Logo BeritaSatu

Pergantian Suharso Monoarfa, Tak Ubah Posisi PPP di KIB

Rabu, 7 September 2022 | 20:27 WIB
Oleh : Carlos KY Paath / CAR

Jakarta, Beritasatu.com – Pergantian Suharso Monoarfa sebagai ketua umum (ketum) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) tidak mengubah soliditas Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). Hal ini ditegaskan pakar komunikasi politik dari Universitas Airlangga (Unair) Suko Widodo.

“Pergantian itu kemungkinan besar tak akan merubah keberadaan PPP dalam gerbong KIB, tetapi semuanya tergantung nakhoda baru,” ujar Suko di Jakarta, Rabu (7/9/2022).

Suko menuturkan adanya keuntungan ketika PPP berada dalam KIB. Dikatakan, PPP tergabung dalam arus besar perpolitikan Indonesia. Artinya, PPP tidak sendirian dalam menyongsong Pemilu 2024. Berada dalam KIB juga bisa meningkatkan kepercayaan diri partai berlambang Ka'bah itu.

“Keuntungannya, PPP tidak sendirian dalam perpolitikan di Indonesia. Ada perasaan percaya diri kalau berada dalam gerbong KIB,” ungkapnya.

PPP juga dinilai bisa menaikkan citra partai di mata publik dan memperkuat posisi tawar dengan tetap bertahan di KIB. “Keberadaan gerbong harus diakui bisa menaikkan pamor PPP. Keberadaan PPP dalam gerbong KIB juga menjadikan PPP diperhitungan sebagai bagian dari kekuatan besar,” ujarnya.

Polemik yang terjadi dalam tubuh PPP menjadi tantangan berat bagi KIB. Terlebih, di bawah kepemimpinan Muhammad Mardiono sebagai pelaksana tugas (plt) ketum PPP.

“Ini kan tantangan berat bagi KIB, satu saja keluar rontok, karena sudah tidak memenuhi syarat. Kalau biasanya, ada orang lain yang selesaikan dulu kasusnya, KIB tidak berani melakukan karena mereka saling membutuhkan,” kata pengamat politik Ray Rangkuti.

Menurutnya, Partai Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN), dan PPP harus tetap bersama-sama dalam koalisi untuk mengamankan posisi. “Katakan, sepanjang apa nanti kisruh mereka akan tetap menjaga PPP berada dalam koalisi KIB. Sebab, secara formal kalau keluar, membuat koalisi ini berantakan,” katanya.

Sebelumnya, Wakil Ketum PPP Arsul Sani menyebut tak ada pembahasan posisi PPP di KIB dalam musyawarah kerja nasional (mukernas) PPP di Banten. Hal itu diungkap seiring penunjukan Muhammad Mardiono sebagai plt ketum PPP.

Arsul juga memastikan hal ini berarti PPP tidak mengubah posisi dalam berkoalisi di KIB bersama Golkar dan PAN. Arsul juga menyebut Mardiono saat ini merupakan koordinator KIB. “Ini artinya PPP sampai hari ini tidak berubah posisi koalisinya untuk Pilpres 2024, yakni bersama Partai Golkar dan PAN,” ujarnya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Isak Tangis Keluarga Sambut Jenazah Aipda Sofyan Korban Bom Bandung

Jenazah Anggota Polsek Astana Anyar, Aipda Sofyan yang menjadi korban bom Bandung, tiba di rumah duka.

NEWS | 7 Desember 2022

Bisa Susun Skenario, Ferdy Sambo Beruntung CCTV Rumah Dinas Rusak

Ferdy Sambo sempat merasa beruntung karena CCTV rusak di rumah dinasnya di Kompleks Polri, Duren Tiga, karena dengan demikian ia bisa menyusun cerita fiktif.

NEWS | 7 Desember 2022

Ferdy Sambo Ungkap Perintahnya ke Bharada E: Hajar Cad...

Ferdy Sambo mengungkapkan perintah yang dia katakan  Bharada E untuk Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J.

NEWS | 7 Desember 2022

Moeldoko: Stop Aksi Bom Bunuh Diri, Apa Untungnya?

Moeldoko menyatakan peristiwa bom bunuh diri di Polsek Astana Anyar menyadarkan semua pihak bahwa ideologi yang berlandaskan kekerasan tidak bermanfaat.

NEWS | 7 Desember 2022

Bom Bunuh Diri, BNPT: Tak Mudah Baca Pemikiran Pelaku Terorisme

Terkait bom bunuh diri Bandung, Kepala BNPT Komjen Boy Rafli Amar mengakui tidak mudah untuk membaca pemikiran para pelaku terorisme.

NEWS | 7 Desember 2022

Terekam CCTV, Pelaku Bom Bandung Bawa Dua Bungkusan

Pelaku peledakan Mapolsek Astana Anyar pada Rabu (7/12/2022) pagi, terekam kamera CCTV sedang membawa dua bungkusan yang diduga bom.

NEWS | 7 Desember 2022

Anggota DPR Minta Polri Segera Cari Aktor Intelektual Bom Bandung

Anggota DPR Komisi III, Arteria Dahlan meminta Polri untuk segera mencari aktor intelektual peristiwa bom Bandung, Rabu (7/12/2022).

NEWS | 7 Desember 2022

Kerajaan Sunda Empire, Nama yang Lejitkan Lord Rangga

Nama Sunda Empire tersebut melejitkan nama Lord Rangga di khalayak umum dan membuatnya menjadi pesohor.

NEWS | 7 Desember 2022

Polda Metro Gelar Tilang Manual bagi Pelanggaran Tertentu

Penindakan tilang manual hanya diberlakukan bagi pelanggar aturan lalu lintas untuk jenis pelanggaran tertentu.

NEWS | 7 Desember 2022

Komisi VII DPR RI Dukung Transformasi PLN

Perubahan struktur perusahaan akan membuat PLN mempunyai ruang yang lebih strategis dalam mengembangkan potensi listrik di Indonesia.

NEWS | 7 Desember 2022


TAG POPULER

# Bom Bandung


# Ferdy Sambo


# Gempa Cianjur


# Pernikahan Kaesang


# KKB Tembak Mati


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Isak Tangis Keluarga Sambut Jenazah Aipda Sofyan Korban Bom Bandung

Isak Tangis Keluarga Sambut Jenazah Aipda Sofyan Korban Bom Bandung

NEWS | 6 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE