Logo BeritaSatu

Jaga Perilaku Saat Berinteraksi di Media Sosial

Selasa, 6 September 2022 | 22:40 WIB
Oleh : Hendro D Situmorang / JEM

Jakarta, Beritasatu.com - Warganet harus menjaga perilaku dalam berinteraksi di media sosial (medsos) agar aman di ruang publik. Hal ini karena terdapat tantangan berupa sebaran hoaks, perundungan, ujaran kebencian, serta intoleransi yang perlu diwaspadai dan diantisipasi sehingga nantinya keberadaan dunia digital tetap membawa hal positif bagi masyarakat Indonesia.

Demikian mengemuka dalam webinar yang mengangkat tema “Ayo Sebarkan Kebaikan di Dunia Digital” yang digelar Kemenkominfo bersama Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi.

Head of Centre for Publication LP3M sekaligus Anggota Jaringan Pegiat Literasi Digital (Japelidi) Xenia Angelica Wijayanto, mengatakan masih banyak masyarakat dengan literasi yang rendah namun memiliki tingkat emosi yang tinggi ketika menggunakan internet ataupun media sosial.

Akibatnya, masih sering ditemui konten negatif semisal ujaran kebencian dan pelanggaran privasi yang terjadi di dunia maya. Padahal, banyak hal positif yang dapat dipraktikkan dan dijadikan sebagai aktivitas sehari-hari, antara lain menyebarkan konten positif, mempromosikan gaya hidup yang berkualitas, serta menciptakan ruang diskusi yang sehat.

Selain itu, warganet juga harus menjadikan nilai-nilai Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika panduan karakter dalam beraktivitas di ruang digital.

“Mari mengisi dunia digital dan menjadikannya sebagai ruang yang berbudaya. Sebagai tempat kita belajar, berinteraksi, dan tempat anak-anak kita tumbuh berkembang. Media digital juga dapat dijadikan sebagai tempat untuk kita hadir sebagai bangsa yang bermartabat,” katanya, Selasa (6/9/2022).

Dosen Ilmu Komunikasi Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dan Anggota Japelidi Gilang Jiwana Adikara menambahkan, untuk menjaga keamanan diri di dunia maya, warganet juga perlu kembali memahami perbedaan maupun batasan antara ruang pribadi dan ruang publik.

Dalam ruang pribadi, komentar yang disampaikan hanya akan didengar dan diketahui oleh orang-orang terdekat. Sedangkan berkomentar di ruang publik tentu akan berpotensi didengar oleh orang lain sekaligus bersinggungan dengan hak-hak orang lain.

Baca selanjutnya
Sementara, internet dan media sosial merupakan ruang publik yang perlu dijaga ...


hal 1 dari 2 halaman

Halaman: 12selengkapnya

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Profil Yudo Margono, Anak Petani yang Jadi Calon Panglima TNI

Kasal Laksamana TNI Yudo Margono ditunjuk Presiden Jokowi sebagai calon Panglima TNI. Begini profil Yudo Margono yang merupakan anak petani. 

NEWS | 30 November 2022

Paus Doakan Korban Gempa Cianjur, Ridwan Kamil: Hatur Nuhun

Paus Fransiskus mendoakan korban gempa Cianjur. Atas doa Paus Fransiskus, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengucapkan hatur nuhun.

NEWS | 30 November 2022

Serangan Gelombang Dingin di Xinjiang Tewaskan Tujuh Jiwa

Gelombang dingin di Daerah Otonomi Xinjiang telah menewaskan tujuh orang, menurut situs berita Tiongkok yang mengutip otoritas setempat, Rabu (30/11/2022).

NEWS | 30 November 2022

Bharada E Beberkan Ferdy Sambo dan Putri Pisah Rumah

Di persidangan perkara dugaan pembunuhan berencana Brigadir J, Bharada E membeberkan soal Ferdy Sambo dan istrinya, Putri Candrawathi pisah rumah. 

NEWS | 30 November 2022

2 Jenazah Kru Helikopter Polri Diserahkan kepada Keluarga

Jenzah Bripda Khoirul Anam dan Briptu Lasminto, dua kru helikopter Polri P-1103 yang jatuh di Babel diserahkan kepada keluarga, Rabu (30/11/2022).

NEWS | 30 November 2022

LRT Jabodebek Tanpa Masinis, KAI Siapkan SDM Andal

LRT Jabodebek akan beroperasi tanpa masinis, oleh karena itu PT KAI akan menyiapkan SDM andal.

NEWS | 30 November 2022

Keluarga Tewas di Kalideres, Polisi Tunggu Hasil Pemeriksaan Patologi Anatomi

Polda Metro Jaya menunggu hasil pemeriksaan patologi anatomi untuk menyimpulkan penyebab satu keluarga tewas di Kalideres, Jakarta Barat. 

NEWS | 30 November 2022

Kuasa Hukum Bharada E Gali Fakta Sarung Tangan Ferdy Sambo

Kuasa hukum Bharada E menyatakan akan menggali keterangan dari Kuat Ma'ruf dan Bripka Ricky Rizal mengenai sarung tangan yang digunakan Ferdy Sambo.

NEWS | 30 November 2022

Mangkir dari Pemeriksaan soal Tambang Ilegal, Ismail Bolong Berdalih Sakit

Ismail Bolong mangkir atau tidak memenuhi panggilan pemeriksaan penyidik Dit Tipidter Bareskrim Polri terkait kasus tambang ilegal dengan alasan sakit. 

NEWS | 30 November 2022

Ditembak OTK, Anggota Polres Yahukimo di Dekai Tewas

Orang tak dikenal atau OTK, Selasa (29/11/2022) sekitar pukul 23.09 WIT menembak Brigadir Polisi Muhammad Yusdar, anggota Polres Yahukimo hingga tewas.

NEWS | 30 November 2022


TAG POPULER

# Putri Candrawathi


# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


# Keluarga Dibunuh di Magelang


# Helikopter Jatuh


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Profil Yudo Margono, Anak Petani yang Jadi Calon Panglima TNI

Profil Yudo Margono, Anak Petani yang Jadi Calon Panglima TNI

NEWS | kurang dari 1 detik yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE