Logo BeritaSatu

Ini Faktor Jokowi yang Dianggap Senang Airlangga Maju Capres 2024

Kamis, 8 September 2022 | 22:36 WIB
Oleh : Carlos KY Paath / CAR

Jakarta, Beritasatu.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) disebut senang Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian Airlangga Hartarto maju sebagai calon presiden (capres). Selain Airlangga, ada juga nama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. Hal itu diungkap politikus Partai Golkar Emanuel Melkiades Laka Lena.

Merespons itu, Direktur Eksekutif Centre for Indonesia Strategic Actions (CISA) Herry Mendrofa mengungkap faktor Jokowi menyenangi Airlangga yang juga ketua umum Partai Golkar, maju pada Pilpres 2024. “Jelas karena Airlangga adalah menteri dari kabinet Jokowi. Lalu, adalah faktor ketua umum Partai Golkar yang hingga hari ini solid mendukung Jokowi,” tegas Herry, Kamis (8/9/2022).

Herry menambahkan faktor berikutnya, yakni isu ekonomi yang menjadi fokus pemerintahan Jokowi. Saat ini, Airlangga menjabat sebagai Menko Perekonomian. “Faktor lain, isu-isu ekonomi yang menjadi isu sentral dan menjadi fokus dari pemerintahan Jokowi. Kebetulan juga menterinya atau pimpinannya adalah Airlangga,” tuturnya.

Menurut Herry, persoalan ekonomi menjadi salah satu alasan kecenderungan Jokowi pada Airlangga yang diprediksi maju sebagai capres. Di sisi lain, isu ekonomi juga tengah menjadi sorotan saat pandemi hingga sekarang kenaikan bahan bakar minyak (BBM).

“Ketiga ini menjadi faktor kesukaan Jokowi sekaligus juga menjadi faktor yang menurut saya menjadi evaluasi tersendiri bagi Airlangga. Karena isu ekonomi per hari ini adalah isu yang nyentrik, populis di kalangan masyarakat, karena bersinggungan dengan realita yang terjadi di masyarakat terutama konteksnya adalah kenaikan harga BBM,” ungkapnya.

Sementara itu, peneliti senior Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Firman Noor mengatakan Presiden Jokowi belum secara terang benderang menunjuk satu sosok yang didukung.

“Dalam konteks perorangan, saya belum melihat bahwa Presiden clear mengarahkan pada satu orang. Saya kini ini wacana yang ada di tengah mengarah, mengharapkan ada hal-hal baik yang bisa dilanjutkan para pemerintahan berikutnya,” kata Firman.

Masih sangat dini untuk menilai kemana arah dukungan Presiden Jokowi. Sebagai kader PDIP, Jokowi seharusnya tunduk pada perintah Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Namun, posisinya sebagai Presiden begitu strategis untuk menentukan arah perpolitikan, termasuk mendorong capres dan cawapres.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

KPU Akan Terjunkan Tim Lakukan Coklit Data Pemilih

Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan menerjunkan tim untuk melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih.

NEWS | 8 Desember 2022

Ketua KPK Ungkap Lukas Enembe Pernah Dirawat di RSPAD

Ketua KPK Firli Bahuri mengatakan KPK telah mendapatkan data bahwa Lukas Enembe pernah dirawat di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta.

NEWS | 8 Desember 2022

Bupati Bangkalan Diduga Patok Rp 50-150 Juta Terkait Lelang Jabatan

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menduga tersangka Bupati Bangkalan, R Abdul Latif Amin Imron mematok tarif Rp 50-150 juta terkait lelang jabatan.

NEWS | 8 Desember 2022

Wapres Ma’ruf Minta KBPP Polri Lebih Banyak Berkontribusi

Wakil Presiden Ma’ruf Amin meminta Keluarga Besar Putra Putri (KBPP) Polri lebih banyak berkontribusi melalui program-program kemasyarakatan.

NEWS | 8 Desember 2022

Pantau Dampak Gempa, PMI Kota Sukabumi Patroli Keliling

PMI Kota Sukabumi dikerahkan untuk melakukan patroli keliling memantau dampak gempa dengan magnitudo 5,8, Kamis (8/12/2022).

NEWS | 8 Desember 2022

KPK Menahan Bupati Bangkalan dan 5 Tersangka Kasus Lelang Jabatan

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menahan enam tersangka kasus dugaan suap lelang jabatan di Pemerintah Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur.

NEWS | 8 Desember 2022

Gempa Sukabumi, Ini Pengalaman Netizen

Gempa Sukabumi dan sekitarnya yang terjadi Kamis (8/12/2022) pagi 07.50 WIB terasa hingga Jakarta dan Bandar Lampung.

NEWS | 8 Desember 2022

Gempa M 5,8 Landa Kota Sukabumi, Belum Ada Laporan Kerusakan

Menurut BPBD Kota Sukabumi, hingga saat ini belum ada laporan kerusakan akibat gempa yang melanda daerah itu, Kamis (6/12/2022).

NEWS | 8 Desember 2022

Bom Bunuh Diri, Jalan Depan Polsek Astana Anyar Sudah Dibuka

Ruas Jalan Astana Anyar yang berada di depan Polsek Astana Anyar, Kota Bandung, Jawa Barat, kembali bisa dilalui, usai bom bunuh diri, Rabu (7/12/2022) kemarin.

NEWS | 8 Desember 2022

Wakil Ketua DPR Minta Masyarakat Tidak Takut Lawan Terorisme

Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad meminta masyarakat bersatu untuk melawan terorisme, menyusul aksi teror bom bunuh diri yang terjadi di Bandung.

NEWS | 8 Desember 2022


TAG POPULER

# Bom Bandung


# UU KUHP


# Ferdy Sambo


# Piala Dunia 2022


# Gempa Sukabumi


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
KPU Akan Terjunkan Tim Lakukan Coklit Data Pemilih

KPU Akan Terjunkan Tim Lakukan Coklit Data Pemilih

NEWS | 1 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE