Logo BeritaSatu

Digelar Pekan Depan, Ini Agenda KTT SCO Samarkand

Sabtu, 10 September 2022 | 13:01 WIB
Oleh : JNS

Jakarta, Beritasatu.com - Pada September 15-16 2022 mendatang, Organisasi Kerja Sama Shanghai (Shanghai Cooperation Organisation atau SCO) akan menggelar konferensi tingkat tinggi (KTT) di Samarkand, Uzbekistan.

Ini menjadi pertemuan tatap muka pertama antara pemimpin negara anggota SCO dalam tiga tahun.

Advertisement

Dilansir dari keterangan tertulis yang diterima dari Kedutaan Uzbekistan di Indonesia, KTT ini menjadi kesempatan untuk membahas isu bilateral, kawasan, maupun global yang telah terjadi selama pandemi Covid-19. Nantinya, sebanyak 15 kepala negara dan 10 kepala organisasi internasional yang bekerja sama dengan SCO akan menghadiri pertemuan ini.

“Uzbekistan mengajak negara-negara SCO untuk memikirkan kembali nilai dari kerja sama multilateral di tengah pergolakan geopolitik dan ekonomi dunia,” ungkap Kedutaan Uzbekistan dalam keterangan tertulis yang diterima, Jumat (9/9/2022).

“Di KTT SCO Samarkand, Presiden Shavkat Mirziyoyev akan membawa sejumlah gebrakan inisiatif dan proposal yang didesain sebagai pembaharuan besar agenda dan modernisasi kegiatan organisasi ini,” tulis keterangan tertulis Kedutaan Uzbekistan.
KTT SCO juga diharapkan dapat menghasilkan sejumlah perjanjian dan keputusan untuk menentukan arah ke depan SCO. Diketahui, sebanyak 30 dokumen sudah disiapkan dan ditujukan untuk memperkuat interaksi SCO dan kerja sama.

Diperkirakan akan ada penandatanganan memorandum of obligation oleh Iran yang akan membuka kesempatan bagi negara tersebut untuk menjadi anggota SCO.

Mesir, Qatar, dan Saudi Arabia akan menandatangani memorandum yang akan memberikan ketiga negara ini status mitra dialog. Juga akan ada persetujuan status mitra untuk Bahrain dan Maladewa.

Di KTT SCO, Uzbekistan disebut akan mendorong SCO untuk mengusung prioritas seperti kerja sama perdagangan, industri, dan teknologi. Serta memperkuat interkonektivitas transportasi dan ekonomi, inovasi, transformasi digital, dan ekonomi hijau.

KTT juga akan menghasilkan Deklarasi Samarkand. Dokumen ini disebut mencerminkan pendekatan negara SCO untuk mengatasi masalah di kawasan maupun dunia dengan mengidentifikasi prioritas organisasi kedepannya.

Uzbekistan dan SCO
Kepemimpinan Uzbekistan di SCO mencerminkan kebijakan luar negeri Presiden Shavkat Mirziyoyev. Pragmatisme, dinamisme, dan inisiatif sudah menjadi ciri khas dari diplomasi Uzbekistan dalam beberapa tahun terakhir.

Kebijakan luar negeri Shavkat Mirziyoyev yang independen dan komprehensif telah memungkinkan untuk menyeimbangkan kepentingan negara-negara "besar", "menengah" dan "kecil" di ruang SCO. Para pengamat menilai bahwa karena ini, Tashkent dipercayai oleh semua negara SCO. Sehingga memungkinkan Tashkent untuk mempromosikan inisiatif penting di tingkat regional dan global lewat SCO.

SCO dan Asia Tengah

Sementara itu, negara-negara Asia Tengah dipercayai sebagai core atau inti dari SCO. Diketahui, organisasi ini dibangun untuk membangun format baru kerja sama di kawasan ini. Dan tidak dapat dipungkiri kontribusi konstruktif SCO kepada stabilitas, keamanan, serta pembangunan kerja sama multilateral di Asia Tengah. Para pengamat mendorong agar Asia Tengah tetap menjadi core dari SCO, mengingat kawasan ini merupakan nodal region dari SCO yang terus berkembang.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Kemenkes Sebut Ada 400.000 Anak di Dunia Menderita Kanker

Berdasarkan data Globocan 2020, terdapat sekitar 400.000 anak usia 0-15 tahun di dunia termasuk dari Indonesia yang menderita kanker.

NEWS | 2 Februari 2023

Gusuran IKN Nusantara Minta Ganti Rugi Rp 1 Juta, Ini Kata Pemkab PPU

Masyarakat menuntut agar nilai ganti rugi lahan yang terdampak IKN minimal adalah Rp 1 juta per meter.

NEWS | 2 Februari 2023

Kemenkes: Kanker Masih Sebabkan Kematian Tertinggi di Dunia

Kemenkes mengatakan bahwa kanker masih menjadi penyebab kematian tertinggi di dunia. Tercatat, ada 10 juta kematian akibat kanker pada tahun 2020.

NEWS | 2 Februari 2023

Turunkan Stunting, Ganjar Libatkan Ahli Gizi dan Kader Kesehatan di Puskesmas

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo memaksimal upaya penurunan stunting dengan melibatkan ahli gizi dan kader kesehatan hingga ke tingkat puskesmas.

NEWS | 2 Februari 2023

Kasus Brigadir J, Eks Jubir KPK Tuding Jaksa Sudutkan Kaum Perempuan

Pengacara Putri Candrawathi, Febri Diansyah menuding JPU menyudutkan kaum perempuan. Hal itu tak lepas dari tudingan jaksa soal Putri mengenakan baju seksi.

NEWS | 2 Februari 2023

Sempat Terpapar Covid-19 Varian Kraken, Warga Tangsel Kini Sudah Sehat

Pasien tersebut diketahui terpapar Covid 19 subvarian kraken usai pulang dari perjalanan luar negeri bersama ketiga anaknya pada 15 Januari 2023 lalu.

NEWS | 2 Februari 2023

Jaksa Sebut Khadijah hingga Bunda Maria, Pengacara Putri Candrawathi: Kamuflase

Pihak pengacara Putri Candrawathi menilai replik jaksa yang menyebut sosok Khadijah hingga Bunda Maria hanyalah sebuah kamuflase.

NEWS | 2 Februari 2023

Soal Replik Jaksa, Pengacara Putri Candrawathi: Menyedihkan dan Sia-sia

Pengacara Putri Candrawathi, Arman Hanis memandang replik jaksa seperti tengah tersesat dalam rimba fakta serta argumentasi.

NEWS | 2 Februari 2023

Putri Candrawathi Akan Divonis Hakim pada 13 Februari

Majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel) akan menjatuhkan vonis terhadap Putri Candrawathi pada Senin (13/2/2023).

NEWS | 2 Februari 2023

Bareskrim Polri Usut Dugaan Pencucian Uang dalam Kasus KSP Indosurya

Bareskrim Polri mengusut dugaan pencucian uang dalam kasus penipuan investasi dana nasabah koperasi simpan pinjam (KSP) Indosurya.

NEWS | 2 Februari 2023


TAG POPULER

# Harga Bawang


# Koalisi Indonesia Bersatu


# Bunda Corla


# Serial Killer


# Penculikan Anak


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Nikah di KUA Jadi Trending, Ini Lho Cara dan Biayanya

Nikah di KUA Jadi Trending, Ini Lho Cara dan Biayanya

LIFESTYLE | 4 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE