Logo BeritaSatu

Polandia Terima Tawaran Pembangkit Listrik Nuklir dari AS

Kamis, 15 September 2022 | 08:31 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Warsawa, Beritasatu.com- Polandia menerima tawaran pembangkit listrik nuklir dari Amerika Serikat (AS). Seperti dilaporkan RT, Selasa (13/9/2022), kesepakatan bersama akan membuat Washington membantu Warsawa membangun pembangkit listrik tenaga nuklir.

“AS telah mengirim Polandia proposal untuk membantu membangun enam reaktor nuklir di negara itu dalam upaya untuk mengurangi emisi karbon dan secara bertahap menghapus batu bara,” bunyi pengumuman kementerian Iklim Polandia pada Senin (12/9).

Disampaikan kepada Menteri Iklim dan Lingkungan Polandia, Anna Moskwa oleh Duta Besar AS Mark Brzezinski, proposal tersebut menyarankan agar Washington dan Warsawa membuat peta jalan bilateral yang terperinci untuk proyek konstruksi, yang akan selesai pada tahun 2040.

"Ini lebih dari tawaran komersial, ini mencerminkan 18 bulan kerja dan jutaan dolar dihabiskan untuk analisis dan evaluasi," kata juru bicara Westinghouse Electric Company, satu perusahaan AS yang mengajukan tawaran untuk mengambil proyek tersebut.

Menteri Energi AS Jennifer M. Granholm menyebut laporan itu sebagai “langkah besar menuju pengembangan Polandia dari industri nuklir sipil yang kuat yang bebas emisi karbon dan akan menghasilkan sumber energi Eropa lain yang bebas dari pengaruh Rusia.”

“Proyek ini memiliki potensi untuk memastikan bahwa rakyat Polandia dapat menerima teknologi nuklir teraman, tercanggih, dan andal yang tersedia,” tambah politisi itu.

Pemerintah Polandia mengharapkan mitra dalam program nuklirnya untuk mengambil 49% saham di perusahaan dan membantu dalam mengelola dan membiayai pembangkit, setelah menyediakan teknologi untuk mereka.

Pemerintah di Warsawa sekarang akan mempertimbangkan proposal AS, dan membuat keputusan sebelum pembicaraan tahunan tentang masalah teknologi musim gugur ini.

Tawaran Washington datang tak lama setelah Polandia mengklaim bahwa negara itu telah menjadi "lokomotif pembangunan" untuk seluruh Eropa. Polandia juga mempertanyakan kebijakan energi Jerman yang dianggap sesat, yang telah ditinggalkan dalam "puing-puing".

"Kebijakan Jerman telah menimbulkan kerusakan luar biasa di Eropa," kecam Perdana Menteri Polandia Mateusz Morawiecki yang menggambarkan penghentian pembangkit listrik tenaga batu bara dan nuklir sebagai "prematur".

Morawiecki juga mengkritik keputusan Berlin untuk mengizinkan pembangunan pipa gas Nord Stream 1 dan 2, dan membuat Berlin menjadi ketergantungan energi pada Rusia.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Kendaraan Berat Terus Melintas, Jembatan Cikereteg di Bogor Rawan Ambrol

Jembatan Cikereteg di Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor rawan ambrol dan diperparah dengan tetap melintasnya kendaraan berat di atasnya.

NEWS | 4 Desember 2022

Erupsi Semeru, Warga Dilarang Beraktivitas Hingga 13 Km dari Puncak

BPBD Lumajang meminta masyarakat tak beraktivitas di lereng tenggara sepanjang Besuk Kobokan sejauh 13 km dari puncak (pusat erupsi).

NEWS | 4 Desember 2022

Berkah Pernikahan Kaesang-Erina, Hotel di DIY Full Booked

Reservasi untuk hotel-hotel di DIY sudah mendekati 100% alias full booked menjelang hari pernikahan Kaesang Pangarep dengan Erina Sofia Gundono.

NEWS | 4 Desember 2022

Menikah, 2 Sejoli Korban Gempa Cianjur Tak Pikirkan Malam Pertama

Dua sejoli menikah di tengah suasana duka akibat gempa Cianjur, Jawa Barat. Mereka pun tidak memikirkan malam pertama.

NEWS | 4 Desember 2022

Wabup Lumajang Minta Warga di Zona Merah Semeru Dikosongkan

Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati meminta semua warga yang berada di zona merah erupsi dan awan panas guguran Gunung Semeru dikosongkan

NEWS | 4 Desember 2022

Erupsi Gunung Semeru Tak Pengaruhi Wisata di Bromo

Aktivitas wisata di Gunung Bromo, Jawa Timur, yang masuk kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) tidak terdampak erupsi Gunung Semeru.

NEWS | 4 Desember 2022

Pembangunan Rumah Korban Gempa Cianjur Rampung Sebelum Lebaran

Pembangunan rumah korban gempa Cianjur, Jawa Barat, akan rampung sebelum Lebaran 2023 mendatang.

NEWS | 4 Desember 2022

Longsor di Jalan Bogor-Sukabumi, Kendaraan Besar Dialihkan ke Tol Bocimi

Polisi memberlakukan rekayasa lalu lintas berupa pengalihan arus kendaraan besar ke Tol Bocimi, imbas dari longsornya Jalan Raya Bogor-Sukabumi.

NEWS | 4 Desember 2022

MRT Jakarta Dorong Masyarakat Manfaatkan Taman Literasi

Menurut Farchad, masyarakat bisa melakukan berbagai kegiatan di taman literasi Martha Christina Tiahahu, yang dikelola anak usaha PT MRT Jakarta.  

NEWS | 4 Desember 2022

Pencarian Helikopter Polri NBO-105 Diperpanjang Tiga Hari

Tim SAR gabungan memperpanjang pelaksanaan kegiatan pencarian dan evakuasi Helikopter NBO-105 Polri yang jatuh di perairan Manggar, Belitung Timur.

NEWS | 4 Desember 2022


TAG POPULER

# Penumpang Air Asia Diseret


# Tenda Sakinah


# Piala Dunia 2022


# Paspampres Perkosa Kostrad


# Sidang Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kendaraan Berat Terus Melintas, Jembatan Cikereteg di Bogor Rawan Ambrol

Kendaraan Berat Terus Melintas, Jembatan Cikereteg di Bogor Rawan Ambrol

NEWS | 6 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE