Logo BeritaSatu

Putin Klaim Kepercayaan pada Dolar AS Sudah Hilang

Jumat, 9 September 2022 | 09:02 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Moskwa, Beritasatu.com- Presiden Rusia Vladimir Putin mengklaim mata uang cadangan tradisional seperti dolar AS dan euro telah kehilangan kredibilitasnya sebagai dasar transaksi internasional.

Seperti dilaporkan RT, Rabu (7/9/2022), Rusia secara bertahap menjauh dari mata uang yang tidak dapat diandalkan.

“Negara-negara Barat telah merusak fondasi sistem ekonomi global. Ada hilangnya kepercayaan pada dolar, euro dan pound sterling sebagai mata uang untuk melakukan transaksi, menyimpan aset dan cadangan,” katanya pada Forum Ekonomi Timur tahunan ketujuh di Vladivostok.

Putin juga mencatat bahwa kecenderungan ini mendorong Rusia dan banyak negara lain untuk beralih ke mata uang lain, terutama yuan Tiongkok.

“Selangkah demi selangkah kami menjauh dari penggunaan mata uang yang tidak dapat diandalkan dan dikompromikan ini. Dan omong-omong, bahkan sekutu AS secara bertahap mengurangi tabungan dan pembayaran mereka dalam dolar, menurut statistik. Saya akan mencatat bahwa kemarin Gazprom dan mitra Tiongkok-nya setuju untuk membayar gas dalam rubel dan yuan dalam pembagian 50/50,” kata Putin.

Mengomentari pembatasan visa untuk warga Rusia, Rabu (7/9), Putin mengatakan bahwa Moskwa akan senang melihat mahasiswa asing dan pebisnis mengunjungi negara itu. “Ada banyak pengusaha yang mencintai dan mempercayai Rusia, dan ingin bekerja di sini. Selamat datang,” tambahnya, dengan kata terakhir diucapkan dalam bahasa Inggris.

“Biarkan mereka datang dan bekerja. Mengapa kita harus memberlakukan pembatasan pada mereka? Tidak ada yang salah dengan itu,” katanya

Putin menambahkan bahwa negara-negara yang memutuskan hubungan dengan Moskwa tidak mengisolasi Rusia, tetapi diri mereka sendiri.

Pada hari Selasa, Putin juga mengatakan dia akan memerintahkan Kementerian Luar Negeri untuk menilai kemungkinan pembentukan rezim bebas visa untuk turis asing, bahkan jika langkah seperti itu tidak dibalas.

Komentar presiden Rusia itu muncul setelah UE pada Selasa menyetujui proposal untuk menangguhkan perjanjian dengan Moskow yang memungkinkan warga Rusia mengajukan permohonan visa di bawah prosedur yang disederhanakan. Langkah ini berarti bahwa Rusia harus membayar biaya yang lebih besar dan menanggung waktu pemrosesan yang lebih lama untuk melakukan perjalanan ke UE.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Direktur Utama Jakpro Widi Amanasto Dicopot

Pemprov DKI Jakarta selaku pemegang saham utama PT Jakpro memutuskan merombak direksi Jakpro. Dirut Jakpro, Widi Amanasto dicopot dari jabatannya. 

NEWS | 28 November 2022

Rotasi Matra Jadi Pertimbangan Jokowi Pilih Kasal Yudo Margono

Mensesneg Pratikno mengungkapkan salah satu alasan Presiden Jokowi mengusulkan Kasal Laksamana Yudo Margono sebagai calon panglima TNI karena rotasi matra.

NEWS | 28 November 2022

Diguyur Hujan Deras, 4 Ruas Jalan di Jakarta Tergenang

BPBD DKI Jakarta menyatakan empat ruas jalan di Jakarta tergenang akibat hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang melanda pada Senin (28/11/2022).

NEWS | 28 November 2022

Update: Pengungsi Korban Gempa Cianjur Capai 100.300 Orang

Bupati Cianjur, Herman Suherman mengatakan total pengungsi akibat gempa Cianjur, Jawa Barat per Senin 28 November 2022 sebanyak 100.300 orang. 

NEWS | 28 November 2022

RSUD Sayang: Korban Gempa Cianjur Terserang ISPA di Pengungsian

Wakil Direktur RSUD Sayang, Neneng Efa Fatimah korban gempa Cianjur terserang infeksi saluran pernafasan akut (ISPA) di posko pengungsian. 

NEWS | 28 November 2022

Update Korban Gempa Cianjur: 323 Meninggal Dunia dan 9 Orang Hilang

BNPB mencatat 323 korban meninggal dunia akibat gempa Cianjur, per Senin 28 November 2022. Sementara itu sebanyak 9 orang masih dinyatakan hilang.

NEWS | 28 November 2022

Cegah Politik Uang, Bawaslu Kerja Sama dengan Gopay dan OVO

Bawaslu akan lakukan kerja sama dengan platform digital seperti Gopay dan OVO untuk mencegah terjadinya politik uang.

NEWS | 28 November 2022

Calon Panglima TNI Yudo Margono Punya Harta Rp 17,9 Miliar

Kasal Laksamana Yudo Margono yang diusulkan oleh Presiden Jokowi sebagai calon Panglima TNI memiliki harta Rp 17,9 miliar.  

NEWS | 28 November 2022

DPR Bakal Gali 5 Hal Ini kepada Yudo Margono Saat Fit and Proper Test

DPR akan menggali lima hal utama kepada Kasal Laksamana Yudo Margono saat fit and proper test calon Panglima TNI nanti. 

NEWS | 28 November 2022

Puan Ungkap Alasan Kasal Yudo Margono Dipilih Jadi Calon Panglima TNI

Ketua DPR, Puan Maharani mengungkapkan alasan Kasal Laksamana Yudo Margono menjadi calon panglima TNI menggantikan Jenderal Andika Perkasa. 

NEWS | 28 November 2022


TAG POPULER

# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


# Vaksinasi Booster


# Pushbike


# Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Direktur Utama Jakpro Widi Amanasto Dicopot

Direktur Utama Jakpro Widi Amanasto Dicopot

NEWS | kurang dari 1 detik yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE