Logo BeritaSatu

Charles Jadi Raja Inggris Tertua saat Naik Takhta

Minggu, 11 September 2022 | 07:27 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

London Beritasatu.com- Naik takhta pada usia 73 tahun, Charles III menjadi orang tertua yang menjadi raja Inggris. Seperti dilaporkan AP, Sabtu (10/9/2022), Charles lahir di Istana Buckingham pada 14 November 1948, empat tahun sebelum pemerintahan ibunya yang luar biasa dimulai.

Sebelum Charles, raja tertua Inggris adalah Raja William IV, yang naik takhta pada tahun 1830 pada usia 64 tahun. Selain itu raja tertua lainnya yang naik takhta adalah Raja Edward VII (59 tahun, pada 1901); Raja George IV (57 tahun, tahun 1820); dan Raja George I (54 tahun, tahun 1714).

Inggris menerapkan sistem patrilineal, yakni mahkota diberikan kepada putra tertua dari raja yang telah meninggal. Ini berarti bahwa ada lebih banyak raja daripada ratu dalam sejarah Inggris.

Namun ratu tertua yang naik takhta adalah Ratu Mary I, yang mengambil mahkota pada tahun 1553 pada usia 37 tahun.

Secara resmi, pada Jumat (9/9), Charles dinyatakan sebagai raja baru Inggris dalam upacara penuh warna yang sarat dengan arak-arakan dan sudah ada sejak berabad-abad yang lalu.

Charles adalah raja ke-41 dalam garis yang menelusuri asal-usulnya hingga Raja Norman William Sang Penakluk yang merebut takhta Inggris pada tahun 1066. Peristiwa hari Sabtu mencerminkan proklamasi yang mengumumkan raja dan ratu baru yang berusia ratusan tahun.

Charles menjadi raja dan kepala negara tidak hanya dari Britania Raya tetapi dari 14 kerajaan lain termasuk Australia, Kanada, Jamaika, Selandia Baru dan Papua Nugini.

Itu adalah proklamasi pertama seorang raja yang disiarkan di televisi. Dan bagi sebagian besar warga Inggris, itu adalah peristiwa pertama dalam hidup mereka karena Elizabeth adalah satu-satunya raja yang pernah mereka kenal. Charles sendiri baru berusia 3 tahun ketika dia menjadi ratu pada tahun 1952.

Charles, 73 tahun, segera menggantikan ibunya, Ratu Elizabeth. Dewan Aksesi bertemu di St James - istana kerajaan paling senior di Inggris yang dibangun untuk Henry VIII pada 1530-an - untuk menyatakan Charles sebagai raja pada hari Sabtu.

Dewan - dibentuk dari Penasihat Penasihat yang perannya selama berabad-abad adalah untuk menasihati raja - termasuk putranya dan pewaris William, istri Camilla dan perdana menteri baru Inggris, Liz Truss, yang menandatangani proklamasi aksesinya.

Enam mantan perdana menteri, uskup senior, dan sejumlah politisi meneriakkan "God Save The King" saat pengumuman itu disetujui.

"Saya sangat menyadari warisan besar ini dan tugas dan tanggung jawab berat Kedaulatan yang sekarang telah diserahkan kepada saya. Saya akan berusaha untuk mengikuti contoh inspiratif yang telah saya berikan," kata Charles.

Inggris telah menyatakan masa berkabung hingga pemakaman kenegaraan untuk Elizabeth, yang akan menjadi hari libur umum. Para pemimpin dari seluruh dunia diharapkan hadir, termasuk AS. Presiden Joe Biden, yang mengatakan dia akan berada di sana.

Elizabeth, yang merupakan kepala negara tertua dan terlama di dunia, naik takhta setelah kematian ayahnya Raja George VI pada 6 Februari 1952, ketika dia baru berusia 25 tahun.

Selama beberapa dekade, Ratu Elizabeth menyaksikan perubahan besar dalam struktur sosial, politik dan ekonomi negaranya. Dia mendapat pujian karena memodernisasi monarki selama masa pemerintahannya yang panjang.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Gempa 6,2 M Guncang Jember

BMKG melaporkan telah terjadi gempa magnitudo 6,2 berlokasi di 284 km Barat Daya Jember, Jawa Timur pada Selasa (6/12/2022) pukul 13.07 WIB.

NEWS | 6 Desember 2022

Buruh Tewas Tergiling di Pabrik Gula di Lampung

Sobari (40), warga Dusun IV Desa Sukadana Udik, Kecamatan Bunga Mayang, Kabupaten Lampung Utara tewas tergiling mesin penggilingan tebu PTPBN VII.

NEWS | 6 Desember 2022

8 TKI Asal Pontianak Jadi Korban Trafficking dan Penyiksaan di Laos

Sedikitnya delapan TKI asal Pontianak Kalimantan Barat (Kalbar) menjadi korban trafficking dan penyiksaan di Laos sejak Oktober 2022 lalu. 

NEWS | 6 Desember 2022

Polresta Lampung Uji Balistik Peluru Nyasar yang Mengenai Balita

Sat Reskrim Polresta Bandar Lampung, Lampung melakukan uji balistik peluru nyasar yang melukai pergelangan kaki seorang balita Ibrahim El Rahman (1,5).

NEWS | 6 Desember 2022

KKB Bunuh 2 Tukang Ojek di Pegubin, Papua Pegunungan

Kelompok kriminal bersenjata (KKB) Papua dilaporkan membunuh dua tukang ojek yang mangkal di pangkalan Kali Digoel, Pegunungan Bintang, Papua Pegunungan.

NEWS | 6 Desember 2022

RUU KUHP Disahkan, Menkumham Yasonna: Momen Bersejarah

Menkumham Yasonna H Laoly menyatakan, pengesahan RUU KUHP menjadi UU merupakan momen bersejarah bagi bangsa Indonesia. 

NEWS | 6 Desember 2022

4 RT di Daerah Pesisir Terendam Banjir Pasang Air Laut

Saat ini, Selasa (06/12/2022) terjadi pasang air laut yang berpotensi menyebabkan banjir pesisir (ROB) di beberapa titik di wilayah DKI Jakarta.

NEWS | 6 Desember 2022

Sidak Pasar Induk Kramat Jati, Heru Temukan Harga Cabai Naik Jelang Nataru

Saat sidak Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta Timur, Pj Gubernur DKI, Heru Budi Hartono menemukan harga cabai yang naik menjelang Natal dan Tahun Baru. 

NEWS | 6 Desember 2022

DPR: Program Dana Desa Era Jokowi Sukses Hadirkan Infrastruktur

Anggota DPR menilai program dana desa era Presiden Jokowi mendorong banyak manfaat seperti pembangunan infrastruktur di desa dan pemberdayaan masyarakat.

NEWS | 6 Desember 2022

Kemenkes Siapkan 420 Rumah Sakit Pendidikan di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyiapkan 420 rumah sakit (RS) pendidikan di Indonesia.

NEWS | 6 Desember 2022


TAG POPULER

# Ricky Rizal


# Kecelakaan Beruntun di Jaktim


# Pernikahan Kaesang


# Piala Dunia 2022


# Gempa Cianjur


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Gempa 6,2 M Guncang Jember

Gempa 6,2 M Guncang Jember

NEWS | 18 detik yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE