Logo BeritaSatu

UMPTN Diluncurkan untuk Pendampingan Talenta Digital

Rabu, 14 September 2022 | 16:03 WIB
Oleh : Jaja Suteja / JAS

Jakarta, Beritasatu.com - Sebagai solusi untuk mempertemukan dunia industri dengan talenta digital terbaik bangsa, Alkademi meluncurkan program Ujian Masuk Perusahaan Teknologi Nasional (UMPTN), Kamis 1 September 2022 lalu, di Blok 71 Jalan Ir H Juanda No 108 Bandung. Acara peresmian ini dihadiri oleh CEO Alkademi Dyan R Helmi dan Co-Founder Alkademi dan Head Engineering eFishery Puja Pramudya.

UMPTN hadir untuk mempertemukan talenta digital terbaik bangsa dengan lebih dari 50 mitra yang mencari kandidat. Nantinya setiap talenta-talenta yang mengikuti UMPTN akan diberikan fasilitas ujian programming, untuk menentukan keahlian, posisi, dan perusahaan mana yang cocok dengan talenta tersebut. Selain itu, peserta yang belum lolos tes ujian UMPTN, akan diberikan pelatihan gratis dari Alkademi.

Maksud dari dibuatnya program UMPTN ini adalah sebagai link and match talenta digital dengan perusahaan teknologi. Tujuannya untuk memberikan fasilitas bagi para talenta digital dalam mendapatkan pekerjaan dan membantu kalangan usaha industri teknologi dalam mendapatkan SDM yang dibutuhkan.

Materi ujian yang terdapat dalam UMPTN ini adalah Competitive Programming Test. Dalam ujian ini peserta wajib mengerjakan sejumlah soal terkait algoritma dan struktur data. Soal dapat dikerjakan menggunakan salah satu dari tiga bahasa yang disediakan yaitu: Golang, Javascript, dan C#.

Target dan sasaran peserta ujian UMPTN ini adalah 1.000 peserta, dengan kriteria peserta antara lain: siswa SMK yang telah lulus dan siap bekerja, mahasiswa universitas yang telah lulus kurang dari tiga tahun, serta peserta umum dari jurusan dan kalangan mana pun.

Proses yang akan dilalui peserta dalam UMPTN ini akan melalui beberapa tahap, yakni: pendaftaran yang akan dimulai 1 September 2022, menjalani ujian sesuai dengan kompetensi yang dipilih. Apabila hasil yang didapatkan oleh peserta memenuhi standar yang ditentukan perusahaan, peserta tersebut dapat langsung mengikuti wawancara kerja di perusahaan yang dipilih.

Namun apabila hasil yang didapatkan peserta kurang dari standar yang ditentukan perusahaan, peserta dapat mengikuti latihan dengan pendampingan langsung dari mentor Alkademi selama kurang lebih satu bulan secara gratis. Setelah melalui proses pelatihan, peserta dapat kembali mengikuti tes melalui tahapan try out.

Cara mengikuti UMPTN ini cukup mudah, peserta cukup mendaftar di situs https://umptn.id dengan mengisi biodata diri dan menyiapkan scan foto KTP Warga Negara Indonesia. Dengan diluncurkannya program UMPTN ini, harapannya dapat menjadi solusi dari kurangnya talenta digital di Indonesia dan juga menjadi link and match untuk perusahaan yang tepat.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

BNPB: Bencana Hidrometeorologi Diperkirakan Merata pada Desember

BNPB menyatakan, potensi terjadi bencana hidrometeorologi diperkirakan merata pada Desember 2022 mendatang.

NEWS | 29 November 2022

Tim Peneliti UGM Klaim Deteksi Gejala Sebelum Gempa Cianjur

Gejala gempa Cianjur itu tertangkap melalui sistem peringatan dini yang dikembangkan UGM dengan mengukur konsentrasi gas radon dan groundwater level 1-3.

NEWS | 29 November 2022

Ganjar Instruksikan Pemda ke Lapangan Antisipasi Inflasi

Ganjar Pranowo menginstruksikan 35 pemda untuk turun ke lapangan secara rutin hingga Januari 2023 guna mencegah terjadinya inflasi.

NEWS | 29 November 2022

Menlu Retno: Indonesia Akan Jadikan ASEAN sebagai Pusat Pertumbuhan Dunia

Menlu Retno Marsudi menegaskan, Indonesia akan menjadikan kawasan ASEAN sebagai pusat pertumbuhan dunia selama menjabat sebagai Ketua ASEAN. 

NEWS | 29 November 2022

Hujan Deras Guyur DKI, Beberapa Ruas Jalan Terendam Banjir

Hujan deras yang mengguyur Jakarta pada Senin (28/11/2022) petang, mengakibatkan beberapa ruas jalan teredam banjir.

NEWS | 28 November 2022

DPR Bakal Sahkan Kasal Yudo Margono Jadi Panglima TNI Sebelum 15 Desember

Ketua DPR Puan Maharani meyakini, pihaknya dapat mengesahkan Kasal Laksamana Yudo Margono sebagai Panglima TNI sebelum masa reses 15 Desember mendatang.

NEWS | 28 November 2022

Ada 9 Panggung di Resepsi Pernikahan Kaesang dan Erina

Erick Thohir mengungkapkan ada sembilan panggung di acara resepsi pernikahan Kaesang dan Erina yang digelar di Pura Mangkunegaran Solo.

NEWS | 28 November 2022

Presiden Pilihan Versi Adian Napitupulu, Yang Lanjutkan Program Jokowi

Politikus PDI Perjuangan (PDIP) Adian Napitupulu mengungkapkan kriteria sosok yang dia nilai pantas untuk dipilih menjadi presiden pilihan berikutnya.

NEWS | 28 November 2022

Kocak, Tanggapan Wagub Jabar soal Pemimpin Berambut Putih

Menanggapi pernyataan Jokowi soal pemimpin berambut putih, Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum malah mengunggah fotonya dengan rambut kuning, mirip Naruto.

NEWS | 28 November 2022

KPK Umumkan Penetapan Tersangka Hakim Agung Gazalba Saleh

KPK mengumumkan Hakim Agung Gazalba Saleh sebagai tersangka atas kasus dugaan suap pengurusan perkara di Mahkamah Agung (MA).

NEWS | 28 November 2022


TAG POPULER

# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


# Vaksinasi Booster


# Pushbike


# Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Ronaldo Main, Ini Susunan Pemain Portugal vs Uruguay

Ronaldo Main, Ini Susunan Pemain Portugal vs Uruguay

SEMESTA BOLA 2022 | 17 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE