Logo BeritaSatu

Dorong Hemat Energi, Macron Targetkan Penurunan 10% Konsumsi

Jumat, 9 September 2022 | 10:01 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Paris, Beritasatu.com- Presiden Prancis Emmanuel Macron menyerukan pengurangan 10% dalam penggunaan energi selama beberapa minggu dan bulan mendatang. Seperti dilaporkan AP, Selasa (6/9/2022), seruan itu dilontarkan Macron untuk menghindari risiko penjatahan dan pemotongan musim dingin ini.

Macron telah memperingatkan penghematan energi paksa mungkin harus dipertimbangkan dalam beberapa bulan mendatang jika upaya sukarela tidak cukup. Dia mengatakan rencana penjatahan energi sedang disiapkan “jika” dibutuhkan, dan “pemotongan akan terjadi sebagai upaya terakhir.”

Advertisement

“Energi terbaik adalah yang tidak kita konsumsi,” kata pemimpin Prancis itu pada konferensi pers, di mana ia mendesak bisnis dan rumah tangga Prancis untuk menghemat energi, termasuk dengan mematikan pemanas dan pendingin udara.

Prancis termasuk di antara banyak negara Eropa yang memperketat ikat pinggang karena biaya energi melonjak. Pipa utama Rusia yang membawa gas alam ke Jerman tetap ditutup. Presiden Komisi Eropa mengatakan pasar listrik UE “tidak lagi beroperasi” di tengah efek lanjutan dari invasi Rusia yang memicu perang Ukraina.

Macron tidak menjelaskan bagaimana tujuan penghematan energi 10% akan diawasi atau diukur. Banyak rumah tangga Prancis sudah mengekang penggunaan gas dan listrik karena kenaikan harga. Namun tidak semua orang akan mengindahkan seruan Macron. Perdana menteri Prancis pekan lalu mengangkat momok pemadaman rumah tangga selama dua jam di musim dingin jika solusi energi tidak ditemukan.

Berbicara setelah konferensi video Senin dengan Kanselir Jerman Olaf Scholz, Macron mengumumkan rencana penigkatan pasokan gas ke Jerman dari Prancis untuk menebus penurunan pasokan gas Rusia dari timur.

Sebagai ganti, Macron mengatakan Jerman akan terus memasok listrik ke Prancis untuk mengkompensasi kekurangan yang disebabkan oleh pemeliharaan berlangsung di banyak reaktor nuklir Prancis.

Para pemimpin berbicara sebelum pertemuan darurat menteri energi Uni Eropa Jumat tentang bagaimana benua dapat berkoordinasi untuk tetap hangat musim dingin ini jika Rusia memutus pasokan gas.

Macron mengatakan Prancis dan Jerman mendukung gagasan untuk mewajibkan perusahaan energi yang menghasilkan keuntungan besar dari lonjakan harga gas dan minyak baru-baru ini untuk memberikan "kontribusi" kepada kas publik.

Aktivis Prancis dan politisi oposisi telah menyerukan dalam beberapa hari terakhir untuk pajak atas perusahaan minyak dan gas yang menghasilkan "keuntungan super" di tengah krisis energi Eropa.

Macron menghindari penggunaan kata pajak, alih-alih mengatakan dia dan Scholz mendukung “mekanisme kontribusi Eropa yang dicari dari perusahaan energi yang biaya produksinya jauh lebih rendah daripada harga jual pasar.”

Macron juga mendukung pembatasan harga gas Rusia, yang juga didorong oleh para pemimpin Uni Eropa.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Status Literasi Digital Masyarakat Indonesia Meningkat di Tahun 2022

Skor tersebut menunjukkan bahwa Literasi Digital masyarakat Indonesia berada pada kategori “sedang”.

NEWS | 1 Februari 2023

Reshuffle Rabu Pon? Jokowi Tertawa Lebar

Ditemani Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dan Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Jokowi menjawab soal reshuffle sambil tertawa lebar.

NEWS | 1 Februari 2023

Cekcok dengan Istri, Seorang Ayah di Temanggung Tega Cabuli Anaknya

Polres Temanggung, Jawa Tengah mengamankan seorang ayah pelaku pencabulan. Korban adalah anak kandung pelaku dan masih di bawah umur.

NEWS | 1 Februari 2023

Sumbar Uji Coba Pembatasan BBM Subsidi dengan QR Code

Provinsi Sumatera Barat mulai menerapkan program pembelian BBM subsidi tepat untuk bahan bakar solar bersubsidi dan Pertalite. P

NEWS | 1 Februari 2023

Permukiman dan Pertanian di Embaloh Hulu Terendam Banjir Hingga 1,5 M

Permukiman penduduk dan lahan pertanian di beberapa bagian wilayah Kecamatan Embaloh Hulu, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, terendam banjir.

NEWS | 1 Februari 2023

Indeks Persepsi Korupsi Menurun, KPK Sebut Butuh Terobosan

Indonesia memperoleh skor indeks persepsi korupsi (IPK) 34 per 100 untuk tahun 2022.

NEWS | 1 Februari 2023

7 TKW Jadi Target Pembunuhan Wowon Selanjutnya

Tersangka pembunuhan berantai atau serial killer Wowon Erawan alias Aki menargetkan 7 TKW sebagai korban berikutnya yang akan dibunuh.

NEWS | 1 Februari 2023

Korban Bom di Masjid Pakistan Naik Jadi 100 Orang Tewas

Jumlah korban tewas akibat bom di masjid di Peshawar, barat laut Pakistan, naik menjadi sedikitnya 100.

NEWS | 1 Februari 2023

Sri Sultan HB X Akan Sambut Kedatangan Utusan Paus Fransiskus

Gubernur DI Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono X akan menyambut hangat kunjungan utusan Paus Fransiskus, Kardinal Miguel Angel Ayuso Guixot MCCJ.

NEWS | 1 Februari 2023

Mahfud MD Percaya Hakim Berikan Vonis yang Adil dalam Kasus Ferdy Sambo

Mahfud MD percaya hakim dalam sidang vonis Ferdy Sambo akan berlaku adil dalam menjatuhkan hukuman.

NEWS | 1 Februari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Tukang Becak Bobol BCA


# Biaya Haji 2023


# Pembunuhan di Depok


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Reshuffle Rabu Pon? Jokowi Tertawa Lebar

Reshuffle Rabu Pon? Jokowi Tertawa Lebar

NEWS | 4 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE