Logo BeritaSatu

Harga BBM Naik, KSBSI Dorong Gaji Buruh Ikut Naik

Rabu, 7 September 2022 | 19:08 WIB
Oleh : Asni Ovier / AO

Jakarta, Beritasatu.com - Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia atau KSBSI mengatakan, berbagai bantuan sosial yang diberikan pemerintah menyusul naiknya harga bahan bakar minyak (BBM), tidak serta merta menjawab persoalan. Pemerintah juga harus menaikkan gaji buruh.

Hal itu dikatakan Ketua Umum DPP KSBSI, Johannes Dartha Pakpahan dalam focus group discussion (FGD) yang digelar di Jakarta, Rabu (7/92022). FGD itu digelar KSBSI bersama Kementerian Ketenagakerjaan, Jamsostek, Polri, Kementerian ESDM, dan Kementerian Sosial.

“Kalau pemerintah menaikkan harga BBM, maka pemerintah wajib menaikkan gaji buruh. Kalau cuma memberi bantuan sosial, itu tak menjawab permasalahan. Memang berapa kali pemerintah akan memberikan bansos? Kalau cuma dikasih bansos sekali atau dua kali, selanjutnya mereka makan apa? Pada akhir tahun buruh dan warga miskin pasti menjerit,” ujar Dartha.

Anak dari tokoh buruh Muchtar Pakpahan itu mengatakan, pihaknya berharap agar pemerintah mau menerima saran dari KSBSI. Pemerintah diharapkan mengambil jalan keluar yang bijaksana terkait permasalahan buruh, terutama setelah harga BBM naik.

“Kalau solusi yang diberikan pemerintah mengecewakan, maka satu-satunya jalan adalah kami akan turun ke jalan secara serentak di seluruh Indonesia. Hingga saat ini, kami masih menahan diri dan nberharap ada solusi terbaik yang ditawarkan pemerintah,” ujarnya.

Menurut Dartha, untuk bisa menyelesaikan masalah sebagai akibat dari kenaikan harga BBM, diskusi tak cukup hanya sekali diselenggarakan. “FGD semacam ini harus digelar lagi. Kita harus bersatu untuk mengatasi masalah yang dimunculkan akibat naiknya harga BBM. Kita tak takut BBM naik. Yang kita takutkan adalah imbas dari kenaikan tersebut,” ujar Dartha.

Hermansyah, salah satu peserta FGD, mengatakan sangat keberatan dengan naiknya harga BBM. Hermansyah yang mengaku sebagai pengemudi ojek online (ojol) khawatir kehidupannya semakin sulit.

“Sebelumnya, dengan Rp 150.000 per hari saya bisa menghidupi istri dan anak-anak saya. Kini dengan harga BBM yang naiknya lumayan banyak, saya khawatir akan sulit membeli susu. Apalagi, anak saya kembar,” ujarnya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Ganjar Bentuk Tim Khusus Percepatan Pembangunan Tol Semarang-Demak

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo membentuk tim untuk membereskan persoalan pembebasan lahan pelaksanaan Proyek Tol Semarang-Demak.

NEWS | 29 November 2022

Jokowi Akan Hadiri Midodareni, Tetangga Erina Diminta Tak Inapkan Tamu

Jokowi akan menghadiri midodareni di kediaman calon menantunya, Erina Gudono di Purwosari RT 03/RW 59, Sinduadi, Mlati, Sleman.

NEWS | 30 November 2022

Menilik Rumah Bantuan Ganjar, Hanya Bayar Rp 355 Ribu per Bulan

“Tuku Lemah Oleh Omah” adalah program bantuan yang membantu banyak masyarakat hasil inisiasi dari Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

EKONOMI | 29 November 2022

Penyaluran Bantuan Dana Bansos Terus Dipantau

Sekretaris Jenderal Kementerian Sosial (Kemensos) Harry Hikmat menegaskan penyaluran dana BLT BBM, BPNT/Sembako dan PKH terus dipantau tiap hari.

NEWS | 30 November 2022

Jokowi Dinilai Contoh Pemimpin yang Berani Tegakkan Kebenaran

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dinilai sebagai contoh pemimpin yang berani menegakkan kebenaran.

NEWS | 30 November 2022

Bupati: Pencarian Korban Gempa Cianjur Diperpanjang 3 Hari

Bupati Cianjur, Jawa Barat, Herman Suherman mengatakan, proses pencarian korban gempa Cianjur diperpanjang tiga hari.

NEWS | 30 November 2022

MK Tambahkan Syarat Baru Ini Bagi Caleg Mantan Koruptor di Pemilu

Mahkamah Konstitusi atau MK menambahkan syarat baru bagi caleg mantan terpidana termasuk terpidana kasus korupsi yang akan ikut menjadi Pemilu 2024.

NEWS | 30 November 2022

Naik Helikopter, Lesti Kejora dan Rizky Billar Kunjungi Korban Gempa Cianjur

Pasangan artis Lesti Kejora dan Rizky Billar mengunjungi para korban gempa di daerah kelahirannya Cianjur dengan helikopter.

NEWS | 30 November 2022

Setelah Tembak Brigadir J, Bharada E Mimpi Buruk Selama 3 Pekan

Bharada E mengalami mimpi buruk selama tiga pekan setelah menembak Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J.

NEWS | 30 November 2022

Bharada E: Brigadir J Selalu Dampingi Putri Candrawathi

Bharada E menyebut, Brigadir J atau Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat, selalu mendampingi Putri Candrawathi, istri Ferdy Sambo.

NEWS | 30 November 2022


TAG POPULER

# Putri Candrawathi


# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


# Keluarga Dibunuh di Magelang


# Helikopter Jatuh


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Menjadi Andalan Masyarakat, Volume Transaksi BRImo Tembus Rp 2,000 Triliun

Menjadi Andalan Masyarakat, Volume Transaksi BRImo Tembus Rp 2,000 Triliun

EKONOMI | 60 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE