Logo BeritaSatu

Kemendagri Bekali Pol PP Beralih ke Jenjang Jabatan Kategori Keahlian

Selasa, 6 September 2022 | 21:22 WIB
Oleh : Lenny Tristia Tambun / CAR

Jakarta, Beritasatu.com - Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menggelar Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Fungsional Keahlian Angkatan III Tahun 2022. Diklat yang berlangsung di Hotel Luminor, Jakarta, selama 12 hari atau sejak Senin (5/9/2022), dihadiri 24 peserta dari satuan polisi pamong praja (Satpol PP) provinsi maupun kabupaten/kota.

Kepala BPSDM Kemendagri Sugeng Hariyono mengatakan diklat ini bertujuan membekali para pejabat fungsional polisi pamong praja (Pol PP) kategori keterampilan yang telah menyelesaikan pendidikan S-1 untuk beralih ke jenjang jabatan kategori keahlian.

“Dengan begitu, peserta dapat mengikuti uji kompetensi perpindahan/alih jabatan dan melaksanakan tugas serta fungsinya sesuai dengan kompetensi yang dipersyaratkan,” kata Sugeng Hariyono dalam keterangannya, Selasa (6/9/2022).

Dijelaskannya, Satpol PP sebagai perangkat daerah mempunyai peran strategis dalam memperkuat otonomi daerah dan pelayanan publik di daerah. Karena itu, urgensi keberadaan Satpol PP sebagai penegak semua peraturan daerah (perda) dan peraturan kepala daerah (perkada) perlu terlaksana.

“Kita harus kedepankan aspek edukasi isi dari perda dan perkada, sehingga dapat memahami apa yang diterbitkan dan apa sanksinya,” ujar Sugeng.

Dengan peran tersebut, Sugeng berharap Satpol PP dapat membantu penyelenggaraan pemerintahan daerah, utamanya dalam memberikan kepastian hukum dan memperlancar proses pembangunan di daerah.

“Kami juga berharap, melalui diklat ini seluruh peserta dapat memahami tiga aspek utama, yakni meliputi aspek kognitif, sikap, dan keterampilan. Dengan pemahaman ketiga aspek tersebut diharapkan dapat mendukung para peserta dalam melaksanakan tugas dan fungsi di lingkungan kerjanya masing-masing,” terang Sugeng Hariyono.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Naik 5,6 Persen, UMP DKI Jakarta Jadi Rp 4,9 Juta

UMP DKI Jakarta tahun 2023 naik sebesar 5,6 persen. Kenaikan itu menjadi Rp 4.900.798 dari yang sebelumnya sebesar Rp 4.641.854.

NEWS | 28 November 2022

Anak Tega Bunuh Ayah Kandung di Indramayu

Seorang anak tega bunuh ayah kandungnya sendiri di Desa Eretan Kulon, Kecamatan Kandanghaur, Kabupaten Indramayu.

NEWS | 28 November 2022

Ini Pertimbangan Organisasi Profesi Tolak RUU Kesehatan Omnibus Law

Sejumlah organisasi profesi mempunyai beragam alasan untuk menolak penyusunan RUU Kesehatan Omnibus Law oleh Badan Legislasi DPR.

NEWS | 28 November 2022

Prabowo Subianto Pastikan Jokowi Pilih Calon Panglima TNI secara Profesional

Prabowo Subianto memastikan calon Penglima TNI pengganti Jenderal TNI Andika Perkasa telah dipilih oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara profesional.

NEWS | 28 November 2022

Diresmikan Jokowi Besok, BIN Persiapkan AMN Secara Optimal

Peresmian Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) akan dilakukan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada besok Selasa, 29 November 2022.

NEWS | 28 November 2022

Fraksi PDIP: Draf RUU Kesehatan yang Beredar Bukan dari DPR

Fraksi PDI Perjuangan (PDIP) DPR menerima para perwakilan organisasi kesehatan yang berdemontrasi di depan gedung DPR untuk menolak RUU Kesehatan.

NEWS | 28 November 2022

Agus Nurpatria Minta Peti Jenazah Terbaik Buat Brigadir J

Arif Rachman Arifin mengungkap soal permintaan Agus Nurpatria kepadanya. Agus meminta kepasa Arif agar dicarikan peti jenazah terbaik untuk Brigadir J.

NEWS | 28 November 2022

Saksi Ini Ungkap Momen Ferdy Sambo Menangis Lihat Foto Keluarga

Saksi Arif Rachman Arifin mengungkap momen saat Ferdy Sambo menangis ketika melihat foto keluarganya.

NEWS | 28 November 2022

Nelayan Dilibatkan dalam Pencarian 3 Kru Helikopter Polri yang Jatuh

Nelayan dilibatkan dalam pencarian 3 kru helikopter Polri yang jatuh di perairan Kabupaten Belitung Timur, Bangka Belitung, Minggu (28/11/2022).

NEWS | 28 November 2022

Kasal Sematkan Brevet Hiu Kencana kepada Ketua DPR

Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono menyematkan Brevet Hiu Kencana kepada Ketua DPR Puan Maharani di KRI Alugoro-405 saat berlayar ke Teluk Jakarta.

NEWS | 28 November 2022


TAG POPULER

# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


# Vaksinasi Booster


# Pushbike


# Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Naik 5,6 Persen, UMP DKI Jakarta Jadi Rp 4,9 Juta

Naik 5,6 Persen, UMP DKI Jakarta Jadi Rp 4,9 Juta

NEWS | 5 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE