Logo BeritaSatu

Krisis Energi Eropa, PM Hungaria Salahkan Birokrat dan Aktivis

Minggu, 11 September 2022 | 14:19 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Budapest, Beritasatu.com- Perdana Menteri Hungaria Viktor Orban menyalahkan kekurangan energi Uni Eropa pada birokrat dan pencinta lingkungan. Seperti dilaporkan RT, Sabtu (10/9/2022), Orban mengatakan negaranya tidak akan mengalami kekurangan bahan bakar, meskipun krisis energi saat ini.

“Jika ingin menggali masalah sampai ke dasar, kita selalu berakhir di tempat yang sama: masalah energi. Dan situasinya adalah Eropa kehabisan energi,” tulis Orban dalam posting Facebook pada hari Sabtu.

Perdana menteri menyalahkan situasi pada "fundamentalis hijau dan birokrat" memainkan "permainan geopolitik," dengan alasan bahwa blok tersebut menolak untuk menggunakan "sumber energi yang berbeda" untuk atau “alasan politik”, menaikkan biaya hidup dan merusak industrinya.

“Ada beberapa benua dalam situasi yang sulit seperti kita, tetapi hanya benua kita yang membuat hidupnya sendiri jauh lebih sulit,” kata Orban, berjanji untuk melakukan semua yang “dibutuhkan oleh tanah air.”

Pada akhir Agustus, Hungaria mendapatkan kesepakatan dengan raksasa energi Rusia Gazprom untuk pasokan gas alam tambahan, yang dipompa melalui Serbia. Hungaria adalah salah satu dari sedikit negara anggota Uni Eropa yang mematuhi persyaratan pembayaran rubel Moskwa untuk pengiriman gas.

“Kami tidak akan kekurangan energi. Ini bukan prediksi, ini adalah pernyataan fakta. Akan ada gas di Hungaria dan listrik yang cukup,” ujarnya.

Namun, Budapest juga bergerak untuk memangkas konsumsi energi. Awal pekan ini, pemerintah memperkenalkan batasan suhu 18 derajat celsius di semua lembaga publik di seluruh negeri. Pihak berwenang juga telah melembagakan pemotongan wajib konsumsi gas untuk lembaga negara, kecuali rumah sakit dan fasilitas perumahan sosial.

Hungaria telah berulang kali mengkritik sanksi Uni Eropa terhadap Rusia yang diperkenalkan atas konflik di Ukraina. Budapest berpendapat bahwa pembatasan telah gagal untuk memberikan hasil yang diinginkan, tapi justru mengganggu pasokan gas alam ke blok dan mengirim harga energi ke level tertinggi yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Seperti dilaporkan RT, Senin (29/8/2022), Hungaria memprediksi kebijakan Eropa Barat untuk menolak energi Rusia, bahkan tanpa adanya alternatif yang cocok, dapat menyebabkan keruntuhan sistemik. Peringatan itu dilontarkan Menteri Luar Negeri Peter Szijjarto.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Apindo Kritik Penerapan Odol Tanpa Transisi

Apindo mengkritik penerapan kebijakan over dimension dan overload (Odol) untuk angkutan barang yang diberlakukan tanpa ada masa transisi

NEWS | 6 Desember 2022

5 Topnews: Sidang Ricky Rizal dan Sosok Calon Istri Kaesang Pangarep

Sidang Ricky Rizal dan juga sosok Erina Gundono yang akan dipersunting Kaesang Pangarep menjadi salah satu berita yang paling banyak dibaca.

NEWS | 6 Desember 2022

AJI Beberkan 17 Pasal Bermasalah dalam RKUHP yang akan Disahkan

Aliansi Jurnalis Independen (AJI) membeberkan 17 pasal bermasalah dalam draf RKUHP versi 30 November 2022.

NEWS | 6 Desember 2022

DPR Setujui RUU Perjanjian Indonesia-Singapura untuk Ekstradisi Buronan

Komisi III DPR RI menyetujui RUU tentang Pengesahan Perjanjian antara Indonesia dan Singapura tentang Ekstradisi Buronan

NEWS | 6 Desember 2022

PWNU Jabar: Khilafah Hanya Cara Adu Domba untuk Tujuan Politik

PWNU Jabar menyatakan, argumen khilafah yang diusung oleh kelompok tertentu hanya cara untuk mengadu domba guna mewujudkan tujuan politik.

NEWS | 6 Desember 2022

Ricky Rizal Dianggap Berbohong dalam Sidang, Ini Respons Kuasa Hukum

Ricky Rizal ditegur Ketua Majelis Hakim Wahyu Imam Santosa dalam sidang lanjutan kasus pembunuhan Brigadir J. Ricky Rizal dinilai berbohong

NEWS | 6 Desember 2022

Libur Nataru, Ganjar Pranowo Ajak Masyarakat Wisata Dalam Negeri

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengajak masyarakat di seluruh Indonesia untuk melakukan wisata dalam negeri saat libur nataru.

NEWS | 6 Desember 2022

Kuat Ma'ruf Mengaku Sempat Takut Ditembak Ferdy Sambo

Kuat Ma'ruf mengaku sempat takut ditembak Ferdy Sambo saat terjadinya pembunuhan Brigadir J atau Nofriansyah Yosua Hutabarat.

NEWS | 5 Desember 2022

Komisi III Minta Polisi Tindak Tegas dan Berantas Gangster

Wakil Ketua Komisi III DPR Ahmad Sahroni meminta kepada pihak kepolisian untuk menindak tegas dan memberantas gangster.

NEWS | 5 Desember 2022

Tak Bisa Hadiri Pernikahan Kaesang-Erina, Gus Miftah Minta Maaf

Pendakwah Gus Miftah menyatakan permohonan maafnya karena tak bisa hadir dalam acara resepsi pernikahan yang akan digelar pasangan Kaesang-Erina.

NEWS | 5 Desember 2022


TAG POPULER

# Erupsi Semeru


# Rizky Febian


# Bahlil Lahadalia


# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Erick Bangga Emiten BUMN Jadi Penggerak Bursa, Swasta?

Erick Bangga Emiten BUMN Jadi Penggerak Bursa, Swasta?

EKONOMI | 28 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE