Logo BeritaSatu

Kepulauan Solomon Tolak Tawaran Dana Pemilu dari Australia

Selasa, 6 September 2022 | 22:08 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Honiara, Beritasatu.com- Kepulauan Solomon menolak tawaran dana untuk pemilihan umum dari Australia yang dinilai tidak pantas. Seperti Al Jazeera, Selasa (6/9/2022), pemerintah Solomon menuduh Australia mencampuri urusan dalam negeri dengan menawarkan untuk mendanai pemilihan kepulauan itu pada tahun 2023.

Pada Selasa, pemerintah pulau Pasifik menyatakan sangat menghargai tawaran dari Australia, yang mengikuti pernyataan Perdana Menteri Solomon Manasseh Sogavare bahwa negara kepulauan Pasifik itu tidak mampu mendanai Pesta Olahraga Pasifik dan pemilihan pada tahun yang sama.

Namun, pemerintah Solomon merasa tersinggung karena proposal Australia dipublikasikan saat "sedang dalam proses membalas" Canberra.

Pemerintah juga menuduh Australia mencoba "memengaruhi bagaimana anggota parlemen akan memberikan suara" pada undang-undang baru yang akan menunda pemilihan selama beberapa bulan.

"Ini adalah serangan terhadap demokrasi parlementer kami dan merupakan campur tangan langsung oleh pemerintah asing ke dalam urusan dalam negeri kami," katanya.

Sogavare memperkenalkan undang-undang pada Selasa untuk mengubah konstitusi yang memungkinkan penundaan dalam siklus pemilihan empat tahun. Pemilihan berikutnya saat ini dijadwalkan akan diadakan pada Mei 2023, meskipun Sogavare telah menyerukan agar pemungutan suara dipindahkan ke 2024.

Para kritikus menuduh perdana menteri mencoba "melibas" demokrasi dengan mempercepat undang-undang melalui parlemen.

Sebelumnya pada Selasa, Menteri Luar Negeri Australia Penny Wong mengatakan kepada Radio ABC bahwa Canberra baru-baru ini mendukung negara-negara lain, termasuk Papua Nugini, dalam mengadakan pemilihan.

“Ini mencerminkan komitmen lama dan historis kami untuk mendukung demokrasi dan proses demokrasi di Kepulauan Solomon,” katanya tentang tawaran terbaru.

Australia secara teratur memberikan bantuan keuangan ke Kepulauan Solomon dan mendukung pemilihan terakhirnya pada tahun 2019. Australia saat ini juga memberikan dana sekitar US$ 5,7 juta (Rp 84,9 miliar) kepada Kantor Pemilihan Kepulauan Solomon untuk program reformasi.

Pertarungan bolak-balik pada Selasa terjadi ketika Kepulauan Solomon telah menjadi subjek tarik-menarik geopolitik. Australia, Selandia Baru dan Amerika Serikat khawatir akan peningkatan pengaruh dari Tiongkok setelah kerusuhan kekerasan terhadap kepemimpinan Sogavare pecah di ibu kota Honiara pada tahun lalu.

Pada April, Kepulauan Solomon menandatangani pakta keamanan dengan Beijing yang memungkinkan Tiongkok untuk mengerahkan polisi bersenjata ke negara miskin itu untuk membantu menjaga “ketertiban sosial”.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Data Positivity Rate Covid-19 sampai 1 Oktober 2022

Infografik positivity rate Covid-19 sampai 1 Oktober 2022 berdasarkan data Kementerian Kesehatan.

NEWS | 1 Oktober 2022

Pemecatan Hakim MK, DPR Dinilai Langgar Konstitusi dan UU

DPR dinilai telah melanggar konstitusi dan UU Nomor 7 Tahun 2020 tentang Mahkamah Konstitusi (UU MK) dalam pemecatan hakim konstitusi Aswanto.

NEWS | 1 Oktober 2022

Riza Berharap Program Sumur Resapan Diteruskan Penjabat Gubernur DKI

Riza Patria mengatakan, program sumur resapan diharapkan dapat diteruskan oleh penjabat gubernur DKI Jakarta selanjutnya.

NEWS | 1 Oktober 2022

Ini Aturan Pemberhentian Hakim Konstitusi Berdasarkan UU

Pemberhentian hakim konstitusi harus berdasarkan UU Nomor 7 Tahun 2022 tentang perubahan ketiga atas UU Nomor 24 Tahun 2003 tentang Mahkamah Konstitusi.

NEWS | 1 Oktober 2022

Sebanyak 872 Rumah Rusak Dampak Gempa Tapanuli Utara

Sebanyak 873 rumah mengalami kerusakan dampak gempa Tapanuli Utara, Sumatera Utara dengan kekuatan magnitudo 5,8 yang terjadi pada Sabtu (1/10/2022) dini hari.

NEWS | 1 Oktober 2022

Pemilu 2024, Kapolri Serukan Jaga Persatuan dan Kesatuan

Kapolri Sigit menyerukan pentingnya persatuan dan kesatuan menjelang Pemilihan Umum atau Pemilu 2024.

NEWS | 1 Oktober 2022

PBNU Apresiasi Penghargaan Internasional yang Diraih Kejagung

PBNU mengapresiasi kinerja Kejagung dalam penerapan restorative justice hingga meraih penghargaan dari Asosiasi Jaksa Internasional. 

NEWS | 1 Oktober 2022

Ibu Kandung Gading Marten Meninggal Dunia

Ibu kandung Gading Marten, Farida Sabtijastuti meninggal dunia. Hal itu diungkapkan Gading Marten dalam akun instagram story.

NEWS | 1 Oktober 2022

Catherine Wilson Resmi Dinikahi Anggota DPRD Sidrap

Catherine Wilson resmi menikah dengan anggota DPRD Kabupaten Sidrap dan pengusaha, Idham Mase.

NEWS | 1 Oktober 2022

Kasus Positif dan Kematian Covid-19 di Jakarta sampai 1 Oktober 2022

Pergerakan kasus positif dan kematian Covid-19 di Jakarta sampai 1 Oktober 2022 berdasarkan data Kementerian Kesehatan.

NEWS | 1 Oktober 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Tokoh Adat Papua Minta Pendukung Lukas Enembe Tak Halangi KPK

Tokoh Adat Papua Minta Pendukung Lukas Enembe Tak Halangi KPK

NEWS | 6 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings