Logo BeritaSatu

Peti Mati Ratu Elizabeth Tiba di Istana Buckingham

Rabu, 14 September 2022 | 07:32 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

London, Beritasatu.com- Peti mati Ratu Elizabeth tiba di Istana Buckingham, Inggris saat banyak orang berkerumun. Seperti dilaporkan Al Jazeera, Selasa (13/9/2022), puluhan ribu orang berkumpul di London untuk memberi penghormatan kepada raja Inggris yang paling lama memerintah.

Raja Charles dan anggota keluarga kerajaan telah menerima peti mati mendiang Ratu Elizabeth di Istana Buckingham. Dalam prosesi lambat pada hari Selasa, mobil jenazah dengan penerangan khusus melewati jalan-jalan London untuk memungkinkan puluhan ribu orang melihat peti mati itu lewat.

Advertisement

Elizabeth meninggal dengan tenang pada usia 96 tahun pada Kamis (8/9) di rumah liburannya di Kastil Balmoral, Dataran Tinggi Skotlandia, membuat bangsa itu berkabung untuk seorang raja yang telah memerintah selama 70 tahun.

Pada Rabu, peti mati ratu akan dibawa dengan kereta meriam ke Westminster Hall. Di sana, peti akan ditempatkan sampai pemakaman pada hari Senin.

Anggota masyarakat akan diizinkan untuk memberi hormat dan berjalan melewati peti mati selama 24 jam sehari hingga pagi hari pemakaman, yang akan dihadiri oleh puluhan pemimpin dunia, termasuk Presiden AS Joe Biden. Undangan tersebut belum diberikan kepada para pemimpin Rusia, Belarusia dan Myanmar.

Sebelum mencapai London, peti mati diterbangkan dari Skotlandia dengan pesawat Angkatan Udara Kerajaan setelah disemayamkan di Katedral St Giles di Edinburgh semalam. Sekitar 33.000 orang telah melewati peti mati sepanjang malam di ibu kota Skotlandia untuk memberikan penghormatan.

Sebelumnya pada Selasa, Charles mengunjungi Irlandia Utara untuk memimpin berkabung bagi ratu di sana. Para pemimpin politik di Belfast memberi penghormatan kepada upaya ibunya menuju rekonsiliasi antara komunitas yang terpecah di provinsi yang dikelola Inggris dan mendesaknya untuk mengikuti teladannya. Dia kemudian kembali ke London saat peti mati diterbangkan ke selatan.

Puluhan ribu orang ternyata mengikuti prosesi peti mati di sepanjang Royal Mile Edinburgh yang bersejarah pada Senin (12/9) setelah dibawa dari Balmoral. Pada Senin malam, Charles, saudara perempuannya Anne dan saudara laki-laki Andrew dan Edward menghadiri acara berjaga-jaga di katedral.

Peti mati itu dijemput dari St Giles pada Selasa (13/9) sore dan dibawa dengan mobil jenazah ke bandara Edinburgh, dengan sekelompok orang berdiri hening di pinggir jalan. Prosesi itu ditemani oleh Putri Anne.

"Merupakan suatu kehormatan dan hak istimewa untuk menemaninya dalam perjalanan terakhirnya. Menyaksikan cinta dan rasa hormat yang ditunjukkan oleh begitu banyak orang dalam perjalanan ini sangat merendahkan hati dan membangkitkan semangat," kata Anne.

Sekelompok prajurit dari Angkatan Udara Kerajaan Inggris membawa peti mati ke pesawat pengangkut. Seorang pengawal kehormatan dari Resimen Kerajaan Skotlandia berdiri dengan bayonet tetap saat band resimen memainkan lagu kebangsaan saat pesawat mulai meluncur. Dengan itu, Skotlandia mengucapkan selamat tinggal pada ratu.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Ternyata Gempa Dahsyat Turki Sudah Diprediksi Peneliti Ini 3 Hari Sebelumnya

Gempa dahsyat berkekuatan magnitudo (M) 7,8 mengguncang Turki dan Suriah pada Senin (6/2/2023).

INTERNASIONAL | 7 Februari 2023

Pedagang Pasar Pramuka Setop Penjualan Obat Sirop Praxion

Pedagang Pasar Pramuka telah menyetop penjualan obat sirop penurun demam anak Praxion setelah ditemukannya kasus baru gangguan ginjal akut pada anak.

NASIONAL | 7 Februari 2023

Pemprov DKI Bangun Jalan Layang untuk Tambah Akses ke JIS

Pemprov DKI Jakarta sedang membangun jalan layang non-tol (JLNT) untuk menambah akses ke JIS atau Jakarta International Stadium.

MEGAPOLITAN | 7 Februari 2023

Ada 100 Gempa Susulan Terjadi di Turki, Kerusakan Bisa Bertambah

Ada 100 gempa susulan berkekuatan 4,0 atau lebih telah terjadi sejak gempa dahsyat  melanda Turki selatan pada Senin pagi waktu setempat, menurut USGS.

INTERNASIONAL | 7 Februari 2023

Kapolri Benarkan Pilot Susi Air Kapten Philips Disandera KKB Papua

Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo membenarkan pilot pesawat perintis Susi Air PK-BVY disandera Kelompok kriminal bersenjata (KKB) Papua.

NEWS | 7 Februari 2023

Bantuan dari Dunia Internasional Berdatangan untuk Turki dan Suriah

Hanya sehari setelah gempa dahsyat M 7,8 mengguncang Turki dan Suriah, pada Senin, dunia internasional merespons dengan mengirimkan bantuan ke sana.

INTERNASIONAL | 7 Februari 2023

Kisah Pilu Juli, Ayah Korban Meninggal Akibat Gagal Ginjal Akut

Sambil menahan tangis dengan wajah nanar, Juli menceritakan kepergian sang anak Rizky, yang sempat dilarikan ke (RSUP) Persahabatan Jakarta Timur, pada Juli 2022.

NASIONAL | 7 Februari 2023

Kapolri: Pilot dan Penumpang Susi Air yang Diamankan KBB Papua Sedang Dicari

Kapolri  membenarkan bahwa pilot pesawat perintis Susi Air PK-BVY Kapten Philips M berkebangsaan Selandia Baru disandra KKB Papua.

NEWS | 7 Februari 2023

Gempa Turki, 104 WNI Tak Punya Tempat Tinggal Layak dan Segera Dievakusi ke Ankara

Sebanyak 104 warga negara Indonesia (WNI) sudah tidak memiliki tempat tinggal yang layak akibat gempa Turki.

NEWS | 7 Februari 2023

Pertahanan Sipil Suriah: Korban Tewas Gempa Meningkat di Wilayah yang Dikuasai Pemberontak

Pertahanan Sipil Suriah mengatakan, jumlah korban tewas akibat gempa dahsyat M 7,8 di Turki diyakini jumlahnya akan meningkat secara signifikan.

INTERNASIONAL | 7 Februari 2023


TAG POPULER

# Warunk Upnormal


# Susi Air


# Gempa Turki


# Jokowi


# Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Pedagang Pasar Pramuka Setop Penjualan Obat Sirop Praxion

Pedagang Pasar Pramuka Setop Penjualan Obat Sirop Praxion

NASIONAL | 5 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE