Logo BeritaSatu

Organda Bogor Verifikasi 6.000 Sopir Angkot Penerima Bansos

Minggu, 11 September 2022 | 18:30 WIB
Oleh : Vento Saudale / WBP

Bogor, Beritasatu.com - Organisasi Angkutan Darat (Organda) Kota Bogor menyiapkan data sopir angkutan umum kota (angkot) penerima bantuan sosial (bansos) dampak penyesuaian harga bahan bakar minyak (BBM). Sekitar 6.000 sopir angkot dari 3.000 kendaraan diverifikasi untuk mendapatkan bansos.

Ketua Organda Kota Bogor M Ishak mengatakan menindaklanjuti bansos dari dana alokasi umum (DAU) di Kota Bogor sebesar Rp 4,6 miliar untuk sopir angkot, Organda melakukan memverifikasi ulang data untuk diberikan ke pemerintah kota (pemkot). "Justru kami akan siap-siap ya, dengan disampaikan pak wali kota begitu, kami siap-siap untuk mendata sopir-sopir yang seluruhnya ber-KTP Bogor. Kita sudah mulai mendata," katanya, Minggu (11/9/2022).

Advertisement

Ishak menyebutkan di Kota Bogor terdapat 3.161 angkot setelah dikurangi konversi angkot 3:1 ke bus ukuran sedang Biskita Trans Pakuan. Satu angkot biasanya memiliki dua sopir. Dengan demikian, ada sekitar 6.000 sopir. Namun data pasti yang dapat diterima pemerintah kota masih dalam verifikasi.

Di samping itu, ada 1.010 angkot yang mendapat peringatan pencabutan izin operasional karena belum melakukan peremajaan dan sebagian tidak laik jalan. "6.000 sopir ini akan kami verifikasi kelengkapannya. Tentunya yang berhak mendapatkan bansos ber-KTP Kota Bogor, karena ada sopir yang ber-KTP Kabupaten Bogor, biar tidak tumpang tindih," katanya.

Untuk jumlah badan hukum sampai saat ini telah terbentuk 21 badan hukum terdiri atas 14 koperasi dan tujuh perseroan terbatas. Ishak juga berharap penerima bansos sudah terdaftar di badan hukum. "Target kami verifikasi selama 1 pekan. Sehingga ketika aturan dari pemerintah pusat sudah turun, kami tinggal menyerahkan kepada Pemkot Bogor," tambahnya.

Pemerintah Kota Bogor, Jawa Barat mengalokasikan Rp 4,6 miliar dari dana alokasi umum (DAU) untuk bantuan sosial (bansos) bagi masyarakat terdampak penyesuaian harga BBM. Dana dari DAU dari sisa tiga bulan berjalan diperuntukan bagi sopir angkot.

Meski begitu, Pemerintah Kota Bogor saat ini masih menunggu aturan petunjuk lengkap (juklak) dan petunjuk teknis (juknis) terkait penyaluran bantuan tersebut dari pemerintah pusat.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Jaksa Minta Hakim Tolak Keberatan Teddy Minahasa

Jaksa penuntut umum meminta majelis hakim PN Jakbar menolak eksepsi atau keberatan Teddy Minahasa yang menjadi terdakwa penjualan barang bukti narkoba.

NEWS | 7 Februari 2023

PBNU Dorong Pemimpin Agama Wujudkan Perdamaian Dunia

Ketum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH Yahya Cholil Staquf atau Gus Yahya mendorong seluruh pemimpin agama mewujudkan perdamaian dunia. 

NEWS | 7 Februari 2023

Polisi Cari Ibu yang Aniaya dan Telantarkan Anaknya di Depok

Polres Metro Depok menyelidiki dan mencari ibu yang diduga menganiaya dan menelantarakan anaknya, Raya Aurel Rahma Visca. 

NEWS | 7 Februari 2023

Update: Gempa Turki Tewaskan 2.300 Orang, Penyelamatan Terus Dilakukan

Otoritas Turki mengkonfirmasi telah terjadi 1.541 korban tewas, dengan 810 korban lainnya dilaporkan di berada di kawasan Suriah, pasca gempa Turki.

NEWS | 6 Februari 2023

PKB Fasilitasi Aeshnina Azzahra Suarakan Keadilan Lingkungan

Jubir Milenial PKB Mikhael Sinaga mengatakan PKB akan memfasilitasi aktivis lingkungan Aeshnina Azzahra (15 tahun) untuk menyuarakan keadilan lingkungan. 

NEWS | 7 Februari 2023

Ayah Kandung Aniaya 2 Anaknya di Cimahi, 1 Meninggal Dunia

Seorang ayah kandung berinisial A menganiaya dua anaknya di Kota Cimahi. Bahkan, akibat penganiayaan itu, satu anaknya meninggal dunia.

NEWS | 7 Februari 2023

Ratusan Ternak Sapi di Sulteng Kembali Terjangkit PMK

Kasus Penyakit Mulut dan Kuku atau PMK yang menjangkit hewan ternak di Sulawesi Tengah (Sulteng) meningkat signifikan dalam beberapa waktu terakhir

NEWS | 6 Februari 2023

Mahfud: Pernyataan Pejabat Soal OTT KPK Pengaruhi Indeks Persepsi Korupsi

Opini yang dilontarkan oleh sejumlah pejabat pemerintah tentang operasi tangkap tangan atau OTT KPK turut memengaruhi penurunan Indeks Persepsi Korupsi.

NEWS | 7 Februari 2023

Gempa Turki, Presiden Jokowi Sampaikan Belasungkawa

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo menyampaikan rasa duka yang mendalam atas bencana gempa Turki, Senin (6/2/2023).

NEWS | 6 Februari 2023

Hapus Kesan Horor, Mural Hiasi Simpang Lima Rapak Balikpapan

Kawasan Simpang Lima Rapak di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, memiliki wajah baru berupa lukisan mural yang unik dan menarik.

NEWS | 7 Februari 2023


TAG POPULER

# Pelecehan Anak


# Liga Spanyol


# Hasya Athallah


# Bripka Madih


# Pemilu 2024


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
BI Optimistis Pertumbuhan Ekonomi 2023 Bisa 5,3 Persen

BI Optimistis Pertumbuhan Ekonomi 2023 Bisa 5,3 Persen

EKONOMI | 11 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE