Logo BeritaSatu

Pisah dari Serbia, Kosovo Mengincar Keanggotaan Uni Eropa

Jumat, 16 September 2022 | 10:31 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Pristina, Beritasatu.com- Kosovo menyatakan akan mengincar keanggotaan Uni Eropa (UE). Seperti dilaporkan RT, Rabu (14/9/2022), bekas provinsi Serbia yang memisahkan diri itu akan melamar keanggotaan UE pada akhir tahun.

Kosovo akan mengajukan permohonan resmi untuk keanggotaan UE pada akhir 2022, untuk mendapatkan akses ke manfaat status kandidat, kata menteri luar negeri provinsi yang memisahkan diri itu kepada media lokal, Rabu (14/9).

“Kami mengatakan kami akan mendaftar tahun ini, dan kami akan mendaftar tahun ini. Kami juga memberi tahu mitra internasional kami bahwa tujuan kami adalah melamar tahun ini, karena kami ingin menikmati status kandidat UE,” kata Donika Gervalla-Schwarz kepada KlanKosova TV.

Gervalla-Schwarz menunjukkan bahwa lebih dari 90% penduduk Kosovo menyukai keanggotaan di UE dan NATO. Dia mendukung keduanya sebagai “satu-satunya jalan menuju masa depan Eropa,” yang katanya membuat aplikasi aksesi “hanya alami.”

"Kosovo adalah pemimpin demokrasi di wilayah kami,” kata Gervalla-Schwarz, seraya menambahkan bahwa “tidak ada alasan bagi Kosovo untuk diperlakukan berbeda dari negara-negara regional lainnya, yang sama sekali tidak demokratis.”

NATO menduduki Kosovo pada tahun 1999, setelah perang 78 hari melawan apa yang saat itu bernama Yugoslavia atas nama separatis etnis Albania. Pemerintah sementara yang didukung AS mendeklarasikan kemerdekaan pada 2008, tetapi belum diakui oleh Serbia atau PBB. Lima negara anggota UE belum mengakui Kosovo sebagai negara hingga hari ini.

Presiden Serbia Aleksandar Vucic mengatakan kepada parlemennya pada Selasa (13/9) bahwa Uni Eropa sedang mencoba untuk menekan Beograd untuk mengakui Kosovo sebagai prasyarat untuk bergabung dengan blok tersebut. Namun Vucic tidak berniat untuk melakukannya saat menjabat.

Sementara itu, Perdana Menteri Kosovo Albin Kurti melakukan perjalanan ke negara tetangga Albania untuk kunjungan terjadwal, dilaporkan untuk membahas masalah ekonomi dan energi dengan PM Albania Edi Rama. Partai Kurti secara terbuka menganjurkan penyatuan Kosovo dan Albania.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

PWNU Jabar: Khilafah Hanya Cara Adu Domba untuk Tujuan Politik

PWNU Jabar menyatakan, argumen khilafah yang diusung oleh kelompok tertentu hanya cara untuk mengadu domba guna mewujudkan tujuan politik.

NEWS | 6 Desember 2022

Ricky Rizal Dianggap Berbohong dalam Sidang, Ini Respons Kuasa Hukum

Ricky Rizal ditegur Ketua Majelis Hakim Wahyu Imam Santosa dalam sidang lanjutan kasus pembunuhan Brigadir J. Ricky Rizal dinilai berbohong

NEWS | 6 Desember 2022

Libur Nataru, Ganjar Pranowo Ajak Masyarakat Wisata Dalam Negeri

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengajak masyarakat di seluruh Indonesia untuk melakukan wisata dalam negeri saat libur nataru.

NEWS | 6 Desember 2022

Kuat Ma'ruf Mengaku Sempat Takut Ditembak Ferdy Sambo

Kuat Ma'ruf mengaku sempat takut ditembak Ferdy Sambo saat terjadinya pembunuhan Brigadir J atau Nofriansyah Yosua Hutabarat.

NEWS | 5 Desember 2022

Komisi III Minta Polisi Tindak Tegas dan Berantas Gangster

Wakil Ketua Komisi III DPR Ahmad Sahroni meminta kepada pihak kepolisian untuk menindak tegas dan memberantas gangster.

NEWS | 5 Desember 2022

Tak Bisa Hadiri Pernikahan Kaesang-Erina, Gus Miftah Minta Maaf

Pendakwah Gus Miftah menyatakan permohonan maafnya karena tak bisa hadir dalam acara resepsi pernikahan yang akan digelar pasangan Kaesang-Erina.

NEWS | 5 Desember 2022

Erupsi Semeru, Penerbangan di Bandara Lombok Tak Terdampak

Aktivitas penerbangan di Bandara Lombok, NTB hingga saat ini tidak terdampak erupsi Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

NEWS | 6 Desember 2022

Ubah Keterangan, Ricky Rizal Sebut Ferdy Sambo Tak Gunakan Sarung Tangan

Ricky Rizal mengubah keterangan bahwa terdakwa Ferdy Sambo tidak menggunakan sarung tangan ketika terjadi penembakan terhadap Brigadir J.

NEWS | 5 Desember 2022

Ganjar Targetkan 100 Persen Mal Pelayanan Publik (MPP) di Jateng

Saat ini ada sekitar 103 MPP di Indonesia dan 22 di antaranya di area Jateng. Ditargetkan, sebanyak 13 wilayah di Jateng akan punya MPP tidak lama lagi.

NEWS | 5 Desember 2022

PMI Dirikan 500 Huntara untuk Warga Korban Gempa Cianjur

PMI membangun hunian sementara (huntara) bagi korban gempa Cianjur di tiga desa di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat

NEWS | 6 Desember 2022


TAG POPULER

# Erupsi Semeru


# Rizky Febian


# Bahlil Lahadalia


# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Hadapi Potensi Gempa, BNPB: Fasum dan Fasos Perlu Diperkuat

Hadapi Potensi Gempa, BNPB: Fasum dan Fasos Perlu Diperkuat

NEWS | 11 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE