Logo BeritaSatu

Ancam Israel, Iran Klaim Siap Kerja Sama Nuklir

Selasa, 13 September 2022 | 12:07 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Dubai, Beritasatu.com- Iran menyatakan siap untuk kerja sama nuklir, tetapi sambil mengancam Israel dengan serangan drone. Seperti dilaporkan Reuters, Senin (12/9/2022), Israel telah mengancam akan menyerang situs nuklir Iran jika diplomasi gagal menyelamatkan pakta nuklir 2015.

Berbicara setelah kekuatan Eropa menyatakan frustrasi dengan niat Teheran untuk menyelamatkan perjanjian, juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran Nasser Kanaani mendesak Badan Energi Atom Internasional (IAEA) "untuk tidak menyerah pada tekanan Israel" atas kegiatan nuklir Teheran.

Dewan Gubernur IAEA bertemu pada Senin (12/9), tiga bulan setelah mengadopsi resolusi yang mendesak Iran untuk memberikan jawaban yang kredibel atas penyelidikan badan tersebut terhadap jejak uranium di tiga lokasi di Iran. Namun Iran menyatakan penyelidikan itu bermotif politik.

Pada Sabtu, Prancis, Inggris dan Jerman mengatakan mereka memiliki "keraguan serius" tentang niat Iran untuk menghidupkan kembali kesepakatan yang membatasi program nuklirnya dengan imbalan pencabutan sanksi, komentar yang ditolak oleh Teheran dan disebut "sangat tidak tepat waktu" oleh Moskwa.

"Iran mengumumkan kerja sama konstruktifnya dengan badan tersebut sebagai kewajibannya. Sementara Iran memiliki kewajiban, ia juga memiliki hak," kata Kanaani dalam konferensi pers yang disiarkan televisi.

"Tentu saja Iran mengharapkan tindakan konstruktif dari IAEA dan anggota dewan pemerintahannya," tambahnya.

Setelah 16 bulan pembicaraan tidak langsung antara Teheran dan Washington, kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa Josep Borrell mengatakan pada 8 Agustus bahwa blok tersebut telah memberikan tawaran terakhir untuk mengatasi kebuntuan untuk menghidupkan kembali perjanjian tersebut.

Awal bulan ini, Iran mengirimkan tanggapan terbarunya terhadap usulan teks UE. Diplomat Barat mengatakan itu adalah langkah mundur, dengan Teheran berusaha menghubungkan kebangkitan kesepakatan dengan penutupan penyelidikan IAEA ke dalam jejak uranium.

Kanaani menyebut pernyataan Eropa hari Sabtu "tidak konstruktif".

"Baik AS maupun Eropa harus membuktikan bahwa mereka tidak mengutamakan kepentingan rezim Zionis (Israel) saat mengambil keputusan politik," katanya.

Secara luas diyakini memiliki satu-satunya senjata nuklir di Timur Tengah tetapi yang melihat Iran sebagai ancaman eksistensial, Israel mengatakan akan menyerang situs nuklir Iran jika diplomasi gagal menahan ambisi nuklir Teheran. Iran telah bersumpah akan memberikan tanggapan yang "menghancurkan" terhadap setiap agresi Israel.

Kantor berita semi-resmi Mehr melaporkan Kepala pasukan darat Iran Brigadir Jenderal Kiomars Heidari mengatakan pada hari Senin bahwa Teheran telah mengembangkan pesawat tak berawak bunuh diri jarak jauh yang dirancang untuk menyerang Tel Aviv, Haifa Israel.

Direktur dinas mata-mata Israel Mossad, David Barnea, memperingatkan penguasa ulama Iran agar tidak "melakukan kekerasan terhadap Israel atau Israel".

"Eselon teratas Iran harus menyadari bahwa menggunakan kekuatan terhadap Israel atau Israel, langsung dari Iran atau melalui proxy, akan menemui tanggapan yang menyakitkan terhadap mereka yang bertanggung jawab - di tanah Iran," kata Barnea dalam pidatonya di Universitas Reichman dekat Tel Aviv pada Senin.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Wapres: Perlu Kerja Bersama Turunkan Angka Stunting di Indonesia

Wapres KH Ma'ruf Amin menegaskan perlu kerja bersama yang makin intens antara semua stakeholder dalam menurunkan angka stunting di Indonesia.

NEWS | 7 Desember 2022

Destinasi Wisata di Nusa Penida Disiapkan Secara Optimal

Destinasi wisata Kepulauan Nusa Penida, Klungkung disiapkan secara optimal karena memiliki pemandangan alam yang indah yang dapat dinikmati oleh wisatawan.

NEWS | 7 Desember 2022

Drone Serang Pangkalan Udara Rusia, Analis: Sistem Pertahanan Gagal

Dua serangan drone di pangkalan udara di dalam wilayah Rusia telah membuat Moskwa mendapat pukulan besar.

NEWS | 7 Desember 2022

Musra XIX Digelar di DIY Awal Tahun Depan

Daerah Istimewa Yogyakarta atau DIY bakal menjadi tuan rumah Musyawarah Rakyat alias Musra ke XIX bulan Januari tahun depan.

NEWS | 7 Desember 2022

Al Jazeera Ajukan Kasus Shireen Abu Akleh ke Pengadilan Internasional

Al Jazeera telah mengajukan kasus pembunuhan jurnalis Shireen Abu Akleh, yang ditembak di kepala saat meliput serangan Israel ke Pengadilan Kriminal Internasional.

NEWS | 7 Desember 2022

Ganjar Pranowo dan Cerita Dapur Megawati di Kebagusan

Ganjar Pranowo mengaku banyak mendapat ilmu dan pengalaman politik di dapur rumah Megawati Soekarno Putri di Kebagusan, Jakarta Selatan.

NEWS | 7 Desember 2022

7 Desember, Polda Metro Uji Coba Tilang Elektronik Mobile

Polda Metro Jaya uji coba penindakan menggunakan sistem tilang elektronik mobile atau electronic traffic law enforcement/ETLE mobile mulai 7 Desember

NEWS | 6 Desember 2022

KKB Tembak Mati 3 Tukang Ojek di Pegunungan Bintang Papua

KKB tembak mati tiga tukang ojek di Kampung Mangabib, Distrik Oksebang Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua.

NEWS | 6 Desember 2022

Ganjar: Pemanfaatan Medsos Penting bagi Pemimpin Masa Kini

Ganjar Pranowo membeberkan pentingnya pemanfaatan medsos bagi pemimpin masa kini.  Medsos sangat penting untuk menjangkau banyak masyarakat.

NEWS | 6 Desember 2022

Foto Prewedding, Kaesang Sempat Kabur Saat Mau Didandani Rama Jee

Make up Artist (MUA) Rama Jee mengaku, Kaesang Pangarep sempat kabur saat akan didandani untuk foto prewedding.

NEWS | 6 Desember 2022


TAG POPULER

# Ricky Rizal


# Kecelakaan Beruntun di Jaktim


# Pernikahan Kaesang


# Piala Dunia 2022


# Gempa Cianjur


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Wapres: Perlu Kerja Bersama Turunkan Angka Stunting di Indonesia

Wapres: Perlu Kerja Bersama Turunkan Angka Stunting di Indonesia

NEWS | 9 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE