Logo BeritaSatu

Yasonna: Agama Bisa Jadi Berkat dan Pemersatu, tetapi Bukan Penyatuan

Rabu, 14 September 2022 | 11:48 WIB
Oleh : Lenny Tristia Tambun / CAR

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna Hamonangan Laoly menegaskan agama bisa menjadi berkat dan pemersatu, tetapi bukan penyatuan. Pemersatu lebih kepada sikap toleransi ajaran keagamaan.

Hal tersebut disampaikan Yasonna dalam acara konferensi internasional virtual yang bertajuk “Kebebasan Beragama, Supremasi Hukum, dan Literasi Keagamaan Lintas Budaya”, Selasa (13/9/2022) malam.

Ia menerangkan secara terminologi kata agama berasal dari bahasa Sansekerta, yaitu berarti "tidak" dan "gama" yang berarti kacau.

“Dengan demikian, agama adalah aturan yang mengatur manusia agar kehidupannya menjadi teratur dan tidak kacau,” kata Yasonna Laoly.

Oleh karena itu, menurutnya, diharapkan dengan adanya pengamalan nilai agama yang dianut para pemeluk agama, dapat mewujudkan suasana ketertiban yang merupakan salah satu fungsi hukum itu sendiri.

“Agama bisa menjadi berkat dan pemersatu, akan tetapi bukan penyatuan. Konsep pemersatu bukan berarti penyeragaman, karena jika penyeragaman maka inilah yang akan menyebabkan konflik umat beragama. Pemersatu itu lebih kepada sikap toleransi ajaran keagamaan,” terang Yasonna.

Oleh karenanya, Yasonna menegaskan umat beragama harus mengedepankan apresiasi terhadap keberagaman keberagaman atau pluralitas. Dengan adanya rasa apresiasi terhadap keberagaman, maka terwujudlah rasa kemanusiaan yang beradab seperti pada sila kedua Pancasila. Kemudian, terwujudlah memperlakukan manusia dengan adil seperti sila kelima, dan terwujudlah kesatuan seperti sila ketiga.

Menurutnya, kemajemukan agama menuntut semua umat beragama agar bisa bergaul dan berdiskusi dengan umat beragama lain. Tidak manusiawi jika ada sesuatu kekerasan atau kejahatan yang bertujuan untuk memaksakan agama kepada orang lain.

“Karena yang namanya agama adalah sebuah keyakinan yang dipercayai oleh masing-masing orang,” tegas Yasonna Laoly.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Tiongkok Hapuskan Syarat Tes PCR di Beijing dan 50 Kota Lain

Otoritas Kota Beijing dan 50 kota lain di Tiongkok menghapus persyaratan tes PCR bagi warga setempat setelah gelombang pandemi Covid-19 mereda.

NEWS | 7 Desember 2022

Top 5 News: Pengakuan Sambo soal Istrinya Diperkosa dan KKB Tembak Mati Tukang Ojek

Pengakuan Ferdy Sambo soal istrinya diperkosa Brigadir J dan Basarnas cari korban gempa Cianjur merupakan dua dari lima berita terpopuler (top 5 news).

NEWS | 7 Desember 2022

Inovasi Pendidikan Vokasi Untuk Kendaraan Listrik Indonesia Akan Terus Ditingkatkan

Inovasi-inovasi nyata karya anak bangsa untuk menangani krisis iklim semakin terakselerasi cepat, mulai dari tingkat SMK hingga perguruan tinggi.

NEWS | 7 Desember 2022

Wapres: Perlu Kerja Bersama Turunkan Angka Stunting di Indonesia

Wapres KH Ma'ruf Amin menegaskan perlu kerja bersama yang makin intens antara semua stakeholder dalam menurunkan angka stunting di Indonesia.

NEWS | 7 Desember 2022

Destinasi Wisata di Nusa Penida Disiapkan Secara Optimal

Destinasi wisata Kepulauan Nusa Penida, Klungkung disiapkan secara optimal karena memiliki pemandangan alam yang indah yang dapat dinikmati oleh wisatawan.

NEWS | 7 Desember 2022

Drone Serang Pangkalan Udara Rusia, Analis: Sistem Pertahanan Gagal

Dua serangan drone di pangkalan udara di dalam wilayah Rusia telah membuat Moskwa mendapat pukulan besar.

NEWS | 7 Desember 2022

Musra XIX Digelar di DIY Awal Tahun Depan

Daerah Istimewa Yogyakarta atau DIY bakal menjadi tuan rumah Musyawarah Rakyat alias Musra ke XIX bulan Januari tahun depan.

NEWS | 7 Desember 2022

Al Jazeera Ajukan Kasus Shireen Abu Akleh ke Pengadilan Internasional

Al Jazeera telah mengajukan kasus pembunuhan jurnalis Shireen Abu Akleh, yang ditembak di kepala saat meliput serangan Israel ke Pengadilan Kriminal Internasional.

NEWS | 7 Desember 2022

Ganjar Pranowo dan Cerita Dapur Megawati di Kebagusan

Ganjar Pranowo mengaku banyak mendapat ilmu dan pengalaman politik di dapur rumah Megawati Soekarno Putri di Kebagusan, Jakarta Selatan.

NEWS | 7 Desember 2022

7 Desember, Polda Metro Uji Coba Tilang Elektronik Mobile

Polda Metro Jaya uji coba penindakan menggunakan sistem tilang elektronik mobile atau electronic traffic law enforcement/ETLE mobile mulai 7 Desember

NEWS | 6 Desember 2022


TAG POPULER

# Ricky Rizal


# Kecelakaan Beruntun di Jaktim


# Pernikahan Kaesang


# Piala Dunia 2022


# Gempa Cianjur


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Ini Kronologi Ledakan Bom Bandung di Polsek Astana Anyar

Ini Kronologi Ledakan Bom Bandung di Polsek Astana Anyar

NEWS | 4 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE