Logo BeritaSatu

Volker Turk Ditunjuk Jadi Komisaris Tinggi PBB untuk HAM

Sabtu, 10 September 2022 | 10:31 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

New York, Beritasatu.com- Volker Turk dari Austria menjabat sebagai Komisaris Tinggi PBB untuk Hak Asasi Manusia (HAM), setelah mendapat persetujuan Majelis Umum PBB. Seperti dilaporkan Xinhua, Jumat (9/9/2022), penunjukan itu disampaikan Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres.

Saat ini, Turk adalah wakil sekretaris jenderal untuk kebijakan di Kantor Eksekutif Sekretaris Jenderal, tempatnya mengoordinasikan pekerjaan kebijakan global. Ia sebelumnya menjabat sebagai asisten sekretaris jenderal untuk koordinasi strategis di Kantor Eksekutif Sekretaris Jenderal dari 2019 hingga 2021.

Advertisement

Turk meraih gelar doktor dalam hukum internasional dari Universitas Wina dan gelar master hukum dari Universitas Linz, Austria.

Menurut catatan pers dari kantor Sekjen PBB, Volker Turk akan menggantikan Michelle Bachelet dari Chile.

Pada Rabu (15/6/2022), Kantor Komisaris Tinggi PBB untuk Hak Asasi Manusia (HAM) merilis laporan yang telah lama tertunda tentang pelanggaran di Xinjiang. Sebanyak 47 negara anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengeluarkan pernyataan bersama yang mengkritik kekejaman Tiongkok terhadap muslim Uighur, dan meminta PBB untuk segera merilis laporan yang telah lama tertunda tentang pelanggaran di Xinjiang.

Perwakilan tetap Belanda untuk kantor PBB di Jenewa, Paul Bekkers menyampaikan pernyataan yang disepakati oleh 47 negara lainnya di PBB, dimana negara-negara anggota lainnya sangat prihatin terhadap HAM di Daerah Otonomi Uighur Xinjiang (XUAR).

Bekkers mengutip laporan yang diteliti dengan baik dan kredibel tentang penahanan lebih dari 1,8 juta orang muslim Uighur dan minoritas Turki lainnya di wilayah tersebut, bersama dengan pengawasan yang meluas, diskriminasi dan pembatasan ketat pada budaya serta kebebasan beragama, yang dihadapi kelompok-kelompok muslim di sana.

“Kami juga prihatin dengan laporan penyiksaan dan perlakuan atau hukuman lain yang kejam, tidak manusiawi atau merendahkan martabat, sterilisasi paksa, kekerasan seksual dan berbasis gender, kerja paksa, dan pemisahan paksa anak-anak dari orang tua mereka oleh pihak berwenang,” kata Bekkers, seperti dilansir dari Radio Free Asia (RFA).



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Gubernur NTT Viktor Laiskodat Gandeng Lembaga Gereja Atasi Stunting

Gubernur Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) Viktor Laiskodat menggandeng lembaga gereja dalam upaya pencegahan stunting di wilayah NTT.

NEWS | 4 Februari 2023

Dewan Pers Tak Masalah Pemilik Media Terjun ke Politik

Dewan Pers tidak masalah pemilik media massa terjun ke dunia politik karena hak tiap orang, termasuk pemilik media. 

NEWS | 4 Februari 2023

Kemenkominfo Soroti Nenek Mandi Lumpur Malah Diundang ke TV

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menyoroti soal pembuat konten nenek mandi lumpur yang justru diundang TV.

NEWS | 4 Februari 2023

Kasus Polisi Peras Polisi, Polda Metro Sebut Bripka Madih 2 Kali Dilaporkan ke Propam

Polda Metro Jaya menyebut Bripka Madih yang mengaku diperas polisi terkait penyerobotan lahan sudah dua kali dilaporkan ke Propam atas dugaan KDRT. 

NEWS | 4 Februari 2023

Jokowi Bakal Kirim Jenderal Jadi Utusan Khusus ke Myanmar, Kemlu Enggan Beri Bocoran

Kementerian Luar Negeri RI menyebut pihaknya belum dapat memastikan nama jenderal tinggi yang akan diutus untuk berdialog dengan Junta Myanmar.

NEWS | 4 Februari 2023

Dikenal Sejak PD II, Ini Keuntungan Penggunaan Balon Mata-mata

Pejabat Amerika Serikat mengatakan pada Kamis (2/2/2023) bahwa balon mata-mata Tiongkok telah terbang di atas AS selama beberapa hari.

NEWS | 4 Februari 2023

Ayah Bejat Pelaku Pencabulan Anak Kandung Dibekuk Polisi

Sungguh keji dan biadab prilaku seorang ayah di Kabupaten Tulang Bawang, Lampung ini, mengaku khilaf dan tidak kuat menahan hawa nafsu, Ia tega mencabuli putri kandungnya sendiri yang masih berusia 6 tahun.

NEWS | 4 Februari 2023

Orang Tak Dikenal Bakar Rumah, Mobil, dan Motor di Kendari

Satu unit rumah dan 2 kendaraan mobil serta motor diduga dibakar orang tak dikenal (OTK) di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra)

NEWS | 4 Februari 2023

Diduga Cabuli Siswa SD, Rumah Pensiunan ASN di Parepare Dilempari Batu

Seorang pensiunan ASN dipukuli massa dan rumahnya dilempari batu lantaran diduga menjadi pelaku pencabulan siswa SD di Parepare Sulawesi Selatan (Sulsel).

NEWS | 4 Februari 2023

Dewan Pers Sebut 97 Persen Pelanggaran Dipicu Kualitas Jurnalisme yang Kurang Baik

Dewan Pers menyebutkan 97 persen pelanggaran pers sepanjang 2022 dilakukan oleh media-media online. 

NEWS | 4 Februari 2023


TAG POPULER

# Transmart


# Perayaan dan Sejarah Cap Go Meh


# Mutasi Perwira


# Kawasan Halal di Jakarta


# Eliezer


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Bupati Lumajang Temukan Kejanggalan Distribusi Pupuk Subsidi

Bupati Lumajang Temukan Kejanggalan Distribusi Pupuk Subsidi

NEWS | 5 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE