Logo BeritaSatu

Kolektor Berebut Uang Koin dengan Wajah Ratu Elizabeth

Kamis, 15 September 2022 | 14:07 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Melbourne, Beritasatu.com- Kolektor berebut untuk mendapatkan koin dengan wajah Ratu Elizabeth II karena harga meroket setelah kematiannya. Seperti dilaporkan the Australian.com, Sabtu (10/9/2022), Alan Marks, pemilik Melbourne Coins & Collectables Co, mengatakan ada "permintaan gila saat ini" untuk koin koleksi yang dicetak dengan gambar Ratu.

“Kolektor hiruk pikuk, dan harga pascapasar melonjak,” katanya.

Koin paling populer adalah koin Platinum Jubilee Royal Australian Mint, dirilis awal tahun ini, yang harganya melonjak hingga lebih dari US$100 (Rp 1,4 juta) setelah berita tersebut.

“Dirilis dengan RRP asli $12,50 (Rp 187.000) per koin, kemarin, di pasar sekunder, harganya naik 5 kali lipat dari harga aslinya dan masih terus meningkat! Sampai koin penghormatan resmi dirilis, saya berharap koin ini akan sangat dicari untuk beberapa waktu mendatang,” kata Pak Mark.

Pakar koleksi mengatakan koin bisa mencapai US$300 (Rp 4,3 juta) pada puncaknya, dengan harga pasar terus naik. Saat Jumat (9/9) adalah hari yang menyedihkan bagi banyak orang, Marks, bersama dengan pemilik bisnis barang koleksi lainnya, mengalami keuntungan melonjak.

“Secara keseluruhan, dalam waktu kurang dari 48 jam sejak kematian Yang Mulia, bisnis di Melbourne Coins & Collectables Co telah meningkat lima kali lipat, karena para kolektor berebut apa pun dengan potret Ratu di atasnya!” katanya.

Meskipun tidak bisa memberikan angka pasti tentang berapa banyak koin itu bisa laku pada masa depan, Marks mengatakan kebutuhan kolektor untuk mendapatkan edisi pertama dan terakhir di bawah Monarch tertentu akan konstan.

“Koin resmi 2022, misalnya, benar-benar terjual habis di situs saya kemarin. Ini mungkin atau mungkin tidak terbukti sebagai set terakhir dengan rupa-Nya, tetapi ini tentu saja merupakan set terakhir yang dirilis selama masa hidupnya, sehingga sangat layak untuk dikoleksi,” katanya.

Bagi orang yang mencari sumber koin untuk Ratu Elizabeth II, dealer koin terkemuka adalah standar emasnya. Namun orang Australia yang ingin menguangkan tren juga dapat melihat platform seperti eBay dan Amazon, serta pasar media sosial.

“Perth Mint dan Royal Australian Mint juga kemungkinan akan menerbitkan koin persembahan Australia mereka sendiri untuk para kolektor, seperti halnya The Royal Mint di Inggris,” kata Marks.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Hadiri Pemakaman Shinzo Abe, Wapres Ma'ruf Amin Tiba di Tokyo

Wapres Ma'ruf Amin bersama Ibu Wury Ma'ruf Amin tiba di Bandara Internasional Haneda, Tokyo, Jepang untuk menghadiri pemakaman Shinzo Abe.

NEWS | 25 September 2022

Kerja Sama Politik PKB dengan PDIP Masih Tahap Komunikasi

Kerja sama politik Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dengan PDI Perjuangan (PDIP) masih tahap komunikasi awal.

NEWS | 25 September 2022

DPR: Penolakan Banding Sambo Bukti Keseriusan Polri

Nasir Djamil menilai penolakan banding Irjen Ferdy Sambo atas sanksi pemecatan tidak dengan hormat, menunjukkan keseriusan Polri menyikapi harapan publik.

NEWS | 25 September 2022

Perubahan Jam Kerja di DKI, Bogor Ingin Ada Kajian Bersama

Pemkot Bogor ingin ada kajian bersama dengan daerah penyangga terkait rencana perubahan jam kerja sebagai upaya mengatasi kemacetan di DKI.

NEWS | 25 September 2022

Gempa Bumi Magnitudo 5,5 Guncang Melonguane Sulawesi Utara

Gempa bumi dengan magnitudo 5,5 yang mengguncang Melonguane, Sulawesi Utara itu terjadi pukul 18.16.33 WIB.

NEWS | 25 September 2022

MAKI: Lukas Enembe Cukup Sehat Jalani Pemeriksaan KPK

MAKI menilai Gubernur Papua Lukas Enembe cukup sehat sehingga dapat menjalani pemeriksaan yang diagendakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

NEWS | 25 September 2022

Tak Masuk Prolegnas, Ini Pasal Kontroversial RUU Sisdiknas

RUU Sisdiknas batal masuk dalam Prolegnas prioritas tahun 2022, berikut berbagai pasal kontroversial yang tercantum di dalamnya.

NEWS | 25 September 2022

Kasus Lukas Enembe, KSP Tegaskan Tak Ada Kaitan dengan Politik

Tenaga Ahli Utama KSP Theo Litaay menegaskan kasus Lukas Enembe murni kasus hukum dan tak ada kaitannya dengan masalah politik.

NEWS | 25 September 2022

Cerita Rektor UGM Saat Jadi Mahasiswa Almarhum Samekto

Rektor UGM Ova Emilia menceritakan kisahnya saat masih menjadi mahasiswa almarhum Samekto Wibowo. 

NEWS | 25 September 2022

Mendag Zulhas Usulkan Rp 100 Triliun Serap Hasil Petani

Mendag Zulkifli Hasan mengusulkan anggaran sebesar Rp 100 triliun per tahun untuk menyerap komoditas bahan pokok hasil para petani.

NEWS | 25 September 2022


TAG POPULER

# Iran


# Kudeta Tiongkok


# Guru Besar UGM Tergulung Ombak


# Xi Jinping


# Lukas Enembe


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Indonesia Rintis Kerja Sama Lalu Lintas Data dengan Portugal

Indonesia Rintis Kerja Sama Lalu Lintas Data dengan Portugal

NEWS | 13 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings