Logo BeritaSatu

Terima Warisan Ratu Elizabeth, Charles Makin Kaya Raya

Minggu, 11 September 2022 | 15:01 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

London, Beritasatu.com- Charles semakin kaya raya setelah dinobatkan sebagai Raja Inggris pada Jumat (9/9/2022). Seperti dilaporkan Daily Times, Sabtu (10/9), Charles akan mewarisi kekayaan Ratu Elizabeth II.

Pada usia 96 tahun, Ratu Elizabeth II, raja dengan masa pemerintahan terlama dalam sejarah Inggris, meninggal dunia pada Kamis (8/9) di Kastil Balmoral, Inggris Raya (UK).

Advertisement

Sebelum naik takhta, Charles memiliki kekayaan bersih sebesar US$100 juta (Rp 1,48 triliun). Kini sebagai Raja Charles III, dia memiliki kekayaan bersih US$ 600 juta (Rp 8,9 triliun) berkat warisan Ratu Elizabeth II sebesar US$ 500 juta (Rp 7,4 triliun) dalam aset pribadi.

Selain itu, Charles akan mendapatkan kembali Sovereign Grant tahunan, yang nilainya pada tahun 2021 adalah US$ 116,7 juta (Rp 1,73 triliun).

Charles, anak tertua ratu, menerima berbagai aset warisan Ratu Elizabeth termasuk tanah dan properti di samping gelar kerajaan dan kepala Persemakmuran. Setelah beberapa dekade menunggu, Charles yang kini bberusia 73 tahun adalah pewaris terlama dalam sejarah Inggris.

Kekayaan bersih pribadi Ratu Elizabeth diperkirakan US$500 juta oleh Forbes. Kekayaan tersebut terkait dengan seni, perhiasan, investasi, dan kastil seperti Kastil Balmoral di Skotlandia dan Rumah Sandringham di Inggris. Secara kolektif, aset ini bernilai US$ 500 juta. Sebagian besar kekayaan pribadi ini akan ditransfer ke Raja Charles III.

Sumber pendapatan langsung bagi Raja akan datang dari Kadipaten Lancaster, tanah milik pribadi seluas 18.248 hektar yang telah menjadi milik raja yang memerintah sejak 1399; nilai bersih properti diperkirakan 653 juta pound sterling (Rp 11,2 triliun).

Pengelolaan Dutchy of Cornwall, satu perkebunan pribadi yang diperkirakan bernilai 1,05 miliar pound sterling (Rp 18 triliun), yang sebelumnya dipegang oleh Charles III akan diteruskan kepada Pangeran William karena diberikan kepada ahli waris.

Di antara hak-hak istimewa lain yang diberikan kepada raja, Raja Charles III dibebaskan dari pajak tanah, pajak kekayaan 40% jika tidak dikenakan atas warisan menurut hukum Inggris.

Menurut situs web Keluarga Kerajaan, "Monarki Inggris dikenal sebagai monarki konstitusional. Hal itu berarti bahwa, sementara Penguasa adalah Kepala Negara, kemampuan untuk membuat dan mengesahkan undang-undang berada di tangan Parlemen terpilih. Meskipun Penguasa tidak lagi memiliki politik atau eksekutif, ia terus memainkan peran penting dalam kehidupan bangsa".

Charles adalah anak tertua dari empat bersaudara dengan mendiang suaminya, Pangeran Philip. Pada usia 3 tahun, ketika ibunya naik takhta pada usia 25 tahun, ia menjadi pewaris Inggris. Sementara menjadi pewaris takhta, Charles memiliki gelar Pangeran Wales, Adipati Cornwall, Adipati Rothesay, dan Earl of Carrick.

Setelah Charles menikahi Diana Spencer pada 1981, mereka dianugerahi gelar Pangeran dan Putri Wales. Mereka memiliki dua anak yakni Harry, yang saat ini berada di urutan kelima takhta, dan William, yang saat ini dianggap sebagai pewaris. Diana dan Charles bercerai pada tahun 1992. Setelah beberapa waktu, mereka bercerai. The Duchess of Cornwall, Camilla Parker Bowles, menikah dengan Charles pada 2005.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Kemenlu: Tidak Ada WNI Jadi Korban Bom di Masjid Pakistan

Ledakan di masjid, yang penuh dengan jemaah, itu terjadi di kawasan Police Lines dan menewaskan 100 orang, 97 di antaranya adalah polisi.

NEWS | 1 Februari 2023

Status Literasi Digital Masyarakat Indonesia Meningkat di Tahun 2022

Skor tersebut menunjukkan bahwa Literasi Digital masyarakat Indonesia berada pada kategori “sedang”.

NEWS | 1 Februari 2023

Reshuffle Rabu Pon? Jokowi Tertawa Lebar

Ditemani Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dan Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Jokowi menjawab soal reshuffle sambil tertawa lebar.

NEWS | 1 Februari 2023

Cekcok dengan Istri, Seorang Ayah di Temanggung Tega Cabuli Anaknya

Polres Temanggung, Jawa Tengah mengamankan seorang ayah pelaku pencabulan. Korban adalah anak kandung pelaku dan masih di bawah umur.

NEWS | 1 Februari 2023

Sumbar Uji Coba Pembatasan BBM Subsidi dengan QR Code

Provinsi Sumatera Barat mulai menerapkan program pembelian BBM subsidi tepat untuk bahan bakar solar bersubsidi dan Pertalite. P

NEWS | 1 Februari 2023

Permukiman dan Pertanian di Embaloh Hulu Terendam Banjir Hingga 1,5 M

Permukiman penduduk dan lahan pertanian di beberapa bagian wilayah Kecamatan Embaloh Hulu, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, terendam banjir.

NEWS | 1 Februari 2023

Indeks Persepsi Korupsi Menurun, KPK Sebut Butuh Terobosan

Indonesia memperoleh skor indeks persepsi korupsi (IPK) 34 per 100 untuk tahun 2022.

NEWS | 1 Februari 2023

7 TKW Jadi Target Pembunuhan Wowon Selanjutnya

Tersangka pembunuhan berantai atau serial killer Wowon Erawan alias Aki menargetkan 7 TKW sebagai korban berikutnya yang akan dibunuh.

NEWS | 1 Februari 2023

Korban Bom di Masjid Pakistan Naik Jadi 100 Orang Tewas

Jumlah korban tewas akibat bom di masjid di Peshawar, barat laut Pakistan, naik menjadi sedikitnya 100.

NEWS | 1 Februari 2023

Sri Sultan HB X Akan Sambut Kedatangan Utusan Paus Fransiskus

Gubernur DI Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono X akan menyambut hangat kunjungan utusan Paus Fransiskus, Kardinal Miguel Angel Ayuso Guixot MCCJ.

NEWS | 1 Februari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Tukang Becak Bobol BCA


# Biaya Haji 2023


# Pembunuhan di Depok


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE