Logo BeritaSatu

Bolsonaro Janji Pensiun Politik Jika Kalah Pilpres Brasil

Kamis, 15 September 2022 | 10:31 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Rio De Janeiro, Beritasatu.com- Presiden Brasil Jair Bolsonaro berjanji akan pensiun dari politik jika dia gagal terpilih kembali dalam pemilihan presiden Oktober mendatang. Seperti dilaporkan AFP, Rabu (14/9/2022), jajak pendapat menunjukkan suara dukungan Bolsonaro tertinggal.

"Jika itu kehendak Tuhan, saya akan terus (sebagai presiden). Jika tidak, saya akan melewati selempang (presiden) dan pensiun," kata Bolsonaro Senin malam saat wawancara di podcast untuk orang muda Kristen Injili.

"Pada usia saya, saya tidak punya apa-apa lagi untuk dilakukan di Bumi jika perjalanan saya dalam politik berakhir pada 31 Desember, hari terakhir masa jabatan,” kata pria berusia 67 tahun itu.

Pernyataan Bolsonaro adalah perubahan nada untuk petahana sayap kanan, yang sebelumnya mengatakan hanya ada tiga hasil untuk tawaran pemilihannya kembali: "penjara, kematian atau kemenangan."

Dikenal karena mengacaukan basis dengan retorika garis keras dan mengabaikan kebenaran politik, Bolsonaro telah memberikan nada yang lebih moderat baru-baru ini. Saat itu, dia berusaha untuk memutus keunggulan mantan presiden sayap kiri Luiz Inacio Lula da Silva dalam jajak pendapat menjelang pemilihan 2 Oktober.

Bolsonaro juga memberikan permintaan maaf yang jarang terjadi dalam wawancara atas beberapa pernyataannya yang lebih kontroversial. Bolsonaro pernah mengatakan pada tahun 2020 bahwa dia tidak dapat berbuat apa-apa tentang angka kematian Covid-19 yang melonjak di Brasil karena dia "bukan penggali kubur."

Menanggapi pertanyaan dari rapper Evangelis Felipe Vilela, yang mengatakan dia "sedih" dengan pernyataan itu - yang datang sehari setelah ayah mertuanya meninggal - Bolsonaro mengatakan dia "bodoh".

"Saya menyesalinya. Saya manusia, saya menyesali apa yang saya katakan, saya tidak akan mengatakannya lagi. Anda dapat melihat perilaku saya telah berubah dari setahun yang lalu," katanya dalam wawancara empat jam maraton.

Bolsonaro juga menyesal telah memberi tahu para kritikus yang mendesaknya untuk membeli vaksin Covid-19 untuk "mendapatkannya di rumah ibu kalian".

Namun, Bolsonaro membela pernyataannya bahwa vaksin itu bisa "mengubah Anda menjadi buaya", menyebutnya sebagai "kiasan". Bolsonaro juga memicu kontroversi baru dengan mengomentari warna kulit Vilela.

"Apakah Anda memiliki warisan Afrika? Anda agak gelap, bukan? Oh, tunggu, itu kejahatan untuk mengatakan itu. Pernahkah Anda mendengar orang mengatakan saya rasis?" katanya.

Dalam satu posting di Instagram, Vilela kemudian mengaku tidak tersinggung dengan pernyataan itu. Dia menyebut ujaran Bolsonaro sebagai "lelucon" dari "seseorang yang datang dari era lain, mencoba menjembatani kesenjangan di antara kami."



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

PWNU Jabar: Khilafah Hanya Cara Adu Domba untuk Tujuan Politik

PWNU Jabar menyatakan, argumen khilafah yang diusung oleh kelompok tertentu hanya cara untuk mengadu domba guna mewujudkan tujuan politik.

NEWS | 6 Desember 2022

Ricky Rizal Dianggap Berbohong dalam Sidang, Ini Respons Kuasa Hukum

Ricky Rizal ditegur Ketua Majelis Hakim Wahyu Imam Santosa dalam sidang lanjutan kasus pembunuhan Brigadir J. Ricky Rizal dinilai berbohong

NEWS | 6 Desember 2022

Libur Nataru, Ganjar Pranowo Ajak Masyarakat Wisata Dalam Negeri

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengajak masyarakat di seluruh Indonesia untuk melakukan wisata dalam negeri saat libur nataru.

NEWS | 6 Desember 2022

Kuat Ma'ruf Mengaku Sempat Takut Ditembak Ferdy Sambo

Kuat Ma'ruf mengaku sempat takut ditembak Ferdy Sambo saat terjadinya pembunuhan Brigadir J atau Nofriansyah Yosua Hutabarat.

NEWS | 5 Desember 2022

Komisi III Minta Polisi Tindak Tegas dan Berantas Gangster

Wakil Ketua Komisi III DPR Ahmad Sahroni meminta kepada pihak kepolisian untuk menindak tegas dan memberantas gangster.

NEWS | 5 Desember 2022

Tak Bisa Hadiri Pernikahan Kaesang-Erina, Gus Miftah Minta Maaf

Pendakwah Gus Miftah menyatakan permohonan maafnya karena tak bisa hadir dalam acara resepsi pernikahan yang akan digelar pasangan Kaesang-Erina.

NEWS | 5 Desember 2022

Erupsi Semeru, Penerbangan di Bandara Lombok Tak Terdampak

Aktivitas penerbangan di Bandara Lombok, NTB hingga saat ini tidak terdampak erupsi Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

NEWS | 6 Desember 2022

Ubah Keterangan, Ricky Rizal Sebut Ferdy Sambo Tak Gunakan Sarung Tangan

Ricky Rizal mengubah keterangan bahwa terdakwa Ferdy Sambo tidak menggunakan sarung tangan ketika terjadi penembakan terhadap Brigadir J.

NEWS | 5 Desember 2022

Ganjar Targetkan 100 Persen Mal Pelayanan Publik (MPP) di Jateng

Saat ini ada sekitar 103 MPP di Indonesia dan 22 di antaranya di area Jateng. Ditargetkan, sebanyak 13 wilayah di Jateng akan punya MPP tidak lama lagi.

NEWS | 5 Desember 2022

PMI Dirikan 500 Huntara untuk Warga Korban Gempa Cianjur

PMI membangun hunian sementara (huntara) bagi korban gempa Cianjur di tiga desa di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat

NEWS | 6 Desember 2022


TAG POPULER

# Erupsi Semeru


# Rizky Febian


# Bahlil Lahadalia


# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Erick Bangga Emiten BUMN Jadi Penggerak Bursa, Swasta?

Erick Bangga Emiten BUMN Jadi Penggerak Bursa, Swasta?

EKONOMI | 19 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE