Logo BeritaSatu

India dan Jepang Akan Gelar Banyak Latihan Militer

Jumat, 9 September 2022 | 14:08 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Tokyo, Beritasatu.com- India dan Jepang merencanakan lebih banyak latihan militer untuk memperkuat hubungan bilateral. Seperti dilaporkan Reuters, Kamis (8/9/2022), kedua negara, bersama dengan Australia dan Amerika Serikat adalah anggota kelompok negara Quad.

India dan Jepang menyatakan pada Kamis bahwa kedua negara akan memperdalam kerja sama pertahanan. New Delhi mengundang investasi oleh industri Jepang dan kedua negara merencanakan latihan militer bersama yang melibatkan pejuang angkatan udara mereka.

Menteri Pertahanan India Rajnath Singh mengadakan pembicaraan di Tokyo dengan Menteri Pertahanan Jepang Yasukazu Hamada, dan keduanya akan bergabung dengan menteri luar negeri masing-masing di kemudian hari untuk pembicaraan “dua-tambah-dua”.

“Dia mengundang industri Jepang untuk berinvestasi di koridor pertahanan India,” kata kementerian pertahanan India merujuk pada Singh.

“Kedua menteri sepakat bahwa pelaksanaan awal latihan tempur perdana akan membuka jalan bagi kerja sama dan interoperabilitas yang jauh lebih besar antara angkatan udara kedua negara,” tambahnya.

India, seperti Jepang, memperkuat militernya untuk mengatasi apa yang dilihatnya sebagai peningkatan ancaman keamanan, termasuk dari negara tetangga Tiongkok.

Di Jepang, Perdana Menteri Fumio Kishida telah menjanjikan peningkatan belanja pertahanan yang “substansial”. Partai Demokrat Liberalnya yang berkuasa ingin menggandakan anggaran militer Jepang menjadi 2 persen dari produk domestik bruto selama lima tahun ke depan di tengah kekhawatiran invasi Rusia ke Ukraina dapat mendorong Tiongkok untuk bertindak melawan negara tetangga Taiwan.

Delhi, yang pekan lalu menugaskan kapal induk buatan dalam negerinya yang pertama, memperluas hubungan keamanannya dengan Tokyo karena kedua negara Asia itu semakin waspada terhadap kekuatan militer Tiongkok yang tumbuh di kawasan itu.

Kedua negara, bersama dengan Australia dan Amerika Serikat adalah anggota kelompok negara Quad dan mengadakan latihan angkatan laut tahunan di seluruh Indo-Pasifik untuk menunjukkan inter-operabilitas.

Pertemuan para pemimpin terakhir pada bulan Mei di Jepang didominasi oleh diskusi tentang Taiwan setelah Presiden AS Joe Biden membuat marah Tiongkok sehari sebelumnya setelah mengatakan akan bersedia menggunakan kekuatan untuk mempertahankan pulau demokrasi itu. Saat mereka bertemu, pesawat tempur Rusia dan Tiongkok melakukan patroli bersama di wilayah tersebut.

Kishida dan Perdana Menteri India Narendra Modi dalam pertemuan bilateral terpisah sepakat untuk bekerja sama secara erat untuk mempromosikan “Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka.”



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Ganjar Ingatkan Suara Anak Muda Tentukan Masa Depan Indonesia

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengajak anak muda, terutama pemilih pemula untuk tidak apatis di Pemilu 2024.

NEWS | 26 November 2022

Ganjar Pranowo: Anak Muda Jangan Golput saat Pemilu

Menurut Ganjar Pranowo, suara anak muda di pemilu sangat menentukan masa depan bangsa yang lebih baik.

NEWS | 26 November 2022

Ratusan Warga di Kota Kupang Rebutan Minyak Tanah

Kelangkaan minyak tanah sebabkan ratusan warga rebutan antrean di halaman Polsek Kelapa Lima, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), Sabtu (26/11/2022).

NEWS | 26 November 2022

Jokowi soal Pemimpin Berambut Putih, Pengamat Politik: Ganjar Pranowo

Jokowi mengatakan, ciri-ciri pemimpin yang memikirkan rakyat adalah rambutnya putih. Pengamat politik menilai, ciri-ciri itu adalah Ganjar Pranowo.

NEWS | 26 November 2022

Kasus Gagal Ginjal Akut, Polri Terbitkan DPO Bos CV Samudra Chemical

Polri terus mencari keberadaan bos CV Samudra Chemical yang telah ditetapkan sebagai tersangka kasus gangguan ginjal akut. Sang bos masuk DPO.

NEWS | 26 November 2022

Ganjar Pranowo Bicara Karakter Pemimpin yang Dibutuhkan Indonesia

Ganjar Pranowo menilai untuk menjadi pemimpin di Indonesia, karakter paling penting adalah bisa mengayomi dan selalu mendengarkan aspirasi rakyat.

NEWS | 26 November 2022

Sebut Pemimpin Berambut Putih, Sinyal Kuat Jokowi Dukung Ganjar

Dengan menyembut pemimpin berambut putih di acara Nusantara Bersatu, Presiden Jokowi memberikan sinyal kuat mendukung Ganjar Pranowo di Pilpres 2024. 

NEWS | 26 November 2022

Mendag: Sail Tidore 2022 Dorong Perekonomian di Maluku Utara

Mendag Zulkifli Hasan menyampaikan, Sail Tidore 2022 merupakan salah satu upaya untuk menjaga perekonomian di kawasan Indonesia Timur.

NEWS | 26 November 2022

Soal Kasus Tambang Ilegal, Kapolri: Kami Mulai dari Ismail Bolong

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan kasus tambang ilegal di Kalimantan Timur (Kaltim) mulai didalami dengan memeriksa Ismail Bolong. 

NEWS | 26 November 2022

Kasus Tambang Ilegal, Polisi Masih Cari Ismail Bolong

Penyidik Dittipidter Bareskrim Polri masih terus mencari keberadaan mantan polisi, Ismail Bolong terkait kasus dugaan suap tambang ilegal di Kaltim. 

NEWS | 26 November 2022


TAG POPULER

# Kasus Tambang Ilegal


# Henry Yosodiningrat


# Net89


# Tiket KCJB


# PLN


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Jokowi Minta Bantuan dari Relawan Segera Dikim ke Cianjur

Jokowi Minta Bantuan dari Relawan Segera Dikim ke Cianjur

NEWS | 3 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE