Logo BeritaSatu

G-20 Indonesia Dorong Green Pharmacy Solusi Atasi Pandemi

Kamis, 8 September 2022 | 20:40 WIB
Oleh : Whisnu Bagus Prasetyo / WBP

Nusa Dua, Beritasatu.com - Para pemikir di negara-negara G-20 atau The Think Tank 20 (T20) mendorong pembuat kebijakan untuk meningkatkan indusri farmasi yang ramah lingkungan (green pharmacy). Hal ini dinilai menjadi salah satu solusi untuk dunia ketika menghadapi krisis akibat pandemi.

Lead Co-Chairs T20 Indonesia Bambang Brodjonegoro mengatakan, Indonesa saat ini tengah mengembangakan green pharmacy, yakni fitofarmaka, obat-obatan herbal, dan tradisional.

"Green pharmacy bisa mengurangi impor sekaligus menciptakan kemandirian bangsa dalam menghadapi situasi darurat," kata Bambang dalam forum T20 Indonesia: Green Pharmacy's Role in Supporting Global Health Architecture, seperti dikutip dalam keterangannya Kamis (8/9/2022).

Dia mengatakan impor bahan baku obat tidak hanya menguras devisa negara, tetapi menyebabkan supply shock saat terjadinya keadaan darurat seperti pandemi Covid-19.

Selain Indonesia, lanjut dia, green pharmacy juga diperlukan oleh seluruh negara, baik berkembang maupun maju. Menurutnya, produk herbal bisa memenuhi kebutuhan kesehatan dasar masyarakat, karena memiliki khasiat tinggi serta dapat menjadi obat bagi penyakit menular dan tidak menular.

Direktur Jenderal Kefarmasian dan Alat Kesehatan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Lucia Rizka Andalusia mengatakan, obat-obatan herbal saat ini memang menjadi fokus dunia, termasuk negara-negara G-20. Salah satu pemicunya adalah pandemi yang membuat anggaran pemerintah di seluruh negara banyak terpakai untuk perawatan kesehatan. "Obat herbal menjadi fokus para peneliti dan industri di dunia termasuk negara-negara G-20. Saat ini semakin banyak negara yang mengakui peran jamu dalam sistem kesehatan nasional mereka," jelasnya.

Lucia merujuk data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) bahwa saat ini Tiongkok sudah serius dalam penggunaan obat herbal. Selain itu, sebanyak 50%-70% resep obat di Jepang merupakan obat herbal. Tak hanya itu, Chile dan Inggris juga telah menggunakan resep obat herbal hingga 40%, Amerika Serikat 42%, Prancis 49%, dan Kanada 70%.

Baca selanjutnya
Meski demikian, Lucia mengakui bahwa Indonesia memiliki tantangan tersendiri untuk mendorong ...


hal 1 dari 2 halaman

Halaman: 12selengkapnya

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Telkomsel Hadirkan Program “Rezeki Sakti"

Program ini terbuka untuk seluruh pelanggan Telkomsel Prabayar di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

NEWS | 5 Desember 2022

Kolaborasi Perguruan Tinggi dan Industri Untuk Transisi Energi Berkelanjutan

Hadirnya BLiMP ini merupakan hasil dari semangat kolaborasi "Merdeka Belajar" yang berhasil menyatukan banyak pihak di program Kedaireka.

NEWS | 6 Desember 2022

Apindo Kritik Penerapan Odol Tanpa Transisi

Apindo mengkritik penerapan kebijakan over dimension dan overload (Odol) untuk angkutan barang yang diberlakukan tanpa ada masa transisi

NEWS | 6 Desember 2022

5 Topnews: Sidang Ricky Rizal dan Sosok Calon Istri Kaesang Pangarep

Sidang Ricky Rizal dan juga sosok Erina Gundono yang akan dipersunting Kaesang Pangarep menjadi salah satu berita yang paling banyak dibaca.

NEWS | 6 Desember 2022

AJI Beberkan 17 Pasal Bermasalah dalam RKUHP yang akan Disahkan

Aliansi Jurnalis Independen (AJI) membeberkan 17 pasal bermasalah dalam draf RKUHP versi 30 November 2022.

NEWS | 6 Desember 2022

DPR Setujui RUU Perjanjian Indonesia-Singapura untuk Ekstradisi Buronan

Komisi III DPR RI menyetujui RUU tentang Pengesahan Perjanjian antara Indonesia dan Singapura tentang Ekstradisi Buronan

NEWS | 6 Desember 2022

PWNU Jabar: Khilafah Hanya Cara Adu Domba untuk Tujuan Politik

PWNU Jabar menyatakan, argumen khilafah yang diusung oleh kelompok tertentu hanya cara untuk mengadu domba guna mewujudkan tujuan politik.

NEWS | 6 Desember 2022

Ricky Rizal Dianggap Berbohong dalam Sidang, Ini Respons Kuasa Hukum

Ricky Rizal ditegur Ketua Majelis Hakim Wahyu Imam Santosa dalam sidang lanjutan kasus pembunuhan Brigadir J. Ricky Rizal dinilai berbohong

NEWS | 6 Desember 2022

Libur Nataru, Ganjar Pranowo Ajak Masyarakat Wisata Dalam Negeri

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengajak masyarakat di seluruh Indonesia untuk melakukan wisata dalam negeri saat libur nataru.

NEWS | 6 Desember 2022

Kuat Ma'ruf Mengaku Sempat Takut Ditembak Ferdy Sambo

Kuat Ma'ruf mengaku sempat takut ditembak Ferdy Sambo saat terjadinya pembunuhan Brigadir J atau Nofriansyah Yosua Hutabarat.

NEWS | 5 Desember 2022


TAG POPULER

# Erupsi Semeru


# Rizky Febian


# Bahlil Lahadalia


# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Garuda Undang Investor Strategis, Porsi Pemerintah Berkurang

Garuda Undang Investor Strategis, Porsi Pemerintah Berkurang

EKONOMI | 9 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE