Logo BeritaSatu

Dukung Kelancaran KTT G-20, Kemenhub Gelar Rapat Koordinasi

Selasa, 13 September 2022 | 22:37 WIB
Oleh : JNS

Badung, Beritasatu.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Ditjen Hubdat) mempersiapkan dukungan berupa manajemen rekayasa lalu lintas (MRLL) dan penyediaan bus listrik untuk penyelenggaraan KTT G-20 di Bali pada November 2022 mendatang.

Untuk mematangkan persiapan tersebut, Kemenhub menggelar rapat koordinasi dengan para stakeholder.

“Hari ini, kami mengundang stakeholder untuk mendukung pelaksanaan MRLL dalam acara G-20 sehingga semua delegasi dan kegiatan masyarakat berjalan dengan baik,” kata Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Hendro Sugiatno pada Rakor Penyelenggaraan KTT G-20 Indonesia 2022 di Hotel Aryaduta, Bali pada Selasa (13/9/2022).

Dalam kegiatan rapat yang berlangsung selama 12-13 September 2022 ini, Dirjen Hendro menyampaikan bahwa rencana pengaturan lalu lintas jalan akan diberlakukan pada 10 ruas jalan sejak area bandara, Seminyak, Sanur, Jimbaran, dan Nusa Dua.

Skenario MRLL yang disiapkan oleh Ditjen Hubdat berupa skema ganjil genap dan pembatasan operasional angkutan barang.

"Pembatasan Angkutan Barang dan Pemberlakuan Ganjil Genap dilaksanakan pada tanggal 8 sampai 19 November 2022 sejak pukul 06.00-20.00 WITA," ungkap Direktur Lalu Lintas Jalan Cucu Mulyana.

Sementara buka tutup arus lalu lintas rencananya akan diberlakukan pada ruas-ruas jalan berikut:

1. Simpang Pasenggaran - Hutan Mangrove
2. Jl. Pantai Menggiat – Hotel Apurva Kempinski
3. Simpang Unud - GWK

“Seminggu sebelum pelaksanaan KTT G-20 akan dilaksanakan uji coba sistem ganjil genap sehingga dapat diketahui kondisi lalu lintas dan jumlah kendaraan pada hari pelaksanaan,” tambah Cucu.

Melalui kegiatan hari ini, Dirjen Hendro berterima kasih atas semua masukan yang diterima dari seluruh stakeholder yang hadir sehingga dapat memperkaya pertimbangan jajarannya dalam menentukan dan mempersiapkan MRLL KTT G20.

“Selanjutnya nanti kita akan mencari waktu kapan akan dilakukan tactical floor game (TFG) bersama dengan Polda dan sosialisasi nanti akan kami kerjakan. Sosialisasi (pelaksanaan MRLL) ini untuk masyarakat Bali, pelaku wisata di Bali maupun luar Bali sehingga mengetahui rekayasa lalu lintas berkaitan dengan KTT G-20. Diharapkan tidak ada komplain maupun permasalahan terkait MRLL karena pasti berdampak terhadap aktivitas masyarakat,” jelas Dirjen Hendro.

Dirjen Hendro menyatakan bahwa pihaknya menyadari konferensi bertaraf internasional tersebut akan mempengaruhi mobilitas masyarakat lokal maupun wisatawan Bali.

Oleh karenanya, ia berharap dengan mematangkan persiapan MRLL tersebut dapat mencegah kepadatan arus lalu lintas di simpul-simpul lalu lintas yang akan dilalui delegasi.

Bus Listrik

Sementara itu dukungan bus listrik sebanyak 30 unit akan dikerahkan untuk mengangkut para delegasi KTT G-20.

Bus listrik ini merupakan hasil sewa dari bus listrik skema BTS dari Kota Bandung dan Surabaya maupun pengadaan Bus Merah Putih Kerjasama Ditjen Hubdat, Ditjen Dikti Ristek, dan INKA.

“Mudah-mudahan ada titik yang bisa kita simpulkan untuk bisa berkoordinasi bersama-sama. Niat saya dari rapat hari ini dapat mendukung secara maksimal KTT G-20 berjalan dengan baik dari sisi kelancaran arus orang dan barang, bagaimana juga aktivitas masyarakat yang berwisata, maupun masyarakat lokal Bali dapat menikmati adanya KTT G-20. Mudah-mudahan masyarakat Bali juga mendukung ada KTT G-20,” pungkas Dirjen Hendro.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: PR

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Profil Yudo Margono, Anak Petani yang Jadi Calon Panglima TNI

Kasal Laksamana TNI Yudo Margono ditunjuk Presiden Jokowi sebagai calon Panglima TNI. Begini profil Yudo Margono yang merupakan anak petani. 

NEWS | 30 November 2022

Paus Doakan Korban Gempa Cianjur, Ridwan Kamil: Hatur Nuhun

Paus Fransiskus mendoakan korban gempa Cianjur. Atas doa Paus Fransiskus, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengucapkan hatur nuhun.

NEWS | 30 November 2022

Serangan Gelombang Dingin di Xinjiang Tewaskan Tujuh Jiwa

Gelombang dingin di Daerah Otonomi Xinjiang telah menewaskan tujuh orang, menurut situs berita Tiongkok yang mengutip otoritas setempat, Rabu (30/11/2022).

NEWS | 30 November 2022

Bharada E Beberkan Ferdy Sambo dan Putri Pisah Rumah

Di persidangan perkara dugaan pembunuhan berencana Brigadir J, Bharada E membeberkan soal Ferdy Sambo dan istrinya, Putri Candrawathi pisah rumah. 

NEWS | 30 November 2022

2 Jenazah Kru Helikopter Polri Diserahkan kepada Keluarga

Jenzah Bripda Khoirul Anam dan Briptu Lasminto, dua kru helikopter Polri P-1103 yang jatuh di Babel diserahkan kepada keluarga, Rabu (30/11/2022).

NEWS | 30 November 2022

LRT Jabodebek Tanpa Masinis, KAI Siapkan SDM Andal

LRT Jabodebek akan beroperasi tanpa masinis, oleh karena itu PT KAI akan menyiapkan SDM andal.

NEWS | 30 November 2022

Keluarga Tewas di Kalideres, Polisi Tunggu Hasil Pemeriksaan Patologi Anatomi

Polda Metro Jaya menunggu hasil pemeriksaan patologi anatomi untuk menyimpulkan penyebab satu keluarga tewas di Kalideres, Jakarta Barat. 

NEWS | 30 November 2022

Kuasa Hukum Bharada E Gali Fakta Sarung Tangan Ferdy Sambo

Kuasa hukum Bharada E menyatakan akan menggali keterangan dari Kuat Ma'ruf dan Bripka Ricky Rizal mengenai sarung tangan yang digunakan Ferdy Sambo.

NEWS | 30 November 2022

Mangkir dari Pemeriksaan soal Tambang Ilegal, Ismail Bolong Berdalih Sakit

Ismail Bolong mangkir atau tidak memenuhi panggilan pemeriksaan penyidik Dit Tipidter Bareskrim Polri terkait kasus tambang ilegal dengan alasan sakit. 

NEWS | 30 November 2022

Ditembak OTK, Anggota Polres Yahukimo di Dekai Tewas

Orang tak dikenal atau OTK, Selasa (29/11/2022) sekitar pukul 23.09 WIT menembak Brigadir Polisi Muhammad Yusdar, anggota Polres Yahukimo hingga tewas.

NEWS | 30 November 2022


TAG POPULER

# Putri Candrawathi


# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


# Keluarga Dibunuh di Magelang


# Helikopter Jatuh


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Profil Yudo Margono, Anak Petani yang Jadi Calon Panglima TNI

Profil Yudo Margono, Anak Petani yang Jadi Calon Panglima TNI

NEWS | 50 detik yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE