Logo BeritaSatu

Sekjen PBB Tinjau Daerah Bencana Banjir di Pakistan

Minggu, 11 September 2022 | 08:45 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Islamabad, Beritasatu.com- Sekjen PBB Antonio Guterres meninjau beberapa daerah di Pakistan yang dilanda banjir, pada Sabtu (10/9/2022). Seperti dilaporkan Reuters, Guterres mengakhiri perjalanan dua hari yang bertujuan meningkatkan kesadaran akan bencana.

Rekor hujan monsun dan pencairan gletser di pegunungan utara telah memicu banjir yang telah menewaskan lebih dari 1.391 orang, menyapu rumah, jalan, rel kereta api, jembatan, ternak dan tanaman.

Sebagian besar wilayah negara itu terendam air, dan ratusan ribu orang terpaksa meninggalkan rumah mereka. Pemerintah mengatakan kehidupan hampir 33 juta orang telah terganggu. Pakistan memperkirakan kerugiannya mencapai US$30 miliar (Rp 445 triliun), dan baik pemerintah maupun Guterres menyalahkan banjir tersebut karena perubahan iklim.

Sekretaris Jenderal PBB mendarat di provinsi Sindh pada Sabtu (10/9), sebelum terbang di atas beberapa daerah yang terkena dampak paling parah dalam perjalanan ke Balochistan, provinsi lain yang terkena dampak parah.

"Sulit untuk tidak merasa sangat tersentuh mendengar deskripsi tragedi yang begitu mendetail. Pakistan membutuhkan dukungan keuangan besar-besaran. Ini bukan masalah kedermawanan, ini masalah keadilan," kata Guterres setelah mendarat di Sindh, menurut satu video yang dirilis oleh kantor Perdana Menteri Shehbaz Sharif.

Satu video yang dirilis oleh Menteri Penerangan Marriyum Aurangzeb menunjukkan Guterres duduk di sebelah Sharif melihat daerah yang rusak akibat banjir dari jendela pesawat. "Tidak terbayangkan," kata Guterres, saat mengamati kerusakan.

Pada bulan Juli dan Agustus, Pakistan mendapat curah hujan 391 mm, atau hampir 190 persen lebih banyak dari rata-rata 30 tahun. Provinsi selatan Sindh telah mengalami 466 persen lebih banyak hujan daripada rata-rata.

Guterres mengatakan pada hari Sabtu bahwa dunia perlu memahami dampak perubahan iklim di negara-negara berpenghasilan rendah.

"Umat manusia telah mengobarkan perang terhadap alam dan alam menyerang balik. Alam menyerang balik di Sindh, tetapi bukan Sindh yang membuat emisi gas rumah kaca yang mempercepat perubahan iklim secara dramatis. Ada situasi yang sangat tidak adil relatif terhadap tingkat kehancuran," kata Guterres.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Korban Tewas Gempa Cianjur Jadi 328 Orang, 12 Masih Hilang

Bupati Cianjur, Herman Suherman mengungkapkan, korban tewas gempa Cianjur menjadi 328 orang setelah ada penambahan 1 korban meninggal.

NEWS | 1 Desember 2022

Budaya Patriarki Jadi Alasan Catcalling Dinormalisasi

Banyak masyarakat Indonesia tidak menganggap catcalling sebagai salah satu bentuk kekerasan seksual.

NEWS | 1 Desember 2022

Bharada E Sebut Ferdy Sambo Tertawa Saat Bercerita Salah Pakai Senjata

Bharada E alias Brigadir Richard Eliezer Pudihang Lumiu menyebut Ferdy Sambo tertawa saat bercerita salah pakai senjata.

NEWS | 30 November 2022

Polda Metro Jaya Bongkar Peredaran Sabu Bahan Likuid dari Eropa

Ditresnarkoba Polda Metro Jaya membongkar peredaran narkoba jenis baru, yakni sabu dengan bahan likuid yang berasal dari Eropa.

NEWS | 30 November 2022

Partai Prima Papua Protes Gagal Lolos Jadi Peserta Pemilu 2024

Prima dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS) oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam tahapan verifikasi administrasi perbaikan pascakeputusan Bawaslu.

NEWS | 1 Desember 2022

Target 20 Persen Suara Golkar Akan Tercapai jika Disokong Efek Ekor Jas

Target 20 persen suara Partai Golkar baru akan tercapai apabila disokong efek ekor jas. Hal ini disampaikan Lili Romli.

NEWS | 1 Desember 2022

Ciri-ciri Partai yang Bakal Bergabung dengan KIB, Airlangga Singgung Bola

Ketua Umum (Ketum) Partai Golkar Airlangga Hartarto membeberkan ciri-ciri partai yang bakal bergabung ke Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

NEWS | 1 Desember 2022

Reuni 212 Rencananya Bakal digelar di Masjid Agung At-Tin Taman Mini

Reuni 212 rencananya bakal digelar pada 2 Desember 2022 di Masjid Agung At-Tin, TMII, Jakarta Timur.

NEWS | 1 Desember 2022

Motor Anggota Paspampres Hilang Dicuri di Babelan

Motor milik anggota Paspampres dicuri oleh kawanan pencuri saat terparkir di halaman rumah, kawasan Babelan, Kabupaten Bekasi, Rabu (30/11/2022) dini hari.

NEWS | 30 November 2022

Jelang Nataru, Tingkat Vaksinasi Booster DKI Baru sekitar 50%

Jelang libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022, Kemenkes mengungkapkan tingkat vaksinasi booster DKI baru mencapai sekitar 50%.

NEWS | 30 November 2022


TAG POPULER

# Putri Candrawathi


# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


# Keluarga Dibunuh di Magelang


# Helikopter Jatuh


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
AHY Bertemu Pemimpin Politik dan Pemerintahan Australia

AHY Bertemu Pemimpin Politik dan Pemerintahan Australia

NEWS | 7 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE