Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Tingkatkan Pemahaman PMK, BNPB Bekali Personel di 5 Provinsi

Kamis, 15 September 2022 | 13:21 WIB
Oleh : Maria Fatima Bona / JEM
Ilustrasi pemeriksaan kesehatan ternak.

Jakarta, Beritasatu.com - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melalui Kedeputian Bidang Pencegahan kembali meningkatkan pemahaman personel daerah dengan dengan menggelar bimbingan teknis kepada fasilitator pencegahan penyakit mulut dan kuku (PMK) yang serentak dilaksanakan di lima provinsi, yaitu Sumatra Utara, Sumatra Barat, Banten, Jawa Timur dan Nusa Tenggara Barat pada tanggal 13-15 September 2022.

Direktur Kesiapsiagaan BNPB Pangarso Suryotomo menyampaikan, kegiatan ini sebagai sarana sosialisasi tentang PMK dan juga menggerakan unsur daerah dan relawan guna penanganan lebih baik.

“Melalui bimtek ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman pencegahan PMK dan terselenggaranya surveilans melalui pengerahan dan pengelolaan relawan penanganan PMK,” ucap Pangarso dalam keterangan pers tertulis, Kamis (15/9/2022).

Kegiatan ini berisikan pemberian materi seputar pemanfaatan InaRISK dalam penanganan PMK, kemudian materi dari perwakilan Kementerian Pertanian dan juga Satgas PMK.

Dengan terselenggaranya bimtek ini, diharapkan adanya keselarasan langkah dan keterlibatan dari berbagai pihak dalam upaya pencegahan PMK agar segera tercapai target zero case.

Peserta di setiap daerah sekitar 100 orang yang terdiri dari penyuluh pertanian dan peternakan, tenaga kesehatan hewan, perwakilan kelompok ternak, penyuluh ternak, babinsa, babhinkamtibmas, dan relawan setempat.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari menambahkan, BNPB yang juga Satgas Penanganan PMK Nasional terus menggencarkan upaya pencegahan penyebaran PMK dengan mengadakan kegiatan serupa sebelumnya di wilayah Aceh, Lampung, Yogyakarta, Jawa Tengah dan Bali.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

TERKINI