Logo BeritaSatu

Ratu Elizabeth II Memerintah Inggris hingga 7 Dekade

Jumat, 9 September 2022 | 06:55 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

London, Beritasatu.com- Ratu Elizabeth II telah meninggal dunia pada usia 96 tahun, setelah selama tujuh dekade memerintah Inggris. Seperti dilaporkan RT, Kamis (8/9/2022), pemerintahan Ratu Elizabeth II berlangsung selama 70 tahun, menjadikannya penguasa Inggris terlama dalam sejarah.

Sebelumnya, dokter Ratu telah menempatkannya di bawah "pengawasan medis" di kediamannya di Kastil Balmoral di Skotlandia, setelah khawatir dengan kesehatannya.

"Sang Ratu meninggal dengan tenang di Balmoral sore ini," kata Istana Buckingham dalam satu pernyataan pada Kamis malam.

Lahir sebagai Elizabeth Alexandra Mary pada tahun 1926, ia naik takhta pada tahun 1952, pada usia 25, setelah kematian ayahnya, Raja George VI. Ia lahir di Mayfair, London tengah, dari pasangan Duke dan Duchess of York (kemudian Raja George VI dan Ratu Elizabeth). Elizabeth menjadi pewaris takhta kedua pada tahun 1936 setelah kematian kakeknya, Raja George V, dan turun tahta pamannya, Raja Edward VIII tahun yang sama itu.

Ratu baru berusia 13 tahun saat pecahnya Perang Dunia Kedua dan dievakuasi dari ibu kota. Pada tahun 1945, pada usia 18 tahun, ia mendaftar di Auxiliary Territorial Service (ATS), cabang wanita Angkatan Darat Inggris selama perang, dan bertugas sampai akhir konflik.

Pada tahun 1947, Elizabeth menikah dengan Philip Mountbatten, mantan pangeran Yunani dan Denmark. Ratu dan suaminya Pangeran Philip, yang meninggal pada usia 99 pada April 2021, meninggalkan empat anak: Charles, Pangeran Wales, Anne, Putri Kerajaan, Pangeran Andrew, Duke of York, dan Pangeran Edward, Earl of Wessex. Mereka memiliki delapan cucu.

Penobatan Elizabeth menjadi Ratu Inggris terjadi pada 2 Juni 1953, ditonton oleh 27 juta orang di Inggris saja dan dianggap berperan dalam mendongkrak popularitas televisi di negara itu. Acara penobatan membuat jumlah lisensi TV di Inggris melonjak menjadi tiga juta. Ini adalah pertama kalinya penobatan telah ditampilkan di TV.

Setelah kematian sang ayah, Elizabeth bukan hanya pemimpin Inggris, tetapi enam negara Persemakmuran independen lainnya: Kanada, Australia, Selandia Baru, Afrika Selatan, Pakistan, dan Ceylon (Sri Lanka), serta menjadi Kepala Kerajaan. Persemakmuran.

Sementara mewarisi satu kerajaan dalam kemunduran, Inggris masih memerintah lebih dari 70 wilayah di luar negeri. Pada tahun 2022, Ratu masih menjadi kepala negara untuk 15 negara, termasuk Inggris.

Pemerintahan Ratu Elizabeth II mengalami aksesi Inggris ke UE, penarikannya dari UE, dan perubahan politik besar seperti devolusi kekuasaan di Inggris dan Masalah di Irlandia Utara. Sepupu kedua Ratu, Lord Louis Mountbatten, tewas pada 1979 bersama tiga orang lainnya ketika sebuah bom IRA meledakkan kapalnya di lepas pantai Co. Sligo di Irlandia.

Sebagai kepala negara, Elizabeth dilayani oleh 15 perdana menteri, yang pertama adalah Sir Winston Churchill dan yang terakhir, Liz Truss. Dalam tujuh dekade sebagai raja, ia menjadi tuan rumah ribuan "pemirsa" mingguan dengan kepala pemerintahan.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Hasil Gelar Perkara Tambang Ilegal Tak Disampaikan, Ini Alasan Polri

Bareskrim Polri menyatakan tidak menyampaikan hasil gelar perkara kasus tambang ilegal untuk kepentingan investigasi selanjutnya.

NEWS | 2 Desember 2022

Hingga Hari Ini, Gempa Susulan di Cianjur Terjadi 373 Kali

Gempa susulan di Cianjur, Jawa Barat hingga saat ini sudah terjadi sebanyak 373 kali hingga hari ini, Jumat (2/12/2022) sore.

NEWS | 2 Desember 2022

Telkom Raih Penghargaan Indonesia's SDGs Action Awards 2022

Penghargaan ini diserahkan Menteri Bappenas Suharso Monoarfa dan diterima langsung oleh Direktur Human Capital Management (HCM) Telkom, Afriwandi.

NEWS | 2 Desember 2022

Zulhas: PAN Pertimbangkan Aspirasi Dukung Ganjar untuk 2024

Zulhas menampung aspirasi dari DPW PAN Jawa Tengah (Jateng) untuk mencalonkan Ganjar Pranowo sebagai calon presiden PAN di Pemilu Presiden 2024.

NEWS | 2 Desember 2022

Hingga Hari Ini, Rumah Rusak Akibat Gempa Cianjur 29.989 Unit

Bupati Cianjur Herman Suherman mengungkapkan, total rumah rusak akibat gempa Cianjur, Jawa Barat hingga hari ini, Jumat (2/12/2022) mencapai 29.989 unit.

NEWS | 2 Desember 2022

Pemilu 2024, Yudo Margono Pastikan TNI Bakal Netral

Laksamana Yudo Margono memastikan bahwa TNI akan tetap netral pada pelaksanaan Pemilu 2024 mendatang.

NEWS | 2 Desember 2022

Paspampres Perkosa Prajurit Wanita, Ini Kata Yudo Margono

Yudo Margono menegaskan, dirinya akan mengecek terlebih dahulu penanganan kasus pemerkosaan yang dilakukan Paspampres terhadap prajurit Kostrad.

NEWS | 2 Desember 2022

Street Race di Kemayoran Akan Kembali Digelar Awal 2023

Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran menjelaskan bahwa street race seri kelima tersebut menurut rencana bakal digelar pada awal 2023 mendatang.

NEWS | 2 Desember 2022

Sahabat Mengiakan Ferry Mursyidan Meninggal di Dalam Mobil

Dudut Suhendra membenarkan bahwa almarhum Ferry Mursyidan ditemukan meninggal dunia di mobilnya di basement Hotel Bidakara, Jakarta Selatan

NEWS | 2 Desember 2022

Teriakan Ganjar Presiden, Erick Thohir Wapres Menggema di Acara PAN

DPW PAN Jawa Tengah memang merekomendasikan duet Ganjar Pranowo dan Erick Thohir untuk diusung sebagai calon presiden dan wakil presiden dari PAN.

NEWS | 2 Desember 2022


TAG POPULER

# Penumpang Air Asia Diseret


# Tenda Sakinah


# Piala Dunia 2022


# Paspampres Perkosa Kostrad


# Sidang Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Hasil Gelar Perkara Tambang Ilegal Tak Disampaikan, Ini Alasan Polri

Hasil Gelar Perkara Tambang Ilegal Tak Disampaikan, Ini Alasan Polri

NEWS | 4 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE