Logo BeritaSatu

Digelar Pekan Depan, Ini Agenda KTT SCO Samarkand

Sabtu, 10 September 2022 | 13:01 WIB
Oleh : JNS

Jakarta, Beritasatu.com - Pada September 15-16 2022 mendatang, Organisasi Kerja Sama Shanghai (Shanghai Cooperation Organisation atau SCO) akan menggelar konferensi tingkat tinggi (KTT) di Samarkand, Uzbekistan.

Ini menjadi pertemuan tatap muka pertama antara pemimpin negara anggota SCO dalam tiga tahun.

Advertisement

Dilansir dari keterangan tertulis yang diterima dari Kedutaan Uzbekistan di Indonesia, KTT ini menjadi kesempatan untuk membahas isu bilateral, kawasan, maupun global yang telah terjadi selama pandemi Covid-19. Nantinya, sebanyak 15 kepala negara dan 10 kepala organisasi internasional yang bekerja sama dengan SCO akan menghadiri pertemuan ini.

“Uzbekistan mengajak negara-negara SCO untuk memikirkan kembali nilai dari kerja sama multilateral di tengah pergolakan geopolitik dan ekonomi dunia,” ungkap Kedutaan Uzbekistan dalam keterangan tertulis yang diterima, Jumat (9/9/2022).

“Di KTT SCO Samarkand, Presiden Shavkat Mirziyoyev akan membawa sejumlah gebrakan inisiatif dan proposal yang didesain sebagai pembaharuan besar agenda dan modernisasi kegiatan organisasi ini,” tulis keterangan tertulis Kedutaan Uzbekistan.
KTT SCO juga diharapkan dapat menghasilkan sejumlah perjanjian dan keputusan untuk menentukan arah ke depan SCO. Diketahui, sebanyak 30 dokumen sudah disiapkan dan ditujukan untuk memperkuat interaksi SCO dan kerja sama.

Diperkirakan akan ada penandatanganan memorandum of obligation oleh Iran yang akan membuka kesempatan bagi negara tersebut untuk menjadi anggota SCO.

Mesir, Qatar, dan Saudi Arabia akan menandatangani memorandum yang akan memberikan ketiga negara ini status mitra dialog. Juga akan ada persetujuan status mitra untuk Bahrain dan Maladewa.

Di KTT SCO, Uzbekistan disebut akan mendorong SCO untuk mengusung prioritas seperti kerja sama perdagangan, industri, dan teknologi. Serta memperkuat interkonektivitas transportasi dan ekonomi, inovasi, transformasi digital, dan ekonomi hijau.

KTT juga akan menghasilkan Deklarasi Samarkand. Dokumen ini disebut mencerminkan pendekatan negara SCO untuk mengatasi masalah di kawasan maupun dunia dengan mengidentifikasi prioritas organisasi kedepannya.

Uzbekistan dan SCO
Kepemimpinan Uzbekistan di SCO mencerminkan kebijakan luar negeri Presiden Shavkat Mirziyoyev. Pragmatisme, dinamisme, dan inisiatif sudah menjadi ciri khas dari diplomasi Uzbekistan dalam beberapa tahun terakhir.

Kebijakan luar negeri Shavkat Mirziyoyev yang independen dan komprehensif telah memungkinkan untuk menyeimbangkan kepentingan negara-negara "besar", "menengah" dan "kecil" di ruang SCO. Para pengamat menilai bahwa karena ini, Tashkent dipercayai oleh semua negara SCO. Sehingga memungkinkan Tashkent untuk mempromosikan inisiatif penting di tingkat regional dan global lewat SCO.

SCO dan Asia Tengah

Sementara itu, negara-negara Asia Tengah dipercayai sebagai core atau inti dari SCO. Diketahui, organisasi ini dibangun untuk membangun format baru kerja sama di kawasan ini. Dan tidak dapat dipungkiri kontribusi konstruktif SCO kepada stabilitas, keamanan, serta pembangunan kerja sama multilateral di Asia Tengah. Para pengamat mendorong agar Asia Tengah tetap menjadi core dari SCO, mengingat kawasan ini merupakan nodal region dari SCO yang terus berkembang.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Ini Cara yang Dilakukan untuk Menghadapi Gempa Bumi

Masyarakat Indonesia wajib mengetahui cara menghadapi gempa bumi. Berikut ini adalah cara menghadapi gempa bumi. 

NEWS | 7 Februari 2023

Pilot Susi Air Kapten Philips Disandera KKB Papua?

Menajemen Susi Air masih mencari keberadaan dan nasib pilot serta penumpang Susi Air.

NEWS | 7 Februari 2023

Ini Faktor Penyebab Terjadinya Gempa Bumi

Penyebab terjadinya gempa bumi bisa berasal dari berbagai macam faktor. Berikut ini faktor penyebab terjadinya gempa bumi.  

NEWS | 7 Februari 2023

AKBP (Purn) Eko Setia Siap Hadapi Laporan Keluarga Hasya

AKBP (Purn) Eko Setia Budi Wahono siap menghadapi laporan yang dibuat keluarga almarhum mahasiswa Universitas Indonesia (UI), Hasya Attalah Syahputra.

NEWS | 7 Februari 2023

Kitchen Lab Ekstasi di Johar Baru Pasarkan Produk di Jakarta dan Sekitarnya

Polri berhasil mengungkap kitchen lab ekstasi di permukiman padat penduduk Johar Baru, Jakarta Pusat.

NEWS | 7 Februari 2023

Menginjak 100 Tahun, NU Siap Menuju Kebangkitan Baru

Nahdlatul Ulama (NU) hari ini menggelar resepsi puncak hari lahir ke-100 tahun yang diselenggarakan di Sidoarjo, Jawa Timur.

NEWS | 7 Februari 2023

Kitchen Lab Ekstasi di Johar Baru Beli Bahan Baku secara Online

Bareskrim Polri membongkar adanya kitchen lab yang memproduksi butir ekstasi di Johar Baru. Kitchen lab ini diketahui membeli bahan baku secara online.

NEWS | 7 Februari 2023

Banser Bawa Lagu ‘We Will Rock You’, Jokowi: Sekarang Sudah Senang Queen

Presiden Jokowi kagum dengan penampilan drumband Banser yang membawakan lagu 'We Will Rock You' dari grup band Queen.

NEWS | 7 Februari 2023

1 Abad NU, Jokowi: Nahdliyin Layak Berkontribusi untuk Dunia

Jokowi mengatakan, sebagai organisasi Islam terbesar di dunia yang telah berumur 1 abad, NU (Nahdlatul Ulama) layak berkontribusi kepada dunia.

NEWS | 7 Februari 2023

Kapolda Benarkan Pesawat Susi Air Dibakar oleh KKB Papua

Kapolda Papua Irjen Pol Mathius Fakhiri membenarkan pesawat Susi Air dibakar Kelompok kriminal bersenjata (KKB) Papua.

NEWS | 7 Februari 2023


TAG POPULER

# Warunk Upnormal


# Susi Air


# Gempa Turki


# Jokowi


# Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Ini Cara yang Dilakukan untuk Menghadapi Gempa Bumi

Ini Cara yang Dilakukan untuk Menghadapi Gempa Bumi

NEWS | 11 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE