Logo BeritaSatu

Ini Pejabat yang Data Pribadinya Disebar Hacker Bjorka

Selasa, 13 September 2022 | 16:01 WIB
Oleh : Tim Beritasatu.com / AB

Jakarta, Beritasatu.com - Peretas atau hacker Bjorka menjadi trending topic belakangan ini setelah membeberkan sejumlah data pribadi pejabat Pemerintah Indonesia. Masyarakat luas pun langsung menyoroti masalah bocornya data sejumlah pejabat negara akibat perbuatan hacker dengan identitas Bjorka tersebut.

Peretas ini melakukan doxing atau menyebarkan informasi pribadi, seperti nama, nomor telepon, pekerjaan, nomor kartu keluarga (KK), nomor induk kependudukan (NIK), hingga ID vaksin.

Terbaru, salah pimpinan DPR dan elite partai politik (parpol) yang juga dibongkar data pribadinya oleh hacker Bjorka adalah Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar. Akibat data pribadinya dibocorkan ke publik, Muhaimin Iskandar memutuskan untuk tidak menggunakan aplikasi WhatsApp (WA) untuk sementara waktu.

"Ini mengerikan. WA saya mulai jam 09.00 ratusan pesan masuk, berbagai macam karena datanya bocor. Ini yang menjadi bahayanya," kata Muhaimin di Kompleks DPR, Jakarta, Selasa (13/9/2022).

Saat awal melakukan aksinya, Bjorka membocorkan data atau informasi Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G Plate. Data pribadi yang disebar mencakup alamat, NIK, KK, agama, golongan darah, pendidikan, hingga nama orang tua dan istri.

Tak lama kemudian, Bjorka menyebarkan informasi pribadi Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Puan Maharani. Informasi yang disebar oleh peretas itu sama seperti yang dilakukan terhadap menkominfo.

Selanjutnya, hacker ini membagikan informasi pribadi Menteri BUMN, Erick Thohir.

Belum puas, Bjorka kemudian membagikan informasi pribadi Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan.

Walaupun akun media sosial miliknya telah berkali-kali ditutup, Bjorka tampaknya masih bersemangat untuk mengulik data pribadi kalangan pejabat pemerintah di Indonesia.

Ia kemudian kembali membuat akun media sosial untuk menyebarkan data pribadi yang diduga milik Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Tak Bisa Hadiri Pernikahan Kaesang-Erina, Gus Miftah Minta Maaf

Pendakwah Gus Miftah menyatakan permohonan maafnya karena tak bisa hadir dalam acara resepsi pernikahan yang akan digelar pasangan Kaesang-Erina.

NEWS | 5 Desember 2022

Erupsi Semeru, Penerbangan di Bandara Lombok Tak Terdampak

Aktivitas penerbangan di Bandara Lombok, NTB hingga saat ini tidak terdampak erupsi Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

NEWS | 6 Desember 2022

Ubah Keterangan, Ricky Rizal Sebut Ferdy Sambo Tak Gunakan Sarung Tangan

Ricky Rizal mengubah keterangan bahwa terdakwa Ferdy Sambo tidak menggunakan sarung tangan ketika terjadi penembakan terhadap Brigadir J.

NEWS | 5 Desember 2022

Ganjar Targetkan 100 Persen Mal Pelayanan Publik (MPP) di Jateng

Saat ini ada sekitar 103 MPP di Indonesia dan 22 di antaranya di area Jateng. Ditargetkan, sebanyak 13 wilayah di Jateng akan punya MPP tidak lama lagi.

NEWS | 5 Desember 2022

PMI Dirikan 500 Huntara untuk Warga Korban Gempa Cianjur

PMI membangun hunian sementara (huntara) bagi korban gempa Cianjur di tiga desa di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat

NEWS | 6 Desember 2022

Hadapi Potensi Gempa, BNPB: Fasum dan Fasos Perlu Diperkuat

BNPB) mengimbau agar fasilitas umum (fasum) dan fasilitas sosial (fasos) perlu diperkuat untuk menghadapi potensi gempa.

NEWS | 6 Desember 2022

Erupsi Semeru, PLN Salurkan Bantuan Logistik dan Layanan Kesehatan

PLN menyalurkan bantuan logistik dan layanan kesehatan kepada warga yang terdampak bencana awan panas guguran (APG) Gunung Semeru.

NEWS | 6 Desember 2022

Bangun Rumah Relokasi Korban Gempa Cianjur, PUPR Galang Dana CSR

Kementerian PUPR menggalang dana corporate social responsibility (CSR) untuk membangun rumah relokasi tahan gempa bagi warga korban Gempa Cianjur.

NEWS | 6 Desember 2022

Menkes Ingatkan Orang Tua Pentingnya Imunisasi Polio

Menkes mengingatkan kepada orang tua mengenai pentingnya imunisasi polio guna mencegah terjadinya lumpuh kayu terhadap anak.

NEWS | 6 Desember 2022

Ruko Bekas Holywings Tanjung Duren Jakbar Kebakaran

Ruko bekas Holywings Tanjung Duren, Jakbar, kebakaran. Eks Holywings itu kini berganti nama menjadi Helens.

NEWS | 5 Desember 2022


TAG POPULER

# Erupsi Semeru


# Rizky Febian


# Bahlil Lahadalia


# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Liga 1: Bhayangkara Tundukkan 10 Pemain PSS Sleman

Liga 1: Bhayangkara Tundukkan 10 Pemain PSS Sleman

BOLA | 19 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE