Copyright © 2023 BeritaSatu
Allright Reserved

Perindo: Kebijakan Penyaluran BLT BBM Harus Tepat Sasaran

Selasa, 6 September 2022 | 22:08 WIB
Oleh : Lenny Tristia Tambun / CAR
Ilustrasi harga bahan bakar minyak (BBM).

Jakarta, Beritasatu.com - Ketua Dewan Pertimbangan DPP Partai Persatuan Indonesia (Perindo) Mahyudin meminta kebijakan penyaluran bantuan langsung tunai (BLT) pengalihan subsidi bahan bakar minyak (BBM) harus tepat sasaran. Dengan penyaluran yang tepat sasaran, maka kenaikan harga BBM tidak begitu membebani daya beli masyarakat yang tidak mampu.

“Kebijakan pemerintah mengalihkan anggaran subsidi BBM menjadi bansos untuk masyarakat tidak mampu akan efektif jika tepat sasaran, sehingga bansos itu dapat menjaga daya beli masyarakat dari dampak naiknya harga BBM,” kata Mahyudin, Selasa (6/9/2022).

Menurut Mahyudin, untuk menjamin penyaluran BLT BBM yang tepat sasaran, pemerintah harus menyiapkan mekanisme pendataan yang bisa benar-benar menjangkau 20,6 juta masyarakat tidak mampu. Dalam hal ini, kata dia, pembaruan pendataan menjadi kunci efektivitas penyaluran BLT.

“Untuk itu, pemerintah melalui Kementerian Sosial harus terus memperbarui dari data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS), terutama pendataan di daerah, yang kondisi perubahannya cukup pesat,” ujar Mahyudin.

Partai Perindo memahami langkah pemerintah menyalurkan BLT pengalihan subsidi BBM. Karena itu, Partai Perindo akan selalu siap mengawasi penyaluran BLT, agar benar-benar menjangkau masyarakat kurang mampu.

“Kita akan terus mengawasi penyaluran BLT ini agar benar-benar tepat sasaran dan tidak ada penyimpangan. Begitulah cara kita membantu pemerintah,” tegas Mahyudin.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan BLT pengalihan subsidi BBM menjadi salah satu antisipasi pemerintah untuk menghadapi kenaikan harga BBM.

“Pemerintah memberikan bantuan langsung tunai BLT BBM sebesar Rp 2,4 triliun yang diberikan kepada 20,65 juta keluarga yang kurang mampu sebesar Rp 150.000 per bulan dan mulai diberikan September selama 4 bulan,” kata Jokowi di Istana Merdeka, kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Sabtu (3/9/2022).



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI