Logo BeritaSatu

Singapura Habiskan Rp 767 Triliun untuk Perangi Covid-19

Rabu, 14 September 2022 | 14:26 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Singapura, Beritasatu.com- Singapura menghabiskan anggaran S$72,3 miliar (Rp 767 triliun) untuk memerangi Covid-19 selama 2 tahun terakhir, lebih rendah dari komitmen awal.

“Sebanyak S$72,3 miliar dihabiskan untuk memerangi pandemi Covid-19 selama dua tahun anggaran (TA),” kata Menteri Keuangan Kedua Indranee Rajah di Parlemen, Selasa (13/9/2022).

Dari jumlah ini, S$13,4 miliar (Rp 142 triliun) digunakan untuk tindakan kesehatan masyarakat. Dana S$50,6 miliar (Rp 537 triliun) lainnya ditujukan untuk langkah-langkah dukungan bagi pekerja dan bisnis, sementara S$8,3 miliar (Rp 88 triliun) digunakan untuk rumah tangga langsung dan dukungan sosial.

“Total pengeluaran lebih rendah dari jumlah awal sebesar S$100 miliar (Rp1.061 triliun ) yang dijanjikan Pemerintah,” kata Indranee menjawab pertanyaan dari Anggota Parlemen Foo Mee Har (PAP-West Coast).

Menurut Indranee, ada dua alasan untuk pengeluaran yang lebih rendah. Pertama, pemerintah telah menyisihkan modal pinjaman di FY2020 untuk mengantisipasi pasar kredit yang ketat. Tapi ini tidak diperlukan pada akhirnya, karena Otoritas Moneter Singapura meluncurkan fasilitas dolar Singapura untuk menyediakan modal dengan bunga rendah kepada lembaga keuangan yang berpartisipasi, jelasnya.

Kedua, sumber daya yang disisihkan untuk kapasitas kesehatan masyarakat untuk memenuhi "skenario penurunan potensial" juga tidak sepenuhnya dimanfaatkan, karena langkah-langkah manajemen yang aman dan kerja sama dari Singapura telah membantu mencegah hasil kesehatan masyarakat yang parah.

“Namun, penggunaan dana yang kurang ini diimbangi oleh berbagai paket dukungan yang diperkenalkan selama fase peringatan dan stabilisasi yang meningkat dari Mei hingga November 2021 ketika kasus infeksi melonjak,” tambah menteri.

Indranee juga mencatat bahwa Kementerian Keuangan (Kemenkeu) telah memulai peninjauan kontrol dan pemeriksaan terkait pengadaan dan pengeluaran terkait Covid-19 sejak awal tahun ini.

“Instansi masing-masing sedang melakukan audit terhadap pengadaan dan pengeluaran terkait pandemi Covid-19 untuk memastikan transaksi yang bonafide, dan tidak ada pembayaran yang salah,” katanya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Ratusan Korban Banjir Pati Mulai Terserang Penyakit

Ratusan korban banjir pati mulai terserang penyakit. Tim Dokkes Polres Pati bersama Puskesmas Tambakromo pun membuka pengobatan gratis. 

NEWS | 3 Desember 2022

Cerita Petani Jamur Bisa Bikin Wisata Edukasi Berkat Ganjar, Kok Bisa?

Setelah tempat usahanya di Kecamatan Borobudur, Magelang didatangi Gubernur Ganjar Pranowo. Usahanya semakin laris dan dikunjungi hingga 1000-an orang.

NEWS | 2 Desember 2022

Ketua Umum IDI: Vaksinasi Upaya Pencegahan Penyakit Menular

Ketua Umum PB IDI Adib Khumaidi menyatakan, kasus polio di Aceh menjadi pelajaran semua pihak bahwa vaksinasi merupaya upaya pencegahan penyakit menular.

NEWS | 3 Desember 2022

Siapkan SDM Unggul, Jokowi Minta Guru Perhatikan 3 Hal Ini

Dalam sambutan di HUT ke-77 PGRI dan Hari Guru Nasional (HGN) 2022, Presiden Jokowi meminta para guru memperhatikan tiga hal dalam menyiapkan SDM unggul. 

NEWS | 3 Desember 2022

Lukisan Karya Anak Disabilitas di Bus Transjakarta Buat Orang Tua Bangga

Guru dan para orang tua bangga karena anak-anak disabilitas sudah tuntas melukis di badan bus Transjakarta pada Hari Disabilitas Internasional.

NEWS | 3 Desember 2022

Polda Sulsel Klarifikasi Video Viral Polisi Bongkar Kebobrokan Polri

Polda Sulawesi Selatan (Sulsel) mengklarifikasi video viral soal pengakuan seorang polisi Tana Toraja, Aipda Aksan yang membongkar kebobrokan institusi Polri.

NEWS | 3 Desember 2022

Jumlah Pengungsi Gempa Cianjur Terus Berkurang

Dua pekan setelah gempa Cianjur pada 21 November lalu jumlah pengungsi yang tinggal di tenda-tenda pengungsian terus berkurang.

NEWS | 3 Desember 2022

IDI: Kasus Polio di Aceh Jadi Pelajaran Pentingnya Vaksinasi

Ketua Umum PB IDI Adib Khumaidi mengatakan kasus polio di Aceh menjadi pelajaran penting bagi pemerintah dan masyarakat akan pentingnya vaksinasi.

NEWS | 3 Desember 2022

Bantu Korban Gempa Cianjur, Pemprov NTB Kirim 2 Truk Makanan

Gubernur NTB, Zulkieflimansyah melepas pengiriman dua truk bantuan berupa makan siap saji untuk para korban gempa Cianjur. 

NEWS | 3 Desember 2022

KPU Pastikan Anggaran Pemilu Akan Dilaporkan Tiap Triwulan

Komisi Pemilihan Umum (KPU) memastikan anggaran Pemilu 2022 akan dipertanggungjawabkan secara transparan dalam laporan keuangan triwulan.

NEWS | 3 Desember 2022


TAG POPULER

# Penumpang Air Asia Diseret


# Tenda Sakinah


# Piala Dunia 2022


# Paspampres Perkosa Kostrad


# Sidang Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Ratusan Korban Banjir Pati Mulai Terserang Penyakit

Ratusan Korban Banjir Pati Mulai Terserang Penyakit

NEWS | kurang dari 1 detik yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE