000 ditangkap dalam tindakan keras junta militer terhadap perbedaan pendapat sejak mereka merebut kekuasaan pada Februari 2021, menurut sebuah kelompok hak asasi lokal.

Lebih dari 2.200 orang telah tewas dan lebih dari 15.000 ditangkap dalam tindakan keras militer terhadap perbedaan pendapat sejak merebut kekuasaan pada Februari 2021, menurut sebuah kelompok hak asasi lokal.

Beberapa hari setelah kunjungan Heyzer, puluhan kelompok masyarakat sipil Myanmar menyatakan utusan PBB itu sebagai "bukti terbaru dari ketidakefektifan”, dan mengkritik pertemuannya dengan kepala junta Min Aung Hlaing.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: AFP

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Puncak Hakordia 2022, Ratusan Peserta Hadiri Temu Aksi KPK

Ratusan penyuluh antikorupsi dan ahli pembangun integritas hadiri acara puncak Peringatan Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) 2022.

NEWS | 10 Desember 2022

2 Jam Sebelum Akad Nikah Kaesang-Erina, Tamu Mulai Berdatangan

Para tamu dan undangan akad nikah Kaesang-Erina sudah mulai berdatangan di Pendopo Agung Kedaton Ambarrukmo, Royal Ambarrukmo.

NEWS | 10 Desember 2022

Kapolda Kaltim Resmikan Pos Pengamanan Proyek IKN Nusantara

Menurut Imam, kehadiran pos pengamanan bertujuan untuk mendukung dan mengawal proses pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

NEWS | 10 Desember 2022

Ratusan Becak dan Andong Dilibatkan dalam Pernikahan Kaesang-Erina

Ratusan penarik becak dan andong di Solo akan dilibatkan dalam rangkaian pernikahan Kaesang-Erina. Mereka akan mengantarkan tamu. 

NEWS | 10 Desember 2022

Janur Pernikahan Kaesang Hiasi Jalanan Menuju Pura Mangkunegaran

Janur kuning menghiasi jalanan menuju Pura Mangkunegaran menjelang pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono, Minggu (11/12/2022) besok. 

NEWS | 10 Desember 2022

Warga Solo Berbondong-bondong Melihat Persiapan Pernikahan Kaesang

Sejumlah warga di Kota Solo, Jawa Tengah penasaran ingin melihat sejumlah persiapan jelang resepsi pernikahan Kaesang-Erina di Pura Mangkunegaran, Solo.

NEWS | 10 Desember 2022

Pernikahan Kaesang, Perajin Karangan Bunga di Solo Kebanjiran Order

Pernikahan Kaesang Pangarep dengan Erina Gundono menjadi berkah bagi pengusaha karangan bunga di Kota Solo. Para perajin karangan bungan kebanjiran order. 

NEWS | 10 Desember 2022

Tiga Miliarder Kripto Meninggal dalam Sebulan, Kebetulan atau Terencana?

Dalam kurun waktu sebulan, tiga miliarder kripto meninggal dunia. Ketiga kematian itu terjadi secara tidak terduga di tengah anjloknya aset-aset kripto.

NEWS | 10 Desember 2022

2 Menteri Jokowi Jadi Saksi Akad Nikah Kaesang dan Erina

Saksi akad nikah Kaesang Pangarep adalah Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan saksi akad Nikah Erina Gudono adalah Mensesneg Pratikno. 

NEWS | 10 Desember 2022

KPK Tegaskan Penahanan Hakim Agung Gazalba Saleh Sesuai Aturan

KPK menegaskan tidak melanggar aturan saat menahan Hakim Agung Gazalba Saleh terkait kasus dugaan suap penanganan perkara di MA.

NEWS | 10 Desember 2022


TAG POPULER

# Muhammad Fadli


# Pernikahan Kaesang


# Kuat Ma'ruf


# Bom Bandung


# Gempa Terkini


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Puncak Hakordia 2022, Ratusan Peserta Hadiri Temu Aksi KPK

Puncak Hakordia 2022, Ratusan Peserta Hadiri Temu Aksi KPK

NEWS | 3 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE