Logo BeritaSatu

Digelar Pekan Depan, Ini Agenda KTT SCO Samarkand

Sabtu, 10 September 2022 | 13:01 WIB
Oleh : JNS

Jakarta, Beritasatu.com - Pada September 15-16 2022 mendatang, Organisasi Kerja Sama Shanghai (Shanghai Cooperation Organisation atau SCO) akan menggelar konferensi tingkat tinggi (KTT) di Samarkand, Uzbekistan.

Ini menjadi pertemuan tatap muka pertama antara pemimpin negara anggota SCO dalam tiga tahun.

Advertisement

Dilansir dari keterangan tertulis yang diterima dari Kedutaan Uzbekistan di Indonesia, KTT ini menjadi kesempatan untuk membahas isu bilateral, kawasan, maupun global yang telah terjadi selama pandemi Covid-19. Nantinya, sebanyak 15 kepala negara dan 10 kepala organisasi internasional yang bekerja sama dengan SCO akan menghadiri pertemuan ini.

“Uzbekistan mengajak negara-negara SCO untuk memikirkan kembali nilai dari kerja sama multilateral di tengah pergolakan geopolitik dan ekonomi dunia,” ungkap Kedutaan Uzbekistan dalam keterangan tertulis yang diterima, Jumat (9/9/2022).

“Di KTT SCO Samarkand, Presiden Shavkat Mirziyoyev akan membawa sejumlah gebrakan inisiatif dan proposal yang didesain sebagai pembaharuan besar agenda dan modernisasi kegiatan organisasi ini,” tulis keterangan tertulis Kedutaan Uzbekistan.
KTT SCO juga diharapkan dapat menghasilkan sejumlah perjanjian dan keputusan untuk menentukan arah ke depan SCO. Diketahui, sebanyak 30 dokumen sudah disiapkan dan ditujukan untuk memperkuat interaksi SCO dan kerja sama.

Diperkirakan akan ada penandatanganan memorandum of obligation oleh Iran yang akan membuka kesempatan bagi negara tersebut untuk menjadi anggota SCO.

Mesir, Qatar, dan Saudi Arabia akan menandatangani memorandum yang akan memberikan ketiga negara ini status mitra dialog. Juga akan ada persetujuan status mitra untuk Bahrain dan Maladewa.

Di KTT SCO, Uzbekistan disebut akan mendorong SCO untuk mengusung prioritas seperti kerja sama perdagangan, industri, dan teknologi. Serta memperkuat interkonektivitas transportasi dan ekonomi, inovasi, transformasi digital, dan ekonomi hijau.

KTT juga akan menghasilkan Deklarasi Samarkand. Dokumen ini disebut mencerminkan pendekatan negara SCO untuk mengatasi masalah di kawasan maupun dunia dengan mengidentifikasi prioritas organisasi kedepannya.

Uzbekistan dan SCO
Kepemimpinan Uzbekistan di SCO mencerminkan kebijakan luar negeri Presiden Shavkat Mirziyoyev. Pragmatisme, dinamisme, dan inisiatif sudah menjadi ciri khas dari diplomasi Uzbekistan dalam beberapa tahun terakhir.

Kebijakan luar negeri Shavkat Mirziyoyev yang independen dan komprehensif telah memungkinkan untuk menyeimbangkan kepentingan negara-negara "besar", "menengah" dan "kecil" di ruang SCO. Para pengamat menilai bahwa karena ini, Tashkent dipercayai oleh semua negara SCO. Sehingga memungkinkan Tashkent untuk mempromosikan inisiatif penting di tingkat regional dan global lewat SCO.

SCO dan Asia Tengah

Sementara itu, negara-negara Asia Tengah dipercayai sebagai core atau inti dari SCO. Diketahui, organisasi ini dibangun untuk membangun format baru kerja sama di kawasan ini. Dan tidak dapat dipungkiri kontribusi konstruktif SCO kepada stabilitas, keamanan, serta pembangunan kerja sama multilateral di Asia Tengah. Para pengamat mendorong agar Asia Tengah tetap menjadi core dari SCO, mengingat kawasan ini merupakan nodal region dari SCO yang terus berkembang.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Pesta Rakyat Cap Go Meh di Bogor Digelar hingga 2 Februari 2023

Bazar Pesta Rakyat, salah satu kegiatan dari rangkaian acara Cap Go Meh (CGM)-Bogor Street Fest (BSF) 2023 digelar sejak 26 Januari hingga 2 Februari 2023.

NEWS | 30 Januari 2023

2 Pelajar di Sukabumi Jadi Korban Pembacokan

Dua pelajar di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat menjadi korban pembacokan di dua lokasi berbeda, yakni Kecamatan Cicurug dan Palabuhanratu.

NEWS | 30 Januari 2023

Soal Perayaan Imlek, Ini Kata DPP PITI

Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PITI Denny Sanusi menyatakan, Imlek bukan suatu perayaan agama tertentu.

NEWS | 30 Januari 2023

Permabudhi: Imlek Momentum Perayaan Sukacita Kebangsaan

Ketua Umum Permabudhi Philip Kuntjoro Widjaja mengatakan, Tahun Baru Imlek merupakan momentum perayaan sukacita kebangsaan.

NEWS | 30 Januari 2023

Besok, PM Malaysia Anwar Ibrahim Gelar Kunjungan Resmi ke Singapura

Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim akan menggelar kunjungan resmi ke Singapura pada Senin (30/1/2023) besok.

NEWS | 29 Januari 2023

Soal Isu Reshuffle Kabinet, PKB: Belum Pasti Terjadi

Ketua DPP PKB Daniel Johan menyebutkan bahwa reshuffle kabinet yang dikabarkan dilakukan pada Rabu Pon 1 Februari 2023, belum pasti terjadi.

NEWS | 30 Januari 2023

Reshuffle Kabinet: PPP Sebut Mardiono Sudah Dipanggil Jokowi

Ketua DPP PPP Achmad Baidowi menyatakan bahwa Plt Ketua Umum PPP Muhamad Mardiono sudah dipanggil Presiden Joko Widodo terkait isu reshuffle kabinet.

NEWS | 30 Januari 2023

Reshuffle Dipandang Tak Terlalu Berpengaruh Terhadap Konstelasi Politik

Langkah reshuffle atau perombakan kabinet tidak akan terlalu mempengaruhi konstelasi perpolitikan di Tanah Air.

NEWS | 30 Januari 2023

Pria Tukang Parkir Bantah Sekap Istri dan 5 Anak di Dalam Rumah

Seorang pria yang berprofesi sebagai tukang parkir membantah telah menyekap istri dan 5 anaknya di dalam sebuah rumah di Lampung.

NEWS | 29 Januari 2023

Heru Budi: Imlek 2023 Jadi Momentum Kebangkitan Ibu Kota

Heru Budi menyebut Tahun baru Imlek 2023 menjadi momentum bagi DKI Jakarta untuk kembali bangkit dari keterpurukan setelah diterpa badai pandemi Covid-19.

NEWS | 30 Januari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Tukang Becak Bobol BCA


# Biaya Haji 2023


# Pembunuhan di Depok


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Menang Tipis atas Roma, Napoli Kian Kukuh di Puncak Klasemen Serie A

Menang Tipis atas Roma, Napoli Kian Kukuh di Puncak Klasemen Serie A

BOLA | 37 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE