Logo BeritaSatu

Gerindra Buka Peluang Duet Prabowo-Jokowi pada Pilpres 2024

Rabu, 14 September 2022 | 20:21 WIB
Oleh : Yustinus Paat / CAR

Jakarta, Beritasatu.com – Partai Gerindra membuka peluang mengusung Prabowo Subianto sebagai calon presiden (capres) dan Joko Widodo (Jokowi) menjadi calon wakil presiden (cawapres). Namun, peluang menyandingkan Prabowo-Jokowi itu tergantung Prabowo Subianto selaku ketua umum Partai Gerindra. Pasalnya, Gerindra telah memberikan kewenangan kepada Prabowo untuk memutuskan cawapres pada Pilpres 2024.

“Kewenangannya ada di pak Prabowo kalau Partai Gerindra. (Cawapres) sedang dalam proses, pada saatnya akan diumumkan,” Habiburokhman di gedung DPR, kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (14/9/2022).

Dia mengatakan peluang Jokowi untuk maju sebagai cawapres tentu sangat terbuka. Sebab, tidak ada undang-undang (UU) yang melarang presiden dua periode, seperti Jokowi, maju menjadi cawapres. Demikian pula konstitusi pun tak melarang. “Kalau secara konstitusi memungkinkan,” katanya.

Sebelumnya, Ketua Bappilu PDI Perjuangan (PDIP) Bambang Wuryanto atau Bambang Pacul menegaskan secara UU, Presiden Jokowi bisa menjadi cawapres pada Pilpres 2024. Hal yang terpenting, kata Bambang, diusung oleh partai politik atau gabungan partai.

“Kalau undang-undangnya begitu, bahkan kalimatnya sangat bisa, ya sangat bisa. Kalau pak Jokowi mau jadi wakil presiden ya sangat bisa, tetapi syaratnya diajukan oleh partai atau gabungan partai,” ujar Bambang di gedung DPR, Selasa (13/9/2022).

Meskipun demikian, menurut Bambang, hal tersebut bukan berarti PDIP membuka peluang mengusung Jokowi menjadi cawapres. Pasalnya, urusan capres dan cawapres dari PDIP sudah final, yakni menjadi kewenangan penuh dari Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

“Sekali lagi saya ulangi soal capres dan cawapres (dari PDIP) menjadi kewenangan penuh ibu Megawati Soekarnoputri selaku ketum terpilih aklamasi, formatur tunggal dalam kongres,” kata Bambang.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Anak Tega Bunuh Ayah Kandung di Indramayu

Seorang anak tega bunuh ayah kandungnya sendiri di Desa Eretan Kulon, Kecamatan Kandanghaur, Kabupaten Indramayu.

NEWS | 28 November 2022

Ini Pertimbangan Organisasi Profesi Tolak RUU Kesehatan Omnibus Law

Sejumlah organisasi profesi mempunyai beragam alasan untuk menolak penyusunan RUU Kesehatan Omnibus Law oleh Badan Legislasi DPR.

NEWS | 28 November 2022

Prabowo Subianto Pastikan Jokowi Pilih Calon Panglima TNI secara Profesional

Prabowo Subianto memastikan calon Penglima TNI pengganti Jenderal TNI Andika Perkasa telah dipilih oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara profesional.

NEWS | 28 November 2022

Diresmikan Jokowi Besok, BIN Persiapkan AMN Secara Optimal

Peresmian Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) akan dilakukan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada besok Selasa, 29 November 2022.

NEWS | 28 November 2022

Fraksi PDIP: Draf RUU Kesehatan yang Beredar Bukan dari DPR

Fraksi PDI Perjuangan (PDIP) DPR menerima para perwakilan organisasi kesehatan yang berdemontrasi di depan gedung DPR untuk menolak RUU Kesehatan.

NEWS | 28 November 2022

Agus Nurpatria Minta Peti Jenazah Terbaik Buat Brigadir J

Arif Rachman Arifin mengungkap soal permintaan Agus Nurpatria kepadanya. Agus meminta kepasa Arif agar dicarikan peti jenazah terbaik untuk Brigadir J.

NEWS | 28 November 2022

Saksi Ini Ungkap Momen Ferdy Sambo Menangis Lihat Foto Keluarga

Saksi Arif Rachman Arifin mengungkap momen saat Ferdy Sambo menangis ketika melihat foto keluarganya.

NEWS | 28 November 2022

Nelayan Dilibatkan dalam Pencarian 3 Kru Helikopter Polri yang Jatuh

Nelayan dilibatkan dalam pencarian 3 kru helikopter Polri yang jatuh di perairan Kabupaten Belitung Timur, Bangka Belitung, Minggu (28/11/2022).

NEWS | 28 November 2022

Kasal Sematkan Brevet Hiu Kencana kepada Ketua DPR

Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono menyematkan Brevet Hiu Kencana kepada Ketua DPR Puan Maharani di KRI Alugoro-405 saat berlayar ke Teluk Jakarta.

NEWS | 28 November 2022

Polda Metro Dalami 1 Keluarga Tewas di Kalideres Mau Jual Rumah Rp 1,2 M

Polda Metro Jaya terus mendalami maksud satu keluarga tewas di Kalideres, Jakarta Barat, mau menjual rumah Rp 1,2 miliar.

NEWS | 28 November 2022


TAG POPULER

# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


# Vaksinasi Booster


# Pushbike


# Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Anak Tega Bunuh Ayah Kandung di Indramayu

Anak Tega Bunuh Ayah Kandung di Indramayu

NEWS | 14 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE