Logo BeritaSatu

Pergantian Suharso Monoarfa, Tak Ubah Posisi PPP di KIB

Rabu, 7 September 2022 | 20:27 WIB
Oleh : Carlos KY Paath / CAR

Jakarta, Beritasatu.com – Pergantian Suharso Monoarfa sebagai ketua umum (ketum) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) tidak mengubah soliditas Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). Hal ini ditegaskan pakar komunikasi politik dari Universitas Airlangga (Unair) Suko Widodo.

“Pergantian itu kemungkinan besar tak akan merubah keberadaan PPP dalam gerbong KIB, tetapi semuanya tergantung nakhoda baru,” ujar Suko di Jakarta, Rabu (7/9/2022).

Suko menuturkan adanya keuntungan ketika PPP berada dalam KIB. Dikatakan, PPP tergabung dalam arus besar perpolitikan Indonesia. Artinya, PPP tidak sendirian dalam menyongsong Pemilu 2024. Berada dalam KIB juga bisa meningkatkan kepercayaan diri partai berlambang Ka'bah itu.

“Keuntungannya, PPP tidak sendirian dalam perpolitikan di Indonesia. Ada perasaan percaya diri kalau berada dalam gerbong KIB,” ungkapnya.

PPP juga dinilai bisa menaikkan citra partai di mata publik dan memperkuat posisi tawar dengan tetap bertahan di KIB. “Keberadaan gerbong harus diakui bisa menaikkan pamor PPP. Keberadaan PPP dalam gerbong KIB juga menjadikan PPP diperhitungan sebagai bagian dari kekuatan besar,” ujarnya.

Polemik yang terjadi dalam tubuh PPP menjadi tantangan berat bagi KIB. Terlebih, di bawah kepemimpinan Muhammad Mardiono sebagai pelaksana tugas (plt) ketum PPP.

“Ini kan tantangan berat bagi KIB, satu saja keluar rontok, karena sudah tidak memenuhi syarat. Kalau biasanya, ada orang lain yang selesaikan dulu kasusnya, KIB tidak berani melakukan karena mereka saling membutuhkan,” kata pengamat politik Ray Rangkuti.

Menurutnya, Partai Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN), dan PPP harus tetap bersama-sama dalam koalisi untuk mengamankan posisi. “Katakan, sepanjang apa nanti kisruh mereka akan tetap menjaga PPP berada dalam koalisi KIB. Sebab, secara formal kalau keluar, membuat koalisi ini berantakan,” katanya.

Sebelumnya, Wakil Ketum PPP Arsul Sani menyebut tak ada pembahasan posisi PPP di KIB dalam musyawarah kerja nasional (mukernas) PPP di Banten. Hal itu diungkap seiring penunjukan Muhammad Mardiono sebagai plt ketum PPP.

Arsul juga memastikan hal ini berarti PPP tidak mengubah posisi dalam berkoalisi di KIB bersama Golkar dan PAN. Arsul juga menyebut Mardiono saat ini merupakan koordinator KIB. “Ini artinya PPP sampai hari ini tidak berubah posisi koalisinya untuk Pilpres 2024, yakni bersama Partai Golkar dan PAN,” ujarnya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Kemendikbudristek: Guru Harus Perhatikan Kemampuan Siswa Dibanding Kurikulum

Guru di sejumlah daerah dinilai masih fokus dalam merampungkan target kurikulum dibanding memperhatikan kemampuan siswa.

NEWS | 7 Desember 2022

Pertokoan Sekitar Astana Anyar Bandung Tutup Pasca-Bom Bunuh Diri

Pertokoan di sekitar Jalan Astana Anyar dan Kantor Polsek Astana Anyar Kota Bandung, Jawa Barat, memutuskan untuk menutup toko mereka pasca-bom bunuh diri.

NEWS | 7 Desember 2022

Benny Ali Sebut Ferdy Sambo Sadar Buat Anggota Polisi Menderita

Benny Ali menyebut Ferdy Sambo telah menyadari ulahnya membuat banyak personel kepolisian menderita.

NEWS | 7 Desember 2022

Wajah Richard, Ricky Rizal, dan Kuat Ma'ruf Tampak Stres Saat Dicecar Benny Ali

Bharada Richard Eliezer Pudihang Lumiu atau Bharada E, Ricky Rizal, dan Kuat Ma'ruf tampak stres saat dicecar oleh Benny Ali.

NEWS | 7 Desember 2022

Densus 88 Antiteror Selidiki Pelaku Bom Bunuh Diri Bandung

Densus 88 menyelidiki pelaku peristiwa ledakan diduga bom bunuh diri di Mapolsek Astana Anyar, Bandung, Jawa Barat, apakah berasal dari jaringan teroris.

NEWS | 7 Desember 2022

Kemenkumham Tepis Kekhawatiran Dubes AS soal Dampak Negatif KUHP Baru

Plt Dirjen PP Kemenkumham, Dhahana Putra menepis kekhawatiran Duta Besar AS untuk Indonesia, Sung Kim soal dampak negatif dalam KUHP baru.

NEWS | 7 Desember 2022

Pembunuhan Brigadir J, Benny Ali: Ferdy Sambo Akui Nge-Prank

Benny Ali menyatakan kalau Ferdy Sambo mengakui bahwa dia telah nge-prank atau mengerjai anak buahnya sendiri pada kasus pembunuhan Brigadir J.

NEWS | 7 Desember 2022

Temui Langsung Ferdy Sambo, Benny Ali: Komandan Tega

Brigjen Benny Ali mengatakan langsung ke Ferdy Sambo bahwa komandannya itu tega mengorbankan para anak buahnya.

NEWS | 7 Desember 2022

Polsek Jatinegara Tingkatkan Pengamanan Usai Ledakan Bom Bandung

Polsek Jatinegara, Jakarta Timur, meningkatkan pengamanan usai ledakan bom Bandung.

NEWS | 7 Desember 2022

Bom Bunuh Diri: Satu Polisi Meninggal Dunia, 7 Luka-luka

Seorang anggota Polsek Astana Anyar meninggal dunia dan 7 anggota lainnya mengalami luka-luka akibat bom bunuh diri Bandung.

NEWS | 7 Desember 2022


TAG POPULER

# Bom Bandung


# Ferdy Sambo


# Gempa Cianjur


# Pernikahan Kaesang


# KKB Tembak Mati


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kemendikbudristek: Guru Harus Perhatikan Kemampuan Siswa Dibanding Kurikulum

Kemendikbudristek: Guru Harus Perhatikan Kemampuan Siswa Dibanding Kurikulum

NEWS | 5 detik yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE