Logo BeritaSatu

Patahkan Persepsi Negatif soal Santri, Qodr Usung Pelatihan IT

Selasa, 13 September 2022 | 12:34 WIB
Oleh : Jaja Suteja / JAS

Yogyakarta, Beritasatu.com - Hampir selalu kita temukan persepsi negatif masyarakat soal santri yang dikaitkan dengan susahnya berkarier, terkekang, dan monoton. Namun, persepsi tersebut ditolak oleh Qodr, pelatihan IT yang berbasis pondok dan berlokasi di Mangunan, Dlingo, Bantul, Yogyakarta.

Perkembangan teknologi informasi di Indonesia memang mengalami perkembangan dan pertumbuhan yang cepat, seiring dengan digitalisasi yang semakin meluas.

Teknologi informasi dapat dimanfaatkan sebagai media untuk mengirimkan, mengolah, memperoleh, menafsirkan, menyimpan, menggunakan data, hingga mengorganisasikan data.

Internet merupakan salah satu hasil teknologi informasi yang saat ini telah menunjukkan bahwa teknologi telah berkembang dengan begitu cepatnya di seluruh dunia. Dewasa ini, seluruh dunia sudah tak asing lagi dengan penggunaan internet.

Kemudian internet menjadi sumber daya informasi yang kini menjadi kebutuhan bagi seluruh warga dunia, termasuk di Indonesia. Di negara Indonesia sendiri, angka penggunaan internet terus mengalami kenaikan setiap tahunnya.

Ketua Umum Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) Muhammad Arif, Juni lalu menuturkan, bahwa 77% dari total penduduk di Indonesia telah menggunakan internet. Selain itu, Indonesia yang sempat mengalami pandemi Covid-19 juga menjadi salah satu dorongan terkait pertumbuhan teknologi yang gesit ini.

Diketahui bahwa sebelumnya tercatat pengguna internet di Indonesia sebanyak 175 juta jiwa, akan tetapi di tahun 2022 angka tersebut naik menjadi 210 juta jiwa. Melihat data tersebut maka dapat disimpulkan bahwa Indonesia mengalami kenaikan sebesar 35 juta jiwa pengguna internet.

"Tentunya efek pandemi ini sangat membawa dampak signifikan penggunaan internet di Indonesia," ujarnya.

"Kita masih punya berbagai sektor lain yang berpotensi ditransformasikan secara digital tersebut, seperti sektor pendidikan yang selama ini sumbangannya ke PDB mencapai 3,28%, ini angka yang signifikan secara ekonomi sangat mungkin lebih besar lagi ditransformasikan secara digital," sambungnya.

Hal inilah yang menjadi alasan Qodr memberikan pelatihan IT berbasis pondok kepada para santrinya, sekaligus mematahkan persepsi negatif santri dianggap tak mampu bekerja.

Qodr memiliki tujuan untuk membimbing para santrinya menjadi anak muda yang berkarya, profesional saat bekerja, dan tidak lupa dengan agama.

Usman Rubiantoro, yang merupakan founder dari Qodr, mendobrak persepsi negatif tersebut dengan merangkul santri untuk mandiri, profesional, dan berakhlak mulia.

“Gunakan waktu berhargamu untuk membuatmu dan karyamu lebih berharga,” ujar Usman.

Dengan memiliki visi untuk mencetak profesional IT yang mengamalkan ajaran Islam, para santri selalu dilatih untuk tidak lupa akan hal-hal penting dalam hidup, dan salah satunya adalah melatih ketakwaan, menerapkan syariat Islam yang baik dan benar.

Qodr juga pernah memperoleh penghargaan dari Infinity Global Inovasi, startup group yang telah membawa banyak solusi dan terobosan atas masalah IT Indonesia.

Pada 31 Agustus 2022, atas gerakan pembawa perubahan pada generasi muda dan muslim Indonesia, Qodr mendapatkan penghargaan Game Changer of The Year di acara Grand Launching DimensiCloud.id yang bertema “Theater of Happiness”.

Pada sistem pembelajarannya, Qodr menerapkan sistem beasiswa kakak asuh yang memudahkan santri dan calon santri baru untuk belajar di Qodr.

Sementara pilihan konsentrasi yang bisa ditempuh yakni jalur programming terdiri dari frontend, backend, dan mobile development, dan konsentrasi UI/UX dan illustration di jalur design.

Hingga saat ini, Qodr terus membuka penerimaan santri baru yang dapat diakses melalui psb.qodr.or.id.

Just action and make it happen. Nikmati prosesnya...jadikan sukses sebagai bonusnya,” kata Usman Rubiantoro.

Selain itu, telah ada ratusan santri yang menjadi lulusan Qodr dan berhasil terjun ke dunia kerja sebagai profesional di bidang IT.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Penasihat Hukum: Saksi Aditya Cahya Pelapor Atau Timsus?

Penasihat hukum Arif Rachman mempertanyakan keberadaan saksi Kompol Aditya Cahya, apakah bertindak sebagai pelapor atau sebagai Timsus di Dittipidsiber.

NEWS | 26 November 2022

Update Gempa Cianjur: 318 Jiwa Orang Meninggal Dunia

Jumlah korban meninggal akibat gempa Cianjur, hingga hari ini, Sabtu (26/11/2022) pukul 17.00 WIB terus bertambah menjadi 318 orang.

NEWS | 26 November 2022

Segera Dibuka, Intibios Hang Tuah Hadirkan Layanan Kesehatan Satu Atap

Intibios Hang Tuah yang akan segera beroperasi memberikan layanan kesehatan satu atap yaitu laboratorium, klinik sekaligus farmasi di satu tempat.

NEWS | 26 November 2022

Enggartiasto: Intibios Utamakan Experience Layanan Kesehatan

Enggartiasto Lukita menyatakan bahwa layanan kesehatan Intibios ingin memberikan pengalaman pelayanan kesehatan yang berbeda kepada masyarakat.

NEWS | 26 November 2022

Kendarai Motor, Mahasiswa UMM Jatuh dari Jembatan Setinggi 25 Meter

Mahasiswa UMM Irfaan Hafids Akbar jatuh dari atas jembatan Soekarno Hatta, Kota Malang. Korban jatuh dari ketinggian 25 meter.

NEWS | 26 November 2022

Antar Bantuan Korban Gempa Cianjur, BNPB Gunakan Motor

BNPB menggunakan sepeda motor untuk mengantarkan bantuan bagi korban gempa Cianjur yang berada di daerah yang susah dijangkau.

NEWS | 26 November 2022

Jokowi Tegaskan Reputasi Global Indonesia Patut Dijaga

Presiden Jokowi mengatakan reputasi global yang diraih Indonesia saat ini patut dijaga keberlanjutannya oleh kepemimpinan berikutnya.

NEWS | 26 November 2022

Guru Diminta Ciptakan Lingkungan Belajar Menyenangkan

Mendikbudristek, Nadiem Anwar Makarim mengajak guru berinovasi menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan.

NEWS | 26 November 2022

Warga Rembang Bergerak Membantu Korban Gempa Cianjur

Masyarakat di Rembang terus bergerak membantu para korban gempa Cianjur, Provinsi Jawa Barat. Mereka dengan menggalang bantuan di jalan protokol di Rembang.

NEWS | 26 November 2022

BPKH Menyerahkan Bantuan untuk Korban Gempa Cianjur

Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) menyerahkan bantuan kemaslahatan senilai Rp 2,2 miliar untuk para korban gempa Cianjur.

NEWS | 26 November 2022


TAG POPULER

# Kasus Tambang Ilegal


# Henry Yosodiningrat


# Net89


# Tiket KCJB


# PLN


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Piala Dunia 2022: Susunan Pemain Polandia vs Arab Saudi

Piala Dunia 2022: Susunan Pemain Polandia vs Arab Saudi

SEMESTA BOLA 2022 | 2 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE