Logo BeritaSatu

Imam Besar Masjid Istiqlal: Indonesia Patut Dicontohi dalam Menerapkan Toleransi

Rabu, 14 September 2022 | 16:32 WIB
Oleh : Maria Fatima Bona / JEM

Jakarta, Beritasatu.com - Imam Besar Masjid Istiqlal, Prof Dr KH Nasaruddin Umar mengatakan Indonesia pantas menjadi negara yang patut dicontohi dalam menerapkan toleransi dalam kehidupan bermasyarakat.

Nasaruddin menuturkan terowongan toleransi yang menghubungkan Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral Jakarta merupakan salah satu contoh nyata toleransi beragama di Indonesia.

“Terowongan toleransi, tadinya kami ditentang, tetapi Presiden memberikan dukungan. Terima kasih kepada Bapak Presiden, karena saat ini (terowongan toleransi) sudah menjadi ikon, menjadi simbol internasional bahkan dicontohi di beberapa negara. Ada terowongan yang menghubungkan satu atau dua rumah ibadah,” ucap Nasaruddin pada acara Konferensi Internasional Virtual: “Kebebasan Beragama, Supremasi Hukum, dan Literasi Keagamaan Lintas Budaya”, Selasa (13/9/2022) malam.

Untuk menjaga kerukunan dan kebebasan beragama di sebuah negara, Nasaruddin menyoroti pentingnya pemahaman tentang definisi negara tentang agama. Dalam hal ini, bagaimana negara mendefinisikan agama, jangan sampai lain definisi negara tentang agama dan lain juga warga masyarakat definisi tentang agama, sehingga ada agama yang terpaksa harus diingkari bukan sebagai agama, karena tidak masuk kriteria negara tentang definisi agama itu.

Selain pemahaman negara, Nasaruddin juga menuturkan penting pemahaman definisi agama tentang negara. Hal tersebut penting karena negara tidak bisa memberikan penolakan terhadap sebuah negara.

Selain hal tersebut, Nasaruddin juga menyoroti terkait dengan siapa yang sesungguhnya menentukan sebuah agama/kepercayaan sesat atau tidak sesat.

Ia mempertanyakan apakah negara atau agama mayoritas atau sama-sama agama saling menyesatkan satu sama lain atau apakah agama mayoritas punya hak untuk menyesatkan kelompok atau aliran yang tidak sesuai dengan agamanya.

“Apa kata negara tentang konflik, siapa yang berhak untuk membubarkan agama yang dianggap sesaat. Kalau agama itu adalah perwujudan hak asasi paling rukun dan paling tinggi apakah seenak itu kita membubarkan sebuah agama,” ujarnya.

Baca selanjutnya
Nasaruddin menuturkan, agama apa pun merupakan hasil pencarian manusia yang harus ...


hal 1 dari 2 halaman

Halaman: 12selengkapnya

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

BMKG Perbarui Data Gempa Sukabumi Jadi M 5,8

BMKG memperbarui data gempa di Kota Sukabumi dan sekitarnya yang terjadi Kamis (8/12/2022) dari sebelumnya magnitudo 6,1 menjadi 5,8.

NEWS | 8 Desember 2022

Gempa M 6,1 Guncang Kota Sukabumi dan Sekitarnya

Kota Sukabumi dan sekitarnya diguncang gempa magnitudo 6,1, pada Kamis (8/12/2022) sekitar pukul 7.50 WIB.

NEWS | 8 Desember 2022

Prakiraan Cuaca BMKG: Hujan Kilat di Jaksel dan Jaktim Sore Ini

BMKG memperingatkan potensi hujan kilat atau petir dan disertai angin kencang di wilayah Jakbar, Jaksel dan Jaktim pada sore hingga malam hari.

NEWS | 8 Desember 2022

Korban Meninggal Gempa Cianjur Tetap 334 Orang

Basarnas pada hari Rabu (7/12/2022) tidak berhasil menemukan tambahan korban jiwa gempa Cianjur.

NEWS | 8 Desember 2022

Kaesang Pangarep Ikuti Wilujengan Jelang Pernikahan

Putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep yang akan menikah dengan Erina Gudono, menjalani tradisi wilujengan.

NEWS | 8 Desember 2022

Top 5 News: Bom Bandung hingga Meninggalnya Lord Rangga

Kabar soal pelaku peledakan Mapolsek Astana Anyar Rabu (7/12/2022) pagi, terekam kamera CCTV membawa dua bungkusan menjadi berita terpopuler.

NEWS | 8 Desember 2022

Ini Rekonstruksi Detik-detik Rudolf Bunuh Icha di Apartemen

Polisi menggelar rekonstruksi detik-detik Christian Rudolf Tobing (36) membunuh temannya sendiri Ade Yunia Rizabian (36) alias Icha di apartemen. 

NEWS | 8 Desember 2022

Pemkot San Francisco Selidiki Kamar Tidur Darurat di Markas Twitter

Pemkot San Francisco baru-baru ini mengatakan, pihaknya sedang menyelidiki keluhan bahwa Twitter telah membuat kamar tidur darurat di markas pusatnya.

NEWS | 8 Desember 2022

Buwas: Tak Mudah Impor Beras di Tengah Krisis Pangan

Direktur Utama Perum Bulog, Budi Waseso atau yang akrab disapa Buwas mengatakan, tidak mudah untuk impor beras saat krisis pangan melanda banyak negara. 

NEWS | 8 Desember 2022

Majalah Time Nobatkan Zelensky Person of the Year 2022

Majalah Time menobatkan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky sebagai "Person of the Year" tahun 2022 pada Rabu (7/12/2022).

NEWS | 8 Desember 2022


TAG POPULER

# Bom Bandung


# Ferdy Sambo


# Gempa Cianjur


# Pernikahan Kaesang


# KKB Tembak Mati


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kyle Walker Ingatkan Inggris Jangan Terobsesi Kylian Mbappe

Kyle Walker Ingatkan Inggris Jangan Terobsesi Kylian Mbappe

SEMESTA BOLA 2022 | 12 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE