Logo BeritaSatu

Heboh Hacker Bjorka dan Keamanan Data di Tanah Air

Kamis, 15 September 2022 | 18:20 WIB
Oleh : Yudo Dahono / AB

Jakarta, Beritasatu.com - Jagat maya di Indonesia akhir-akhir ini dihebohkan oleh aksi peretas (hacker) Bjorka. Bjorka mengklaim telah berhasil mencuri miliaran data milik pemerintah serta berbagai perusahaan. Dia juga mengklaim berhasil meretas surat milik Presiden Joko Widodo dan dokumen milik Badan Intelijen Negara (BIN).

Bjorka juga mengklaim berhasil mendapatkan miliaran data registrasi nomor seluler, lengkap dengan nomor kartu keluarga (KK), dan nomor induk kependudukan (NIK).

Advertisement

Anggota KPU Betty Idroos menyebutkan 105 juta data penduduk yang bocor dan diperjualbelikan di internet bukanlah data pemilih pada Pemilu 2019.

Data yang diklaim Bjorka tersebut juga dianggap janggal, seperti diungkap oleh pakar keamanan siber Pratama Persadha. Data yang diklaim Bjorka berjumlah 105 juta, padahal jumlah pemilih pada Pemilu 2019 sebanyak 192 juta, sehingga masih ada selisih 87 juta data pemilih yang belum ada.

Hal yang sama terjadi pada data Indihome yang disebut bocor. Dari hasil investigasi Telkom, data yang diklaim sebagai data pelanggan Indihome merupakan hasil fabrikasi atau rekayasa.

Dari hasil investigasi yang dilakukan Telkom, tidak terdapat catatan yang mengandung ID Indihome yang valid. Telkom juga tidak menggunakan email @telkom.net, baik untuk kepentingan perusahaan maupun sebagai fitur atau layanan bagi pelanggan. Format @telkom.net digunakan Telkom sebagai realm/domain userid Indihome. Perusahaan juga menegaskan tidak ada sistem di Telkom yang menyimpan browsing history dan data pribadi secara berdampingan.

Bjorka juga melakukan doxing dengan mengungkapkan berbagai informasi mengenai seseorang atau identitasnya secara online, seperti nama asli, alamat rumah, tempat kerja, telepon, keuangan, dan informasi pribadi lainnya tanpa seizin empunya.

Mereka yang menjadi korban doxing adalah Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G Plate, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Puan Maharani. Doxing juga dilakukan terhdap Menteri BUMN, Erick Thohir, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, serta Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar.

Namun, dari doxing tersebut, hanya Muhaimin Iskandar yang komplain terkait kebocoran data dari Bjorka, sedangkan Anies Baswedan menyatakan data yang disebar tidak valid alias salah.

Heboh <em>Hacker</em> Bjorka dan Keamanan Data di Tanah Air
Muhaimin Iskandar.

Data Sampah
Menurut akun Instagram @volt_anonym, data yang diklaim Bjorka merupakan data sampah yang sudah tidak berlaku lagi alias kedaluwarsa, sehingga meski dibagikan, tidak ada manfaat yang bisa didapatkan dari pengumpul data tersebut.

Dalam unggahan di Instagram @volt_anonym bahkan menuding seseorang bernama Muhammad Said Fikriansyah yang memiliki akun Instagram @muhammadsaidfikriansyah sebagai Bjorka. Pasalnya, data yang dibagikan Said identik dengan data milik Bjorka.

Akun @volt_anonym menyatakan bahwa klaim data Bjorka hanya fabrikasi karena data yang ada hanyalah salinan, sehingga seolah data yang dibeberkannya terlihat banyak.

Menariknya, kendati hanya mengunggah satu foto akun Said, hingga tulisan ini diunggah, akun @volt_anonym telah memiliki 42.000-an followers. Kebanyakan netizen mem-posting hal-hal remeh di satu-satunya unggahan @muhammadsaidfikriansyah untuk meninggalkan jejak pada akun terduga Bjorka itu. Namun, akun @volt_anonym kini telah ditutup.

Hal lain yang menarik adalah kecurigaan bahwa Bjorka adalah orang Indonesia. Dugaan itu muncul berdasarkan penggunaan bahasa Inggris dengan struktur yang janggal dalam unggahannya. Bjorka mengunggah pernyataannya dalam bahasa Inggris, tetapi menggunakan frasa berdasarkan hukum diterangkan-menerangkan atau DM yang merupakan salah satu sifat utama bahasa Indonesia.

Diduga, Bjorka menuliskan pernyataannya dalam bahasa Indonesia, lalu kemudian diterjemahkan ke bahasa Inggris melalui mesin. Hal ini yang menyebabkan struktur bahasa Inggris yang digunakannya terasa akrab bagu orang Indonesia.

Baca selanjutnya
Identifikasi PelakuPemerintah Indonesia melalui Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan ...


hal 1 dari 2 halaman

Halaman: 12selengkapnya

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Disidak Jokowi Malam-malam, Warga Bali Curhat Urat Kejepit

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi sejumlah rumah warga di Dusun Keingetan, Desa Singakerta, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali.

NEWS | 2 Februari 2023

Top 5 News, Aksi Wowon Serial Killer Tipu TKW hinggaMahfud MD Yakin Hakim Kasus Ferdy Sambo Adil

Aksi tersangka serial killer Wowon mengubah karakter menjadi Aki Banyu untuk menipu TKW menjadi berita terpopuler atau top news Beritasatu.com.

NEWS | 2 Februari 2023

Cuaca Jakarta Hari Ini, Hujan Diperkirakan Akan Guyur Sejumlah Wilayah

Cuaca Jakarta  pada siang hari, wilayah Jakarta Barat, Jakarta Selatan dan Jakarta Timur diperkirakan akan hujan dengan intensitas ringan.

NEWS | 2 Februari 2023

Kemenparekraf Dukung Upaya Kemenkes Percepat Vaksinasi Booster Kedua

Kemenparekraf menggandeng Kemenkes menggelar kegiatan Sentra Vaksinasi Booster Kedua di kantor Kemenparekraf, Gedung Sapta Pesona, Jakarta, 1-3 Februari.

NEWS | 2 Februari 2023

Cari Dokumen Rahasia, FBI Geledah Rumah Pantai Milik Joe Biden

Departemen Kehakiman AS menugaskan FBI untuk menggeledah rumah kedua Presiden Joe Biden, sebuah rumah pantai di Rehoboth, Delaware.

NEWS | 2 Februari 2023

BP2MI Gagalkan Pengiriman 6 PMI Ilegal ke Timur Tengah

BP2MI menggagalkan pengiriman enam PMI ilegal dari tempat penampungan dikawasan Bogor yang hendak di kirim ke Timur Tengah. 

NEWS | 2 Februari 2023

Gempa Magnitudo 4,3 Guncang Garut Jabar Terasa hingga Bandung

Gempa berkekuatan magnitudo (M) 4,4 mengguncang Kabupaten Garut pada Rabu (1/2/2023) malam. Gempa itu dirasakan hingga warga Bandung. 

NEWS | 2 Februari 2023

Selama Izinkan Aksi Pembakaran Al-Quran, Swedia Tak Bakal Dapat Izin Turki Gabung ke NATO

Turki tidak akan mengizinkan Swedia untuk bergabung dengan NATO selama mengizinkan protes yang menodai kitab suci Islam dengan aksi pembakaran Al-Quran.

NEWS | 2 Februari 2023

Banjir Melanda Parepare dan Kabupaten Barru Sulawesi Selatan

Hujan deras disertai angin kencang selama tiga jam membuat sejumlah wilayah di Kota Parepare dan Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan terendam banjir. 

NEWS | 2 Februari 2023

PSI Minta Pertumbuhan Sektor Pariwisata Juga Dinikmati UMKM

PSI berharap pertumbuhan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang tumbuh signifikan selama 2022 turut dinikmati oleh UMKM. 

NEWS | 2 Februari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Penculikan Anak


# Biaya Haji 2023


# Istri Siri Kompol D


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Ligue 1: Mbappe 2 Kali Gagal Penalti, PSG Tetap Taklukkan Montpellier

Ligue 1: Mbappe 2 Kali Gagal Penalti, PSG Tetap Taklukkan Montpellier

BOLA | 6 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE