Logo BeritaSatu

Bolsonaro Janji Pensiun Politik Jika Kalah Pilpres Brasil

Kamis, 15 September 2022 | 10:31 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Rio De Janeiro, Beritasatu.com- Presiden Brasil Jair Bolsonaro berjanji akan pensiun dari politik jika dia gagal terpilih kembali dalam pemilihan presiden Oktober mendatang. Seperti dilaporkan AFP, Rabu (14/9/2022), jajak pendapat menunjukkan suara dukungan Bolsonaro tertinggal.

"Jika itu kehendak Tuhan, saya akan terus (sebagai presiden). Jika tidak, saya akan melewati selempang (presiden) dan pensiun," kata Bolsonaro Senin malam saat wawancara di podcast untuk orang muda Kristen Injili.

"Pada usia saya, saya tidak punya apa-apa lagi untuk dilakukan di Bumi jika perjalanan saya dalam politik berakhir pada 31 Desember, hari terakhir masa jabatan,” kata pria berusia 67 tahun itu.

Pernyataan Bolsonaro adalah perubahan nada untuk petahana sayap kanan, yang sebelumnya mengatakan hanya ada tiga hasil untuk tawaran pemilihannya kembali: "penjara, kematian atau kemenangan."

Dikenal karena mengacaukan basis dengan retorika garis keras dan mengabaikan kebenaran politik, Bolsonaro telah memberikan nada yang lebih moderat baru-baru ini. Saat itu, dia berusaha untuk memutus keunggulan mantan presiden sayap kiri Luiz Inacio Lula da Silva dalam jajak pendapat menjelang pemilihan 2 Oktober.

Bolsonaro juga memberikan permintaan maaf yang jarang terjadi dalam wawancara atas beberapa pernyataannya yang lebih kontroversial. Bolsonaro pernah mengatakan pada tahun 2020 bahwa dia tidak dapat berbuat apa-apa tentang angka kematian Covid-19 yang melonjak di Brasil karena dia "bukan penggali kubur."

Menanggapi pertanyaan dari rapper Evangelis Felipe Vilela, yang mengatakan dia "sedih" dengan pernyataan itu - yang datang sehari setelah ayah mertuanya meninggal - Bolsonaro mengatakan dia "bodoh".

"Saya menyesalinya. Saya manusia, saya menyesali apa yang saya katakan, saya tidak akan mengatakannya lagi. Anda dapat melihat perilaku saya telah berubah dari setahun yang lalu," katanya dalam wawancara empat jam maraton.

Bolsonaro juga menyesal telah memberi tahu para kritikus yang mendesaknya untuk membeli vaksin Covid-19 untuk "mendapatkannya di rumah ibu kalian".

Namun, Bolsonaro membela pernyataannya bahwa vaksin itu bisa "mengubah Anda menjadi buaya", menyebutnya sebagai "kiasan". Bolsonaro juga memicu kontroversi baru dengan mengomentari warna kulit Vilela.

"Apakah Anda memiliki warisan Afrika? Anda agak gelap, bukan? Oh, tunggu, itu kejahatan untuk mengatakan itu. Pernahkah Anda mendengar orang mengatakan saya rasis?" katanya.

Dalam satu posting di Instagram, Vilela kemudian mengaku tidak tersinggung dengan pernyataan itu. Dia menyebut ujaran Bolsonaro sebagai "lelucon" dari "seseorang yang datang dari era lain, mencoba menjembatani kesenjangan di antara kami."



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

BMKG Perbarui Data Gempa Sukabumi Jadi M 5,8

BMKG memperbarui data gempa di Kota Sukabumi dan sekitarnya yang terjadi Kamis (8/12/2022) dari sebelumnya magnitudo 6,1 menjadi 5,8.

NEWS | 8 Desember 2022

Gempa M 6,1 Guncang Kota Sukabumi dan Sekitarnya

Kota Sukabumi dan sekitarnya diguncang gempa magnitudo 6,1, pada Kamis (8/12/2022) sekitar pukul 7.50 WIB.

NEWS | 8 Desember 2022

Prakiraan Cuaca BMKG: Hujan Kilat di Jaksel dan Jaktim Sore Ini

BMKG memperingatkan potensi hujan kilat atau petir dan disertai angin kencang di wilayah Jakbar, Jaksel dan Jaktim pada sore hingga malam hari.

NEWS | 8 Desember 2022

Korban Meninggal Gempa Cianjur Tetap 334 Orang

Basarnas pada hari Rabu (7/12/2022) tidak berhasil menemukan tambahan korban jiwa gempa Cianjur.

NEWS | 8 Desember 2022

Kaesang Pangarep Ikuti Wilujengan Jelang Pernikahan

Putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep yang akan menikah dengan Erina Gudono, menjalani tradisi wilujengan.

NEWS | 8 Desember 2022

Top 5 News: Bom Bandung hingga Meninggalnya Lord Rangga

Kabar soal pelaku peledakan Mapolsek Astana Anyar Rabu (7/12/2022) pagi, terekam kamera CCTV membawa dua bungkusan menjadi berita terpopuler.

NEWS | 8 Desember 2022

Ini Rekonstruksi Detik-detik Rudolf Bunuh Icha di Apartemen

Polisi menggelar rekonstruksi detik-detik Christian Rudolf Tobing (36) membunuh temannya sendiri Ade Yunia Rizabian (36) alias Icha di apartemen. 

NEWS | 8 Desember 2022

Pemkot San Francisco Selidiki Kamar Tidur Darurat di Markas Twitter

Pemkot San Francisco baru-baru ini mengatakan, pihaknya sedang menyelidiki keluhan bahwa Twitter telah membuat kamar tidur darurat di markas pusatnya.

NEWS | 8 Desember 2022

Buwas: Tak Mudah Impor Beras di Tengah Krisis Pangan

Direktur Utama Perum Bulog, Budi Waseso atau yang akrab disapa Buwas mengatakan, tidak mudah untuk impor beras saat krisis pangan melanda banyak negara. 

NEWS | 8 Desember 2022

Majalah Time Nobatkan Zelensky Person of the Year 2022

Majalah Time menobatkan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky sebagai "Person of the Year" tahun 2022 pada Rabu (7/12/2022).

NEWS | 8 Desember 2022


TAG POPULER

# Bom Bandung


# Ferdy Sambo


# Gempa Cianjur


# Pernikahan Kaesang


# KKB Tembak Mati


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kyle Walker Ingatkan Inggris Jangan Terobsesi Kylian Mbappe

Kyle Walker Ingatkan Inggris Jangan Terobsesi Kylian Mbappe

SEMESTA BOLA 2022 | 10 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE