Logo BeritaSatu

Organda Bogor Verifikasi 6.000 Sopir Angkot Penerima Bansos

Minggu, 11 September 2022 | 18:30 WIB
Oleh : Vento Saudale / WBP

Bogor, Beritasatu.com - Organisasi Angkutan Darat (Organda) Kota Bogor menyiapkan data sopir angkutan umum kota (angkot) penerima bantuan sosial (bansos) dampak penyesuaian harga bahan bakar minyak (BBM). Sekitar 6.000 sopir angkot dari 3.000 kendaraan diverifikasi untuk mendapatkan bansos.

Ketua Organda Kota Bogor M Ishak mengatakan menindaklanjuti bansos dari dana alokasi umum (DAU) di Kota Bogor sebesar Rp 4,6 miliar untuk sopir angkot, Organda melakukan memverifikasi ulang data untuk diberikan ke pemerintah kota (pemkot). "Justru kami akan siap-siap ya, dengan disampaikan pak wali kota begitu, kami siap-siap untuk mendata sopir-sopir yang seluruhnya ber-KTP Bogor. Kita sudah mulai mendata," katanya, Minggu (11/9/2022).

Advertisement

Ishak menyebutkan di Kota Bogor terdapat 3.161 angkot setelah dikurangi konversi angkot 3:1 ke bus ukuran sedang Biskita Trans Pakuan. Satu angkot biasanya memiliki dua sopir. Dengan demikian, ada sekitar 6.000 sopir. Namun data pasti yang dapat diterima pemerintah kota masih dalam verifikasi.

Di samping itu, ada 1.010 angkot yang mendapat peringatan pencabutan izin operasional karena belum melakukan peremajaan dan sebagian tidak laik jalan. "6.000 sopir ini akan kami verifikasi kelengkapannya. Tentunya yang berhak mendapatkan bansos ber-KTP Kota Bogor, karena ada sopir yang ber-KTP Kabupaten Bogor, biar tidak tumpang tindih," katanya.

Untuk jumlah badan hukum sampai saat ini telah terbentuk 21 badan hukum terdiri atas 14 koperasi dan tujuh perseroan terbatas. Ishak juga berharap penerima bansos sudah terdaftar di badan hukum. "Target kami verifikasi selama 1 pekan. Sehingga ketika aturan dari pemerintah pusat sudah turun, kami tinggal menyerahkan kepada Pemkot Bogor," tambahnya.

Pemerintah Kota Bogor, Jawa Barat mengalokasikan Rp 4,6 miliar dari dana alokasi umum (DAU) untuk bantuan sosial (bansos) bagi masyarakat terdampak penyesuaian harga BBM. Dana dari DAU dari sisa tiga bulan berjalan diperuntukan bagi sopir angkot.

Meski begitu, Pemerintah Kota Bogor saat ini masih menunggu aturan petunjuk lengkap (juklak) dan petunjuk teknis (juknis) terkait penyaluran bantuan tersebut dari pemerintah pusat.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Penjelajah Antariksa NASA Tangkap Gambar Beruang di Permukaan Mars

Para ilmuwan NASA telah menemukan penemuan tak terduga di permukaan planet Mars, sebuah formasi yang membentukan gambar menyerupai wajah beruang.

NEWS | 5 Februari 2023

Anggota DPR Sarankan AKBP (Purn) Eko Minta Maaf ke Keluarga Hasya UI

Anggota Komisi III DPR Arsul Sani menyarankan agar AKBP (Purn) Eko Setia Budi meminta maaf ke keluarga mendiang Muhammad Hasya Athallah.

NEWS | 5 Februari 2023

Kapolda Metro Jaya Ungkap Warga Manggarai Risih Dicap Kampung Tawuran

Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran mengungkapkan warga Manggarai sudah risih wilayahnya dicap sebagai kampung tawuran. 

NEWS | 5 Februari 2023

Seluruh Kecamatan di Jaksel Rawan Tawuran, Ini Daftarnya

Polda Metro Jaya membeberkan 10 kecamatan di Jakarta Selatan rawan tawuran. Terdapat 14 titik di 10 kecamatan itu yang kerap menjadi lokasi tawuran. 

NEWS | 5 Februari 2023

Kasus Suami Kapak Istri di Tangerang, Ayah Bantah Nani Selingkuh

Terkait kasus suami kapak istri di Tangerang, Naning Hermawan, ayah korban Nani Hermawan membantah anaknya selingkuh. 

NEWS | 5 Februari 2023

DPR Desak Polda Metro Jaya Cabut Status Tersangka Hasya Mahasiswa UI

Anggota Komisi III DPR Arsul Sani mendesak Polda Metro Jaya mencabut status tersangka Hasya Athallah Saputra yang tewas ditabrak AKBP (Purn) Eko Setia Budi.

NEWS | 5 Februari 2023

Begini Rekayasa Lalin Saat Resepsi 1 Abad NU di Sidoarjo

Polisi telah menyiapkan rekayasa lalu lintas di sekitar Delta Sidoarjo saat puncak peringatan harlah 1 abad NU atau Nahdlatul Ulama. 

NEWS | 5 Februari 2023

Resepsi 1 Abad NU, Pemkab Sidoarjo Siapkan 1.278 Toilet

Pemkab Sidoarjo melakukan sejumlah persiapan menjelang resepsi puncak peringatan Harlah 1 Abad NU atau Nahdlatul Ulama di Stadion Delta Sidoarjo. 

NEWS | 5 Februari 2023

Mesin Algoritma Deteksi 8 Sinyal Radio dari Luar Angkasa, Ilmuwan: Bisa Saja Alien

Sebuah mesin algoritma baru yang dioperasikan, telah mendeteksi delapan sinyal radio yang berasal dari lima bintang yang berjarak 30 hingga 90 tahun cahaya.

NEWS | 5 Februari 2023

Kasus Bripka Madih, DPR Sebut Masih Ada Oknum Pemeras di Polri

Kasus polisi peras polisi yang menimpa anggota Provos Bripka Madih kini tengah menyita perhatian publik luas.

NEWS | 5 Februari 2023


TAG POPULER

# Transmart


# Perayaan dan Sejarah Cap Go Meh


# Mutasi Perwira


# Kawasan Halal di Jakarta


# Eliezer


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Reformasi Perpajakan dan Belanja Akan Tekan Defisit APBN

Reformasi Perpajakan dan Belanja Akan Tekan Defisit APBN

EKONOMI | 48 detik yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE