Logo BeritaSatu

Presiden AS Joe Biden Akan Hadiri Pemakaman Ratu Elizabeth

Sabtu, 10 September 2022 | 08:32 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Washington, Beritasatu.com- Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden akan menghadiri pemakaman Ratu Elizabeth II. Seperti dilaporkan Newsweeks, Jumat (9/9/2022), Gedung Putih mengonfirmasi kehadiran Biden itu menjadikannya sebagai pelayat paling terkenal yang berencana untuk hadir.

Ratu berusia 96 tahun meninggal di rumahnya di Balmoral, Skotlandia pada hari Kamis dan anggota keluarga dekat bergegas untuk bersamanya, termasuk cucunya Pangeran William, Duke of Cambridge.

Advertisement

Putra mendiang ratu, sekarang Raja Charles III, telah menyatakan masa berkabung kerajaan yang akan berlangsung hingga tujuh hari setelah pemakaman ibunya. Rincian pemakaman diharapkan akan diumumkan segera.

Biden dan istrinya, Ibu Negara Jill Biden, menyampaikan belasungkawa mereka atas meninggalnya ratu dalam pernyataan panjang yang dikeluarkan pada hari Kamis.

"Ratu Elizabeth II adalah seorang negarawan dengan martabat dan keteguhan yang tak tertandingi yang memperdalam Aliansi dasar antara Inggris dan Amerika Serikat. Dia membantu membuat hubungan kami istimewa," kata Biden.

"Kami menyampaikan belasungkawa terdalam kami kepada Keluarga Kerajaan, yang tidak hanya berduka atas Ratu mereka, tetapi juga ibu, nenek, dan nenek buyut mereka. Warisannya akan membayangi halaman sejarah Inggris, dan dalam kisah dunia kita," lanjut pernyataan itu.

Biden bukan satu-satunya tokoh utama yang diperkirakan akan menghadiri pemakaman. Kepala negara dan pemerintahan asing, termasuk raja, presiden, dan perdana menteri Eropa lainnya, hampir pasti akan bergabung dengan pelayat di Inggris.

Presiden AS juga mengeluarkan perintah pada hari Kamis (8/9) bahwa bendera di Gedung Putih dan gedung pemerintah federal lainnya harus mengibarkan setengah tiang sampai pemakaman Elizabeth II.

Keluarga Bidens bertemu Elizabeth II di Kastil Windsor pada Juni 2021 hanya beberapa bulan setelah dia menjadi presiden. Itu adalah perjalanan luar negeri pertamanya sebagai panglima tertinggi.

Istana Buckingham mengeluarkan pernyataan pada Jumat pagi tentang prosedur berkabung kerajaan dan menjelaskan apa yang dapat diharapkan publik dalam beberapa hari mendatang.

"Menyusul kematian Yang Mulia Ratu, Yang Mulia Raja menginginkan masa berkabung kerajaan diperhatikan mulai sekarang hingga tujuh hari setelah pemakaman Ratu. Tanggal pemakaman akan dikonfirmasi pada waktunya," demikian bunyyi pernyataan tersebut.

Raja baru melakukan perjalanan dari Balmoral ke London pada hari Jumat di mana ia akan bertemu dengan Perdana Menteri Liz Truss yang baru diangkat. Pada Sabtu pagi, Charles III akan secara resmi diproklamasikan sebagai raja setelah dewan aksesi tradisional.

"Proklamasi akan dibacakan oleh Garter King of Arms, didampingi oleh Earl Marshal, Officers of Arms dan Serjeants at Arms lainnya. Ini adalah pembacaan Proklamasi yang pertama di depan umum," kata Istana Buckingham dalam sebuah pernyataan.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Pemkot Jakpus Bangun 4 Embung Cegah Banjir di Cempaka Putih

Pemkot Jakpus membangun embung di Kecamatan Cempaka Putih untuk menampung air hujan. Selain itu, untuk mencegah potensi banjir.

NEWS | 31 Januari 2023

Covid-19 Subvarian Kraken, Pemerintah: Disiplin Prokes Diperlukan

Kemunculan Covid-19 subvarian Omicron XBB 1.5 atau Kraken mengingatkan masih perlunya memperkuat disiplin penerapan protokol kesehatan.

NEWS | 31 Januari 2023

Polda Metro Respons Pengakuan Wanita dalam Audi yang Tabrak Mahasiswi di Cianjur

Polda Metro Jaya merespons pengakuan penumpang wanita di sedan Audi A6 yang menabrak mahasiswi Selvi Amalia Nuraeni di Cianjur, hingga tewas.

NEWS | 30 Januari 2023

Politeknik Tridaya Virtu Morosi Selenggarakan Studi Vokasi Industri

Politeknik Tridaya Virtu Morosi menyelenggarakan program studi vokasi industri dan bertekad mencetak serta membentuk SDM unggul dan berkompeten.

NEWS | 31 Januari 2023

Siap-siap, Rekrutmen Calon ASN 2023 Bakal Segera Dibuka

Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas rekrutmen Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) tahun 2023 bakal segera dibuka.

NEWS | 31 Januari 2023

BPJS Kesehatan Diprediksi Kembali Defisit tahun 2024

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS Kesehatan) memprediksi aset bersih dana jaminan sosial atau DJS kembali defisit pada tahun 2024.

NEWS | 30 Januari 2023

Polri Kirim 15 Personel Jadi Penyidik di KPK Selama 4 Tahun

Polri mengirimkan 15 personel untuk diperbantukan menjadi penyidik di KPK. Mereka akan bertugas selama empat tahun ke depan.

NEWS | 30 Januari 2023

Habiburokhman: Tak Elok Giring Kaesang ke Gerindra

Habiburokhman mengungkapkan tidak elok rasanya menggiring putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep masuk ke Gerindra.

NEWS | 30 Januari 2023

Soal Reshuffle Kabinet, Waketum PPP Sebut Dengar Kabar

Terkait perombakan atau reshuffle Kabinet Indonesia Maju yang akan dilakukan Presiden Joko Widodo, PPP menyatakan belum memperoleh informasi.

NEWS | 31 Januari 2023

KUHP Baru Jadi Cermin Indonesia dalam Wajah Hukum Pidana

KUHP baru secara filosofis memiliki perbedaan dengan KUHP lama karena memiliki nilai dan kepribadian Indonesia sebagai bangsa merdeka.

NEWS | 30 Januari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Tukang Becak Bobol BCA


# Biaya Haji 2023


# Pembunuhan di Depok


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kemenaker Harap Anak Muda Berkontribusi dalam Pembangunan Ekonomi

Kemenaker Harap Anak Muda Berkontribusi dalam Pembangunan Ekonomi

EKONOMI | 1 jam yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE