Logo BeritaSatu

Presiden Serbia Tidak Akan Mengakui Kemerdekaan Kosovo

Minggu, 11 September 2022 | 12:22 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Beograd, Beritasatu.com- Presiden Serbia Aleksandar Vucic menegaskan tidak akan mengakui Kosovo. Seperti dilaporkan RT, Jumat (9/9/2022), Serbia telah menolak tuntutan Amerika Serikat (AS) dan Uni Eropa (UE) untuk memberikan status kepada provinsi yang memisahkan diri itu.

Serbia selalu siap untuk solusi kompromi, tetapi hanya sejalan dengan konstitusi dan hukum internasionalnya sendiri, Presiden Aleksandar Vucic mengatakan pada hari Jumat setelah bertemu dengan utusan khusus UE, Prancis, dan Jerman di Beograd.

Advertisement

Uni Eropa dan AS telah menekan Beograd untuk mengakui provinsi Kosovo yang memisahkan diri, yang diperlakukannya sebagai wilayah kedaulatan Serbia.

"Pembicaraan itu tentang masa depan Serbia, dan tidak akan ada pengakuan atas Kosovo,” kata Vucic memposting di Instagram setelah bertemu dengan Miroslav Lajcak dari Uni Eropa, Emanuel Bonne dari Prancis dan Jens Plettner dari Jerman.

"Tidak menyerah! Hidup Serbia,” tambahnya.

Lajcak adalah utusan khusus Uni Eropa untuk Balkan Barat, sementara Bonne dan Plettner baru-baru ini ditunjuk oleh Paris dan Berlin untuk meningkatkan usahanya agar Beograd menyerahkan provinsi tersebut.

Dari Beograd, Lajcak, Plettner, dan Bonne terbang ke Pristina, di mana mereka menghabiskan dua jam dalam pembicaraan dengan perdana menteri Kosovo, Albin Kurti.

Pada 2008, Kosovo mendeklarasikan kemerdekaan dengan dukungan Barat. Sementara AS dan sebagian besar sekutunya telah mengakui Kosovo sebagai negara merdeka, Serbia, Rusia, Tiongkok, dan PBB pada umumnya belum. Keduanya tidak memiliki lima negara anggota UE.

Penolakan tidak menghentikan Brussels untuk menjadikan pengakuan Serbia atas provinsi yang memisahkan diri itu sebagai prasyarat untuk setiap pembicaraan tentang keanggotaan akhirnya.

Bulan lalu, utusan AS Gabriel Escobar menimbulkan kegemparan ketika dia mengatakan sudah waktunya untuk “menjauh dari narasi bahwa Kosovo adalah Serbia, dan beralih ke narasi bahwa Kosovo dan Serbia adalah Eropa” demi masa depan yang sejahtera.

Uni Eropa tidak secara aktif mencari untuk memperluas saat ini, tetapi Vucic menegaskan kebijakan pemerintahnya adalah untuk bergabung dengan blok suatu hari nanti – sambil menjaga netralitas militer dan perdagangan bebas dengan Rusia dan Tiongkok untuk sementara.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Disidak Jokowi Malam-malam, Warga Bali Curhat Urat Kejepit

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi sejumlah rumah warga di Dusun Keingetan, Desa Singakerta, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali.

NEWS | 2 Februari 2023

Top 5 News, Aksi Wowon Serial Killer Tipu TKW hinggaMahfud MD Yakin Hakim Kasus Ferdy Sambo Adil

Aksi tersangka serial killer Wowon mengubah karakter menjadi Aki Banyu untuk menipu TKW menjadi berita terpopuler atau top news Beritasatu.com.

NEWS | 2 Februari 2023

Cuaca Jakarta Hari Ini, Hujan Diperkirakan Akan Guyur Sejumlah Wilayah

Cuaca Jakarta  pada siang hari, wilayah Jakarta Barat, Jakarta Selatan dan Jakarta Timur diperkirakan akan hujan dengan intensitas ringan.

NEWS | 2 Februari 2023

Kemenparekraf Dukung Upaya Kemenkes Percepat Vaksinasi Booster Kedua

Kemenparekraf menggandeng Kemenkes menggelar kegiatan Sentra Vaksinasi Booster Kedua di kantor Kemenparekraf, Gedung Sapta Pesona, Jakarta, 1-3 Februari.

NEWS | 2 Februari 2023

Cari Dokumen Rahasia, FBI Geledah Rumah Pantai Milik Joe Biden

Departemen Kehakiman AS menugaskan FBI untuk menggeledah rumah kedua Presiden Joe Biden, sebuah rumah pantai di Rehoboth, Delaware.

NEWS | 2 Februari 2023

BP2MI Gagalkan Pengiriman 6 PMI Ilegal ke Timur Tengah

BP2MI menggagalkan pengiriman enam PMI ilegal dari tempat penampungan dikawasan Bogor yang hendak di kirim ke Timur Tengah. 

NEWS | 2 Februari 2023

Gempa Magnitudo 4,3 Guncang Garut Jabar Terasa hingga Bandung

Gempa berkekuatan magnitudo (M) 4,4 mengguncang Kabupaten Garut pada Rabu (1/2/2023) malam. Gempa itu dirasakan hingga warga Bandung. 

NEWS | 2 Februari 2023

Selama Izinkan Aksi Pembakaran Al-Quran, Swedia Tak Bakal Dapat Izin Turki Gabung ke NATO

Turki tidak akan mengizinkan Swedia untuk bergabung dengan NATO selama mengizinkan protes yang menodai kitab suci Islam dengan aksi pembakaran Al-Quran.

NEWS | 2 Februari 2023

Banjir Melanda Parepare dan Kabupaten Barru Sulawesi Selatan

Hujan deras disertai angin kencang selama tiga jam membuat sejumlah wilayah di Kota Parepare dan Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan terendam banjir. 

NEWS | 2 Februari 2023

PSI Minta Pertumbuhan Sektor Pariwisata Juga Dinikmati UMKM

PSI berharap pertumbuhan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang tumbuh signifikan selama 2022 turut dinikmati oleh UMKM. 

NEWS | 2 Februari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Penculikan Anak


# Biaya Haji 2023


# Istri Siri Kompol D


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Siap-siap! Titanic Versi Remastered Bakal Tayang Februari Ini

Siap-siap! Titanic Versi Remastered Bakal Tayang Februari Ini

LIFESTYLE | 5 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE