Logo BeritaSatu

Mendesak, Regulasi Dukung Penambahan Tenaga Kesehatan

Rabu, 14 September 2022 | 12:31 WIB
Oleh : Feriawan Hidayat / FER

Pentingnya Pakta Integritas Dokter
Karakter dan etos kerja menurut pria yang memulai kariernya sebagai dokter di Puskesmas Kahala, Kutai, Kaltim ini menjadi kunci karena dengan karakter dan etos kerjalah kemampuan seorang tenaga kesehatan sebagai provider bisa terkerek.

Advertisement

Upaya memperbesar kuantitas nakes tanpa didampingi penguatan dari sisi etos kerja dan etika kerja, tentu masih tetap meninggalkan problem distribusi provider layanan kesehatan di daerah.

Hasto tidak mengada-ada bicara soal etos kerja pada tenaga pelayanan kesehatan. Setidaknya, pengalamannya sebagai bupati dua periode di Kulon Progo, serta sebagai seorang dokter di pedalaman Kalimantan Timur pada tahun 90-an membuatnya mampu memetakan dan membaca persoalan distribusi tenaga kesehatan di tanah air.

Ia menilai masih ada titik lemah di awal pendidikan dokter, yang bisa dijadikan momentum bagi pemerintah untuk meneguhkan loyalitas mereka dalam memberikan pelayanan kesehatan.

"Bentuknya adalah mengatur alur karier dokter sejak awal proses pendidikan. Ini bisa menjadi solusi persoalan etos kerja, dedikasi hingga persoalan distribusi provider yankes. Perlu juga dibuat sebuah regulasi yang mengatur periode para dokter bertugas di Puskesmas minimal selama tiga tahun, dengan dilengkapi penandatanganan pakta integritas para dokter,” ujarnya.

Periode minimal tiga tahun di Puskesmas ini dianggap Hasto bisa membentuk karakter para dokter yang bertanggung jawab sekaligus memiliki empati tinggi terhadap masyarakat, dan menumbuhkan sikap melayani dari dalam.

Di sisi lain, Hasto tetap menekankan pentingnya komitmen pemerintah dalam pemenuhan tenaga kesehatan secara kuantitas dan distribusi dokter di Indonesia.

Sebuah orkestrasi regulasi yang jelas dan tegas pun amat dibutuhkan dalam mencetak dokter yang mampu memberikan pelayanan yang berkualitas. Orkestrasi ini, lanjut Hasto, tentu tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah pusat, namun juga pemerintah daerah.

Berikutnya, Hasto menyebut pentingnya keseimbangan antara kewajiban dan hak dokter, serta perlunya ruang gerak para dokter untuk dapat tetap berpraktik di luar kewajiban, sesuai dengan adanya kecenderungan pemikiran para dokter yang pragmatis.

"Di dalam mindset para dokter ketika sekolah di kedokteran, mereka tahu kelak akan bekerja selama tiga tahun di Puskesmas dan memiliki basic salary yang bisa membuka peluang mereka untuk memiliki ruang praktik sendiri. Sehingga tetap punya optimisme bahwa mereka bisa 'hidup' di masa depan,” pungkasnya.




hal 2 dari 2 halaman

Halaman: 12selengkapnya

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Kondisi Pasien Gangguan Ginjal yang Dirawat di RSCM Membaik

Pasien anak suspek gangguan ginjal akut progresif atipikal (GGAPA) yang sedang dirawat di RSCM Jakarta, kondisinya semakin membaik.

NASIONAL | 9 Februari 2023

Pedagang Dipalak Preman, Kapolsek Koto Tangah Mengamuk

Kapolsek Koto Tangah, Padang, Sumatera Barat mengamuk sambil mencari pelaku pemalakan ratusan pedagang Pasar Pagi.

NEWS | 9 Februari 2023

Kuasa Hukum: Ibu Muda Tersangka Pencabulan Anak di Jambi Diperkosa

Kuasa hukum ibu muda yang menjadi tersangka pencabulan terhadap 17 anak-anak di  Jambi, menyebut klienya justru sebagai korban pemerkosaan.

NUSANTARA | 9 Februari 2023

Ini Syarat Masuk Akpol yang Wajib Dipenuhi Calon Taruna

Meskipun pendaftaran Akpol 2023 belum dibuka, namun secara umum ada beberapa syarat pendaftaran untuk masuk Akpol.

NASIONAL | 9 Februari 2023

Jokowi Minta Pers Menjalankan Peran sebagai Rumah Penjernih Informasi

Presiden Joko Widodo meminta insan pers untuk terus menjalankan peran sebagai rumah penjernih informasi di tengah merebaknya media digital.

NASIONAL | 9 Februari 2023

Keluarga Berharap Arif Rachman Dapat Kembali ke Polri

Kuasa hukum Marcella Santoso mengatakan, pihaknya akan memperjuangkan terdakwa Arif Rachman Arifin dapat kembali berdinas di instansi Polri.

MEGAPOLITAN | 9 Februari 2023

Jelang Vonis Arif Rachman, Kuasa Hukum: Kami Hanya Berharap kepada Tuhan

Sidang pembacaan vonis terdakwa kasus obstruction of justice, Arif Rachman Arifin digelar 23 Februari 2023. Pengacara hanya berharap kepada Tuhan.

MEGAPOLITAN | 9 Februari 2023

Pilot Susi Air Masih Belum Ditemukan Sampai Saat ini

Hingga kini tim gabungan TNI-Polri masih terus melakukan pencarian terhadap pilot Susi Air berkebangsaan Selandia Baru tersebut.

NUSANTARA | 9 Februari 2023

HPN 2023, Apa Itu Publisher Rights?

Publisher rights ialah regulasi yang menuntut tanggung jawab platform digital global, untuk memberikan nilai ekonomi atas konten berita yang diproduksi media.

NASIONAL | 9 Februari 2023

Kasus Gagal Ginjal Akut, Perusahaan Farmasi Diimbau Tarik Obat Secara Sukarela

Budi Gunadi Sadikin meminta  perusahaan farmasi menarik secara sukarela obat-obat sirop yang memiliki kandungan Etilen Glikol/Dietilen Glikol (EG/DEG).

NEWS | 9 Februari 2023


TAG POPULER

# Sugeng Guruh Gautama


# Disney PHK Karyawan


# Gempa Turki


# Ferdy Sambo


# Capres PDIP


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Keluarga Pilot Susi Air Minta Perlindungan Privasi ke Pemerintah Selandia Baru

Keluarga Pilot Susi Air Minta Perlindungan Privasi ke Pemerintah Selandia Baru

NUSANTARA | 7 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE